Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Waspadai Benjolan Pada Payudara Sejak Dini

Waspada Benjolan Pada Payudara

Penyakit kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi kaum wanita, pasalnya tidak sedikit orang yang meninggal karena penyakit ini. Kanker payudara memang lebih sering dijumpai pada kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada kaum pria walaupun persentasenya sangat kecil. Awal mula terjadinya penyakit kanker payudara ini terdapat benjolan kecil disekitar payudara. Akan tetapi apakah semua benjolan pada payudara tersebut sudah pasti kanker payudara? Kami akan mengupasnya lebih dalam pada artikel yang berjudul Waspadai Benjolan Pada Payudara.

Para wanita seharusnya bersyukur karena banyak penelitian yang menunjukan benjolan yang terdapat pada payudara bukanlah kanker. Namun benjolan tersebut jangan di anggap remeh dan tidak perlu diobati. Sangat penting mengetahui sebenarnya apa benjolan tersebut, agar dapat segera ditangani dengan ara yang tepat dan cepat.

Jenis Jenis Benjolan pada Payudara yang Bukan Kanker

Terdapat beberapa kasus benjolan pada payudara yang bukan penyakit kanker, antara lain :

  • Kista

Benjolan pada payudara bisa jadi adalah kista payudara. Kista payudara merupakan sutu kantong yang isisnya cairan yang terdapat pada sel sel payudara sehingga membentuk suatu benjolan dan tidak keras. Biasanya kista payudara ini dapat dialami oleh wanita dengan usia 35 sampai 50th. Pada saat memasuki masa menstruasi, ukuran kista payudara ini dapat menjadi lebih besar dan cepat karena hormon yang meningkat.

  • Infeksi Payudara

Benjolan pada payudara dapat terjadi akibat dari infeksi. Dimana sering disebut dengan istilah mastitis. Infeksi payudara ini lebih sering terjadi pada ibu yang menyusui. Infeksi payudara dapat membuat benjolan terasa nyeri. Infeksi terjadi akibat adanya bakteri pada permukaan kulit atau bakteri yang masuk pada saat menyusui bayi dan masuk melalui puting. Infeksi payudara akan membuat penderitanya merasa kesakitan karena pada payudara memiliki rasa seperti terbakar.

  • Payudara Fibrokistik

Benjolan yang terjadi pada payudara akibat hormon yang tidak stabil selama proses menstruasi. Benjolan tersebut akan menyebabkan rasa nyeri pada penderitanya, selain itu puting susu akan menjadi lebih sensitif lagi. Benjolan tersebut akan menghilang setelah masa menstruasi berakhir, namun jika tidak kunjung hilang harap segera diperiksakan ke dokter.

  • Fibroadenoma

Benjolan pada payudara yang terbentuk karena kelebiahn kelenjar penghasil susu, jaringan, atau lobulus disekitar payudara. Benjolan ini tidak terasa sakit dan apabila ditekan akan berpindah. Keadaan ini lebih sering terjadi pada wanita yang berusia 20 sampai 30th.

Waspadai Lebih Jauh Lagi Benjolan Pada Payudara

Benjolan pada payudara memang merupakan salah satu gejala penyakit kanker payudara. Benjolan ini terjadi akibat dari terbentuknya jaringan jaringan dari sel sel abnormal. Anda dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan mengecek benjolan tersebut. Waspadai benjolan pada payudara dengan gejala berikut ini :

  • Payudara berubah bentuk dan ukurannya
  • Puting masuk kedalam
  • Puting susu mengeluarkan cairan yang terkadang bercampur dengan darah
  • Pada beberapa kasus tertentu akan muncul bintik merah di sekitar area puting yang dapat muncul semakin banyak
  • Terjadi penebalan kulit di area payudara

Jika mengalami gejala gejala di atas maka segeralah diperiksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat. Dengan melakukan pengobatan dini maka tingkat kesembuhan yang terjadi akan lebih tinggi dan semakin baik. Kami pun berharap penyakit ini tidak terjadi pada siapapun, namun jika salah satu di antara Anda mengalaminya maka segera dilakukan pemeriksaan. Baca informasi penting tentang Obat Herbal Kanker Payudara Tanpa Operasi

Semoga dengan waspada terhadap benjolan pada payudara dapat meminimalisir resiko penyakit kanker payudara ini.

Source : www.healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.