6 Tips Pencegahan Terhadap Penyakit Sinusitis

Pencegahan Sinusitis

6 tips pencegahan terhadap penyakit sinusitis – Sinusitis merupakan suatu gejala karena terjadinya infeksi dan penyumbatan yang terjadi di dalamnya, yaitu peradangan di sinus. Sinus ini merupakan rongga kecil yang berisi udara. Gejala awalnya ini yaitu seperti flu atau yang pilek yang berangsur terus menerus dalam kurun waktu tertentu. Pada umumnya, peradangan pada sinus adalah kondisi yang disebabkan oleh infeksi, bisa juga drai infeksi jamur, septum hidung ataupun polip hidung.

Untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oelh sinusitis itu, karena sinus ini bisa dikarenakan dari bakteri atau virus, maka hal-hal yang perlu dilakukan oelh penderita tersebut adalah :

  • Berusaha untuk mengurangi konsumsi minuman yang bersoda dan minuman yang dingin
  • Menggunakan penyemproy saline atau humidifier pada kamar untuk menjaga kelembaban
  • Berusaha rutin memasukkan air ke dalam hidung
  • Berolahraga setiap harinya yaitu olahraga di alam terbuka
  • Menghirup uap kayu putih dan juga untuk lebih sering mandi menggunakan air hangat

Bagaimanakah Cara pencegahan agar sinus tidak meradang atau kambuh kembali

 Cara yan bisa dilakukan untuk mencegah radang sinus untuk tidak kambuh kembali yaitu dengan :

  1. Rajin mencuci tangan

Cara ini merupakan hal yang penting sekali untuk menghindari sakit dan penyebaran kuman serta virus ke orang lain. Mungkin saja apabila Anda lali untuk melakukan cara ini dan secara tidak sengaja menyentuh bagian mata, hidung dan mulut itu juga bisa yang menyebabkan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh hingga membuat Anda sakit.

  1. Perbanyak konsumsi air minum

Mengkonsumsi air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Air putih ini sangat bermanfaat dan salah satunya dapat mencegah penyakti sinusitis. Perbanyak minum air putih setiap harinya dapat menjaga selaput lendir agar tetap lembab dan tidak kering. Karena lendir harus terhidrasi secara efesien sehingga mengurangi resiko tertular dari virus. Perbanyak konsumsi air putih ketika sakit sinus pun dapat membantu proses penyembuhan, minimal konsumsi air putih 8 gelas per hari atau sama dengan 2 liter air.

  1. Mendapat vaksin flu tahunan

Vaksin flu direkomendasikan untuk :

  • Semua anak usia 6-18 tahun
  • Orang dewasa (kurang lebih usia 65 tahun) atau yang beresiko tinggi mengalami komplikasi influenza.
  • Petugas kesehatan

Selain itu pemberian vaksin juga menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, mendapatkan vaksin bukanlah jaminan Anda tidak terkena flu, tapi dengan menjaga pertahanan tubuh dengan baik bisa untukmencegah sinusitis.

  1. Menghindari stress

Apabila Anda sedang stress, maka antibodi didalam tubuh akan melemah. Biasanya orang yang sedang mengalami stress akan menggosok hidung lebih sering hal ini menyebabkan hidung teriritasi sehingga terjadi peradangan pada sinus. Oleh karena itu untuk menghindari stress, sebaiknya Anda melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti rekreasi atau jalan-jalan dan nonton bioskop serta berolahraga di outdoor.

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah sinusitis yaitu dengan mengkonsumsi makanan makanan bergizi dan bernutrisi yang dapat Anda peroleh dari buah dan sayur sayuran. Selain itu kandungan vitamin dan nutrisi pada buah dan sayuran dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Menjaga kesehatan mulut dengna rajin mensikat gigi , berkumur serta menggosok lidah dan mengkonsumsi vitamin C yang dapat mencegah penyakit sinusitis.

Itu lah 6 tips mencegah penyakit sinusitis yang dapat kami bagikan. Selain dengan cara di atas, Anda dapat melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi rutin Obat Herbal Sinusitis Kronis Paling Ampuh. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Source : www.everydayhealth.com

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.