Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Hidup Sehat Bagi Penderita HIV AIDS

tips hidup sehat bagi penderita hiv aidsPada artikel kali ni admin akan memberikan informasi mengenai tips hidup sehat bagi penderita HIV AIDS. Memiliki hidup sehat dan bebas dari ancaman penyakit adalah impian semua orang karena kesehatan tidak dapat dibeli atau ditukar dengan apapun. Oleh karena itu menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat dan terhindari dari infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit sangat penting untuk diperhatikan.

Namun hal ini akan sulit dilakukan bagi para pengidap HIV (human immunodeficiency virus) yang dimana kekebalan tubuhnya dirusak oleh aktivitas virus HIV di dalam tubuh. Kondisi ini tentunya tidak boleh dibiarkan sebab jika tubuh tidak memiliki kemampuan untuk bertahan dari infeksi virus lain maka dapat mengakibatkan komplikasi dan infeksi oportunitis dari penyakit lain dalam waktu bersamaan.

Oleh karena itu menjaga gaya hidup sehat bagi penderita HIV AIDS menjadi hal yang perlu untuk dilakukan sembari menjalani pengobatan dari rumah sakit atau dokter untuk menghambat perkembangan virus HIV di dalam tubuh. Dengan menjaga asupan nutrisi yang baik dan benar dapat membantu tubuh dalam membangun antibodi dan melawan infeksi sekaligus meningkatkan vitalitas pengidap HIV AIDS.

Tips Tips Hidup Sehat Untuk Pasien HIV AIDS

Apa saja tips hidup sehat bagi pengidap HIV AIDS? Mari kita simak di bawah ini:

  1. Mencukupi kebutuhan istirahat, saat tubuh kita tertidur di malam hari akan berlangsung proses regenerasi sel dan pembentukan antibodi sehingga dapat membantu tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi yang terjadi. Tentunya hal ini merupakan hal yang mendasar bagi pengidap HIV.
  2. Mengkonsumsi makanan dari biji bijian yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi untuk memberikan tambahan energi. Gandum juga mengandung tinggi karbohidrat, seperti beras merah dan roti gandum yang memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan produksi antibodi. Selain itu jika Anda konsumsi makanan yang banyak mengandung serat dapat menurunkan tumpukan lemak yang disebut lipodistrofi serta mengurangi resiko terkena infeksi oportunistik.
  3. Perbanyak konsumsi buah buahan dan sayuran. Kedua jenis makanan ini mengandung tinggi nutrisi yang disebut antioksidan, yang melindungi sistem kekebalan tubuh. Cara mudah untuk memenuhi tujuan itu adalah untuk mengisi setengah dari piring Anda dengan buah buahan dan sayuran setiap kali makan. Perbanyak makan buah buahan dan sayuran yang berbeda agar mendapatkan vitamin dan mineral.
  4. Perbanyak konsumsi air putih. Kebanyakan orang tidak banyak minum air putih. Setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih dalam sehari minimal 8 sampai 10 gelas air atau minuman sehat lainnya. Cairan dapat membantu meningkatkan nutrisi dan obat yang dikonsumsi oleh tubuh. Mereka juga dapat meningkatkan energi dan sehingga tidak membuat Anda terkena dehidrasi. Anda harus minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak jika Anda sedang mengalami diare atau mual.
  5. Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein dan rendah lemak. Tubuh Anda mampu untuk membangun otot dan sistem kekebalan yang kuat. Makanan yang memiliki rendah lemak seperti daging sapi tanpa lemak, unggas, telur, dan kacang kacangan. Anda juga membutuhkan makanan yang mengandung tinggi protein jika Anda telah memiliki HIV stadium lanjut untuk membentuk antibodi yang lebih kuat.
  6. Mengurangi konsumsi gula dan garam. Infeksi HIV meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Terlalu banyak gula dan natrium dapat membahayakan jantung Anda. Jadi bagi Anda penderita HIV agar membatasi konsumsi gula dan garam pada makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari hari.
  7. Konsumsi jenis kacang kacangan dan buah alpukat. Lemak nabati yang ada di dalam kacang memang memberikan energi bagi tubuh. Maka untuk itu, bagi penderita HIV sebaiknya menjaga berat badan tetap ideal atau seimbang dengan cara rutin mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung lemak baik dan kalori tinggi. Baca juga info penting tentang Bagaimana Cara Penularan HIV AIDS.
  8. Tidak membiarkan diri larut dalam stress, tekanan yang berasal dari luar seperti lingkungan dan orang lain terhadap penderita HIV AIDS sangat banyak terjadi karena dianggap pelaku aktivitas yang tidak sesuai dengan normal dan aturan agama. Oleh sebab itu tetap berpikiran positif dan mendukung pengidap HIV AIDS dapat memberikan semangat dalam berjuang melawan penyakit yang dideritanya.
  9. Mengatur pola makan yang lebih sehat dan makan tepat waktu. Karena HIV dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda terhadap kuman, bahkan kasus ringan seperti keracunan makanan atau melewatkan jadwal makan dapat menyebabkan infeksi atau penyakit yang serius lainnya.

Itulah beberapa tips hidup sehat bagi penderita HIV AIDS yang dapat dilakukan mulai saat ini karena hidup sehat berawal dari diri kita sendiri tanpa menunda nunda. Dengan melakukan beberapa tips di atas sambil melakukan pengobatan HIV AIDS dapat meningkatkan peluang untuk sembuh secara total dari virus mematikan ini.

Source : www.everydayhealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.