Waspadai Penyakit Yang Dapat Menyebabkan Kanker Paru Paru

PENYAKIT YANG DAPAT MEMICU KANKER PARU-PARU – Kanker adalah masalah penyakit yang menjadi penyebab utama kematian pada seseorang baik di Indonesia maupun di dunia. Terdapat banyak jenis kanker yang diketahui, salah satunya jenis kanker yang akan dibahas pada artikel di bawah ini yakni kanker paru-paru. Kanker paru-paru merupakan kanker dengan kasus yang paling tinggi yaitu sekitar 90% disebabkan karena kebiasaan merokok. Kebiasaan dari merokok ini disebut dengan perokok aktif.

Orang yang tidak merokok pun juga dapat teresiko terkena kanker paru-paru baik dari asap rokok yang terhirup maupun asap dari polusi udara yang mungkin sudah tercampur dengan asap kendaraan mobil / motor, bakaran sampah, maupun asap pabrik. Apabila seseorang sudah terdiagnosis menderita kanker paru-paru, maka organ paru-paru didalam tubuh tidak berfungsi dengan normal karena adanya jaringan sel-sel tumbuh yang tidak terkendali. Karena fungsi utama paru-paru pada tubuh manusia sangatlah penting karena sangat berhubungan dengan alat pernafasan yang digunakan manusia untuk menghirup udara.

Selain dengan kebiasaan merokok, terdapat berbagai faktor lain yang dapat memicu penyebab kanker paru-paru. Salah satunya yaitu riwayat penyakit yang pernah ia derita sebelumnya.

Penyakit Pemicu Kanker Paru Paru

Penyakit Pemicu Kanker Paru Paru

Untuk mengetahui apa saja penyakit yang dapat memicu kanker paru-paru yakni seperti berikut :

  1. Riwayat penyakit paru

Seseorang yang sebelumnya pernah menderita penyakit paru kronis, maka akan kemungkinan dapat terkena resiko menderita kanker paru-paru. Penyakit paru tersebut dapat menimbulkan peradangan dan jaringan parut pada paru-paru sehingga dapat memicu sel kanker. Penyakit paru juga menyebabkan resiko kambuh yang tinggi dan juga memicu kanker paru-paru.

Adapun penyakit paru-paru yang dimaksud yaitu :

  • TBC (Tuberkulosis)
  • Bronkitis Kronis
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK / resiko sekitar 6x lipat)
  • Fibrosis (resiko sekitar 7x lipat)
  • Emfisema
  • Asma
  1. Awalnya dari penyakit paru-paru tetapi lama-kelamaan menjadi sel kanker yang timbul dalam paru-paru. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan serta pertumbuhan dari sel kanker tunggal pada organ paru paru dari alveolidi paru paru yang kemudian dapat tersebar ke bagian paru paru secara keseluruhan.

Terdapat dua jenis yaitu :

  • Kanker paru sel kecil

Sel kecil kanker paru bisa dibilang pertumbuhannya cukup cepat antara 13-15% dan dapat menyebar hinga seluruh organ paru dan kemungkinan dapat menyebar ke seluruh organ tubuh manusia.

  • Kanker paru bukan sel kecil

Kanker ini ± 80% terjadi menurut kasus kanker paru-paru yang terdiri dari sel skuamosa, adenookarsinoma, dan karsinoma sel besar. Jenis kanker ini memiliki perkembangan tumbuh lebih besar dari kanker paru sel kecil hingga memicu untuk tersebar ke bagian tubuh yang lain.

Itulah beberapa ulasan yang telah diulas mengenai penyakit yang dapat memicu kanker paru paru. Namun, apabila sebelumnya Anda memiliki riwayat penyakit yang sudah sembuh tetap ada kemungkinan untuk kambuh kembali dan juga Anda memilik resiko untuk terkena kanker paru-paru walaupun Anda tidak merokok.

Baca juga artikel tentang 10 Cara Alami Mencegah Penyakit Kanker Paru Paru

Hal ini tidak menutup kemungkinan apabila Anda menghindari sejak dini apa saja faktor penyebab yang dapat memicu kanker paru-paru dengan melakukan gaya hidup yang sehat seperti tidak merokok ataupun dekat dengan paparan berbagai asap dan polusi udara. Berusaha untuk berolahraga dengan rutin tapi tidak berlebihan serta mempelajari dalam mengatur pernapasan selama olahraga.

Source : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.