9 Tips Hidup Sehat Bagi Penderita Asma

tips hidup sehat penderita asma

9 tips hidup sehat bagi penderita asma – Penderita asma memang sulit untuk disembuhkan secara total, tetapi gaya hidup pada penderita penyakit asma dapat mempengaruhi serangan asma yang muncul. Hal ini harus segera di hindari karena merupakan hal penting untuk terhindar dari penyakit komplikasi yang lebih membahayakan dari penyakit asma tersebut.

Obat inhaler adalah obat andalan bagi penderita penyakit asma, karena obat tersebut adalah obat pertolongan pertama bagi penderita penyakit asma. Penderita asma ini biasanya di sebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang baik.

Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Asma

Sebisa mungkin para penderita asma ini hindari apa yang dapat menyebabkan sesek nafas terjadi secara tiba tiba, berikut adalah cara mengurangi agar terhindar dari serangan asma :

1. Membersihkan rumah dengan cara teratur

Tips hidup sehat untuk penderita asma yang pertama adalah dengan membersihkan rumah secara teratur. Bersihkan rumah dengan cara menyapu atau mengepel selama dua hari sekali untuk menghindari adanya debu yang berterbangan, kenakan masker pelindung untuk menghindari debu yang masuk kedalam saluran pernafasan.

2. Hindari cuaca terlalu ekstrim

Cuaca yang terlalu kering dan juga dingin juga akan memberikan resiko kambuhnya sulitnya bernafas. Kenakan masker pelindung jika di haruskan untuk pergi keluar rumah.

3. Mengunakan penyaring udara

Penyaring udara ini dapat di lakukandengan menggunakan AC, pada AC dapat menyaring debu, polusi, dan polutan lainnya yang dapat masuk kedalam ruanggan. Jika tidak menggunakan AC kita dapat mengunakan penutup jendela agar debu debu yang berada di dalam ruanggan tidak mudah masuk.

4. Menjaga kelembaban ruangan

Menjaga kelembaban ruangan sangat penting bagi penderita asma, karena kelembapan ruangan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pemicu utamanya serangan sesak nafas pada penderita asma.

5. Hindari dari hewan yang berbulu

Kebanyakkan dari penderita asma ini dapat mudah mengalami sesak nafas bila alergi terhadap bulu hewan. Jika memiliki pliharan hewan sebaiknya di mandikan secara rutin agar debu – debu yang berada pada bulu hewan tersebut berkurang.

6. Terhindar dari obesitas

Memiliki berat badan yang berlebih membuat keadaan penderita asma semakin memburuk karena diakibatkan oleh lemak atau kolestrol yang menghambat perjalanan metabolisme dalam tubuh. Memiliki berat badan ideal termasuk menguranggi terjadinya seranggan sesak nafas pada seseorang.

7. Melakukan olahraga rutin

Tidak disarankan melakukan olahraga yang berlebihan bagi penderita penyakit asma. Tetapi olahraga harus dilakukan rutin selama 30 menit dalam sehari agar kesehatan pada organ yang berada tubuh akan semakin kuat dari alergi terserangnya penyakit asma.

8. Menjaga asam lambung

Asam lambung yang tinggi akan memberikan kerusakan pada saluran pernafasan paru paru bila naik ketenggorokan hal ini akan memperburuk kondisi yang di derita oleh penyakit asma yang dialami. Pada masalah ini akan memberikan gejala dari penyakit Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD.

9. Obat Herbal Asma

Untuk melengkapi tips hidup sehat bagi penderita asma ini, Anda dapat menggunakan obat herbal asma paling mujarab yang benar benar sudah terbukti khasiatnya. Mengapa obat herbal? karena selain sudah terbukti khasiatnya, tidak memberikan efek samping yang buruk di tubuh pasiennya.

Agar terhindar dari serangan sesak nafas maka perlu melakukan hidup sehat, maka hal ini akan meringankan seseorang agar terhindar dari penyakit, terutama pada penderita asma.

Itulah tips hidup sehat yang dapat di lakukan bagi penderita penyakit asma, semoga artikel ini dapat bermanfaat sehingga serangan asma dapat di cegah dan penyakit asma dapat di sembuhkan melalui cara alami.

Source : www.everydayhealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.