Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Alami Mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjalKami akan membahas mengenai tips alami dalam mencegah penyakit batu ginjal serta penjelasan singkat tentang batu ginjal. Penyakit batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang organ ginjal dengan indikasi pengkristalan mineral yang mengendap di dalam ginjal menjadi butiran seperti kerikil. Kerikil kerikil tersebut terbentuk akibat dari berlebihnya zat purin pada darah.

Hasil riset terbaru dari National Kidney Foundation dengan Dr. Allan Jhagroo  ( merupakan spesialis penyakit batu ginjal dari University of Wisconsin School of Medicine and healty People ) menunjukan bahwa setiap tahunya telah terjadi peningkatan pada orang yang menderita penyakit batu ginjal pada seluruh negara. Hal ini mengingatkan pada kita semua untuk mewaspadai ini penyakit batu ginjal, memang tidak bahaya namun tetap harus dihindari. Untuk itu kami akan membagikan tips alami yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Beberapa Tips Alami Untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Oleh karena itu kita perlu mengetahu beberapa langkah dan cara alami untuk mencegah pengkristalan dan mengeluarkan batu ginjal secara alami dengan gaya hidup sehat. Apa saja langkah dan cara yang efektif untuk dilakukan? Mari simak bersama di bawah ini.

1. Minum Air Putih lebih Banyak

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk menghindari batu ginjal adalah minum banyak air. Jangan meremehkan hal kecil seperti berkeringat sebab aktivitas seperti sauna, yoga panas dan latihan yang berat mungkin baik untuk kesehatan Anda, tetapi itu juga dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini dikarenakan berkeringat yang berlebih dapat membuat produksi air seni /urin semakin sedikit. Jika frekuensi buang air kecil berkurang maka zat zat yang tidak digunakan tubuh akan mengendap pada organ ginjal. Hal ini tidak baik bagi seorang penderita batu ginjal ataupun yang tidak.

Selain itu banyak mengkonsumsi air putih dengan dosis yang cukup dapat menjaga kesehatan ginjal. Banyak penderita penyakit ginjal di awal dengan kurangnya minum air putih. Untuk itu perli ditumbuhkan rasa kesadaran akan konsumsi air putih ini dengan cukup. Sehari minimal 8 gelas untuk mendapatkan dosis yang tepat dan cukup.

2. Konsumsi Makanan Dan Minuman Yang Kaya Akan Zat Oksalat

Cara kedua untuk mencegah batu ginjal dengan konsumsi makanan yang kayak akan zat oksalat. Oksalat akan mengikat kalsium sehingga tidak diserap oleh usus yang lalu disaring ke ginjal, yang tentunya baik untuk mencegah pengendapan mineral di dalam ginjal. Makanan dengan kandungan oksalat yang tinggi dapat dijumpai pada sayur sayura, buah buahan, biji bijian, kacang kacangan, teh serta coklat. Dengan makan makanan tersebut secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit batu ginjal.

3. Tidak Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Tips berikutnya mencegah batu ginjal dengan menghindari konsumsi gula berlebihan. Mengkonsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Kami menyarankan untuk meminum minuman yang terbebas dari gula, atau pun jika ingin dapat membuat sendiri dengan campuran air jeruk nipis atau lemon. Selain itu mengkonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti diabetes / kencing manis.

4. Hindari Minuman Yang Mengandung Soda, Alkohol Dan Mengurangi Minum Kopi

Minuman seperti soda, alkohol dan kopi tidak semuanya buruk, namun jika dikonsumsi secara berlebihan tentunya dapat merusak organ tubuh dan dapat memicu terbentuknya kristal kristal pada ginjal. Ganti minuman tersebut dengan jus buah yang sudah terbukti mengandung antioksidan yang tinggi yang sudah terbukti dapat mencegah penyakit batu ginjal. Artikel terkati Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita Batu Ginjal

Zat seperti soda, alkohol, dan kafein akan memberatkan fungsi ginjal dalam mengolahnya untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Sehingga ginjal akan mengalami penurunan fungsi yang memicu terbentuknya batu ginjal di dalam tubuh.

Itulah beberapa tips dan cara mencegah batu ginjal secara alami yang dapat kami bagikan. Semoga informasi singkat ini dapat membantu Anda ataupun keluarga yang mengalami penyakit batu ginjal agar segera disembuhkan.

Source : www.kidney.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.