Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kenali Tanda dan Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Mengetahui tanda tanda atau ciri ciri dari penyakit kanker payudara sangat membantu agar penyakit ini dapat segera diobati. Semakin cepat dan tepat pengobatan yang dilakukan maka tingkat keberhasilannya pun akan semakin tinggi. WHO (World Health Organization) mengungkapkan kanker payudara merupakan penyakit kanker yang paling sering terjadi untuk para wanita di Indonesia. Penyakit kanker payudara ini dapat terjadi akibat dari pertumbuhan sel sel yang tidak normal yang membentuk jaringan pada payudara. Penyakit kanker payudara ini memang lah sangat menakutkan namun dengan mengetahui tanda tanda dari kanker payudara ini diharapkan dapat meminimalisir resiko kematian akibat penyakit ini.

Gaya hidup yang tidak sehat saat ini, faktor lingkungan serta kondisi hormon yang tidak stabil merupakan beberapa faktor yang dinilai dapat menyebabkan penyakit kanker payudara. Di samping itu terdapat beberapa faktor yang dapat memicu resiko Anda mengalami kanker payudara seperti seorang yang memiliki usia 50 th ke atas, riawayat keluarga yang pernah menderita penyakit kanker payudara, faktor gen, dll. Hal hal di atas ini dapat memicu resiko terkena penyakit kanker payudara semakin meningkat. Untuk itu terapakan pola hidup yang sehat sehinga risiko terjadi pada Anda semakin kecil.

Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Payudara

  1. Terdapat Benjolan Pada Payudara

Tanda yang paling umum terjadi dari penyakit kanker payudara ini adalah terdapat benjolan pada bagian payudara. Benjolan ini pada umumnya tidak memberikan rasa sakit, walaupun pada beberapa kasus ada yang mengalami rasa sakit hanya sedikit. Jika Anda mendapatkan benjolan pada area payudara maka segeralah diperiksakan ke dokter atau rumah sakit. Atau Anda dapat mendeteksi dini benjolan pada payudara Anda, sehingga dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

  1. Kulit Disekitar Payudara Mengalami Perubahan

Tanda berikutnya dari penyakit kanker payudara adalah adanya perubahan pada kulit disekitar payudara. Perubahan kulit pada payudara dapat terjadi seperti :

  • Kulit payudara mengalami iritasi
  • Kulit payudara mengalami penebalan
  • Kulit payudara menjadi kemerah merahan
  • Kulit payudara berubah tekstur seperti jeruk

Segera periksakan ke dokter jika tanda tanda di atas Anda alami agar dapat segera diambil tindakan penanganannya.

  1. Bagian Puting Terasa Sakit

Tanda dan gejala kanker payudara stadium 1 yang dapat terjadi adalah mengalami perubahan pada bagian puting dan akan terasa nyeri. Selain itu akan keluar cairan yang tidak seperti biasanya dari dalam puting.

  1. Terdapat Benjolan Pada Bagian Ketiak

Salah satu gejala penyakit kanker payudara ini adalah terdapat benjolan pada bagian ketiak.  Walaupun namanya penyakit kanker payudara, benjolan pada bagian ketiak ini kerap ada kaitannya dengan penyakit kanker yang satu ini. Hal ini karena terdapat jaringan pada payudara yang terhubung dengan jaringan pada bawah ketiak. Sehingga sel sel kanker pada payudara dapat menyebar hingga ke bagian bawa ketiak.

Itulah beberapa gejala yang dapat dialami oleh seorang penderita penyakit kanker payudara. Gejala gejala di atas tidak selalu memutuskan bahwa orang yang mengalami nya pasti menderita penyakit kanker payudara. Tanda dan gejala kanker payudara di atas kami informasikan guna meminimalisir resiko penyakit kanker payudara ini, sehingga jika Anda ataupun orang terdekat Anda yang mengalaminya dapat segera diperiksakan ke dokter. Besar harapan kami itu bukanlah penyakit kanker payudara yang mematikan ini, namun jika hal itu terjadi pada Anda ataupun orang yang Anda sayangi maka cepatlah dilakukan pengobatan yang tepat.

Baca juga artikel tekait tentang Waspadai Benjolan pada payudara Sejak Dini.

Demikian informasi singkat tentang tanda dan gejala penyakit kanker payudara ini yang dapat kami bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian khususnya orang yang menderita penyakit kanker payudara ini.

Source : www.nationalbreastcancer.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.