Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Waspada Penyebab Penyebab Penyakit Ginjal Bocor

Penyebab Ginjal Bocor

Apa yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar istilah “Ginjal Bocor” ? Waspada Penyebab Penyakit Ginjal Bocor

Mungkin sebagian besar dari kalian beranggapan bahwa ginjal bocor itu seperti ginjal yang terdapat lubang sehingga ginjal tersebut mengalami kebocoran. Namun istilah ginjal bocor ini dinamai yaitu karena untuk memudahkan pemahaman oleh dokter yang mendiagnosis penyakit ini. Penyakit ini banyak dikenal orang dengan ginjal bocor, namun istilah ini dalam dunia kedokteran tidak dikenal. Hanya dokter yang mendiagnosis penyakit ini yang memberi istilah tersebut agar dapat mudah dipahami oleh sebagian orang.

Dan juga istilah ginjal bocor ini termasuk bahasa awam yang digunakan dokter untuk memudahkan kondisi pasien yang mendasar pada kenyataan bahwa penyakit ini terjadi kerusakan sistem pada penyaringan ginjal yang seharusnya mempertahankan protein tetapi terjadi kebocoran protein darah (albumin) yang kemudian keluar bersamaan dengan urine.

Ginjal Bocor dalam dunia medis disebut dengan istilah sindrom nefrotik. Penyakit ini sangat ditakuti oleh semua orang karena sangat erat berhubungan dengan ginjal yang merupakan salah satu organ yang berperan penting dan memiliki fungsi untuk metabolisme dalam tubuh manusia. Apabila hal ini terjadi pada ginjal Anda, maka tandanya organ ginjal Anda tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Sindrom nefrotik ini bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Umumnya rata-rata terjadi pada anak-anak yaitu usia diantara 3-4 tahun. Sedangkan, apabila terjadi pada usia dewasa yaitu kepada orang yang telah lanjut usia. Baca informasi menarik tentang Obat Herbal Ginjal Bocor Paling Ampuh.

Pada anak-anak yang mengalami penyakit ini umumnya menderita pada bentuk sindrom nefrosis atau yang disebut penyakit dengan perubahan minimal (minimal change disease). Namun, pada orang dewasa yang lanjut usia umumnya penyebab utama dari ginjal bocor ini yaitu sebutan dengan kondisi adanya penumpukan protein amiloid pada organ/ jaringan yang menimbulkan penyakit (amiloidosis). 

Untuk mengetahui apa saja penyebab dari ginjal bocor, berikut ini akan diulas lebih rinci, yakni sebagai berikut :

  • Salah satu penyebab ginjal bocor adalah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah kecil (glomeruli) yang terdapat pada ginjal dalam menyaring kotoran (filtrasi) dan menyaring kelebihan air pada darah. Glomeruli atau pembuluh darah kecil ini dalam kondisi sehat berfungsi untuk menjaga kadar protein dalam darah (albumin) yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam menjaga jumlah cairan dengan kadar yang tepat. Jika pembuluh darah kecil ini rusak maka protein tidak dapat dijaga dan akan keluar ke seluruh tubuh. Gejala ini apabila seperti cairan merembes keluar dari pembuluh darah kecil di seluruh tubuh dan kemudian mengendap ke dalam jaringan disekitar maka akan timbul pembengkakkan pada tubuh atau bahkan bisa ke seluruh tubuh.
  • Terjadi perubahan pada sistem imun atau kekebalan tubuh (umum pada anak-anak) karena apabila di lihat dibawah mikoskop, filter ginjal terlihat tampak normal. Hal ini diduga adanya perubahan sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh.
  • Adanya kerusakan pada organ ginjal yang disebabkan oleh peradangan. Dalam keadaan seperti ini fungsi ginjal dalam menyaring kotoran kotoran dalam tubuh akan mengalami penurunan secara bertahap.
  • Terjadi bisa karena 2 penyebab yakni :

“Penyebab Primer” yang berupa faktor imunologi atau aspek dari semua sistem imun. Lalu,

“Penyebab Sekunder” yang disebabkan oleh penyakit yang terjadi karena diabetes, lupus, gagal jantung, pembuluh darah mengalami pembekuan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bersifat racun terhadap ginjal.

Lihat informasi tentang Gejala Penyakit Ginjal Bocor Pada Anak Dan Orang Dewasa.

Sudah jelas bukan penyebab penyebab yang dapat memicu terjadinya ginjal bocor. Semoga informasi tentang waspada penyebab ginjal bocor ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Source : www.livestrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.