Tanda Tanda Ginjal Mengalami Kerusakan

Tanda tanda ginjal mengalami kerusakanTanda kerusakan pada ginjal – Penyakit gagal ginjal merupakan suatu kondisi kesehatan yang kronis dan berbahaya bagi penderitanya, penurunan fungsi ginjal ini bertahap mulai dari gejala kronis sampai yang akut. Ginjal yang sehat dapat membuat seseorang hidup lebih lama, oleh karena itu organ ginjal haruslah dijaga kesehatannya sejak dini.

Di era yang semakin modern ini banyak faktor yang dapat memicu gangguan dan penyakit pada ginjal seperti gaya hidup, makanan, dan lingkungan tempat tinggal yang dapat menyebabkan gangguan seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, sampai gagal ginjal. Oleh karena itu kita perlu mengetahui jika terjadi masalah pada ginjal dari hal hal kecil yang sering kali kita pandang sebelah mata.

Ciri Ciri Ginjal Mengalami Gangguan atau Kerusakan

Inilah beberapa ciri dari ginjal yang mengalami penurunan fungsi atau kerusakan, antara lain:

1. Terjadi Perubahan Kebiasaan Buang Air Kecil

Tanda kerusakan pada ginjal yang pertama adalah adanya perubahan kebiasaan buang air kecil. Ginjal memiliki peranan setiap hari untuk memproduksi air seni, maka dari itu, apabila jantung tidak bekerja seperti biasanya jadi yang bisa kita lihat adalah mengalami perubahan atau tanda urine yang tidak normal seperti:

  • Frekuensi buang air kecil meningkat.
  • Urine mngalami perubahan warna.
  • Adanya busa pada air seni.
  • Urine yang bercampur darah.

2. Terjadi Pembengkakan Pada Area Wajah, Tangan, dan Kaki

Ketika ginjal tidak mampu bekerja dengan normal maka ada kemungkinan cairan tidak bisa dibuang dari dalam tubuh, cairan tersebut bisa menumpuk di dalam bagian tubuh mana saja. Inilah salah satu kondisi dari penurunan fungsi ginjal yang dapat dilihat yaitu terjadinya pembengkakan di bagian lengan, kaki, wajah, tangan.

Berawal dari sebagian orang dilihat dari pergelangan bagian kaki yang membengkak pada saat malam hari, atau bagian wajah yang membengkak dan selanjutnya seseorang bisa dapat melihat dan mengalami pembengkakan yang menyeluruh ke bagian tubuh lainnya.

3. Cepat Merasa Kelelahan

Apabila ginjal sudah tidak normal maka hasil erythroprotein dapat menurun dan mengakibatkan anemia. Namun penyakit anemia ini bisa disembuhkan dengan cara yang benar. Tetapi anemia ini bukanlah penyebab kenapa orang yang mengidap penyakit gagal ginjal keliatan kelelahan atau lemah.

Penyebabnya adalah ketidak stabilan elektrolit, yang bisa mengakibatkan adanya kelemahan pada otot. Biasanya seseorang yang menidap penyakit gagal ginjal merasakan lelah dan lemas, meski sudah istirahat yang cukup. Rasa kelelahan akan mengganggu sekali pada aktivitas setiap harinya bahkan sampai tidak bisa melakukan kegiatan kecil contohnya menyediakan makanan, membereskan rumah, hingga berpakaian.

4. Muncul Ruam Pada Kulit Disertai Rasa Gatal

Ginjal juga menyaring limbah sisa metabolisme dalam darah, jika ginjal tidak berfungsi dengan benar maka akan menyebabkan limbah yang seharusnya dibuang melewati darah dan akan dikeluarkan melalui kulit. Hal ini dilakukan sebagai reaksi tubuh jika kadar limbah sudah terlalu tinggi di dalam tubuh.

Maka selanjutnya, terjadilah tanda tanda penyakit gagal ginjal seperti mengalami kulit yang mengering, bekas kulit yang gatal di bagian tubuh yang timbul pada kaki,tangan, dada, kepala, dan punggung. Rasa gatal ini sangat mengganggu dan rasa gatal tersebut tidak bisa disembuhkan dengan obat gatal seperti cream sebaiknya dianjurkan melakukan pemeriksaan pada dokter.

5. Area Pinggang Dekat Ginjal Terasa Nyeri

Adanya rasa nyeri pada pinggang di bagian flank area merupakan bagian pinggang kiri dan kanan yang berada dengan perut bagian atas hingga tengah di bagian samping kiri dan kanan. Bagian ini sangat tepat dengan posisi ginjal, dan saat merasakan nyeri di bagian tersebut, jadi harus dipastikan terjadinya masalah pada ginjal berat. Baca juga artikel terkait tentang 12 Makanan Sehat Bagi Penderita Ginjal.

6. Mengalami Sesak Nafas yang Tidak Biasa

Saat seseorang merasakan kesusahan bernafas, jadi yang penting kita ketahui yaitu adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Napas yang tidak leluasa dapat diartikan untuk sesak nafas jika hal ini muncul saat tidak melakukan aktivitas yang berat, hingga banyak yang beranggapan kalau itu adalah tanda gagal ginjal. Hal ini dapat timbul karena aliran cairan ke paru paru, dan menurunnya kinerja ginjal disebabkan adanya tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah.

Itu beberapa indikasi dari kerusakan dan penurunan fungsi ginjal yang perlu diwaspadai, oleh karena itu sebaiknya disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebab ancaman gagal ginjal adalah kondisi kesehatan yang serius dan mengancam keselamatan seseorang. Semoga bermanfaat untuk kita semua agar ginjal kita selalu sehat.

Source : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.