Inilah 10 Tanda Awal Penyakit Kanker Paru Paru

Tanda awal penyakit kanker paru

10 Tanda Awal Penyakit Kanker Paru Paru – Kanker paru-paru merupakan kanker yang menjadi salah satu penyakit dengan penderita terbanyak khususnya terjadi di Indonesia. Kanker paru-paru ini mayoritas terjadi pada pria dan hampir menjadi penyebab nomor 1 terjadi kematian pada pria di Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa kanker paru-paru dapat terjadi akibat penggunaan konsumsi rokok yang berlebih. Orang yang beresiko terkena kanker paru-paru yakni orang dengan memiliki riwayat merokok selama 30 tahun. Kanker paru-paru mungkin akan terasa terkena dampaknya dengan usia berkisar 50-80 tahun.

Kanker paru-paru awalnya tidak menimbulkan gejala. Tapi akan terdeteksi apabila kondisi penderita sudah dengan kondisi yang parah. Keberadaan kanker paru-paru pada tubuh akan berdampak pada tubuh yang menjadi kurus karena tergerogoti nya pada bagian paru-paru.

10 Cici Ciri Orang Terkena Penyakit Kanker Paru Paru

Untuk dapat mengenali gejala dan bagaimana ciri-ciri dari kanker paru-paru, sebaiknya Anda cermati baik-baik ulasan seperti di bawah ini :

  1. Batuk yang terus menerus / membandel

Apabila batuk sering berangsur dan tak kunjung henti lebih dari dua pekan itu berarti akan ada masalah yang terjadi pada masalah paru-paru. Untuk itu sebaiknya mewaspadai gejala seperti ini.

  1. Terjadinya perubahan pada batuk

Sebaiknya Anda memberikan perhatian lebih apabila terjadi perubahan batuk terutama pada batuk kronis terutama pada perokok aktif. Perubahan batuk seperti itu misalnya, awalnya berdahak, lalu menjadi kering, kemudian lebih dalam sampai serak hingga kembali kembali berdahak

  1. Adanya perubahan pada pernapasan

Perubahan pernapasan itu seperti pada pola pernapasan yang berubah menjadi lebih pendek disertai sesak napas. Hal ini dikarenakan terjadi ruang/ blok kanker menutup jalannya pernapasan

  1. Area dada merasa sakit

Kanker paru-paru dapat menimbulkan sakit disertai nyeri yang sangat dan konstan di bagian dada, bahu dan punggung. Rasa sakit ini ditimbulkan karena sel kanker menyerang bagian dada hingga sampai tulang rusuk.

  1. Timbulnya suara dari dada / bengek

Hal ini dikarenakan sel kanker menyumbat saluran pada pernapasan paru-paru yang dapat mengeluarkan suara ketika bernapas. Suara tersebut yang disebut dengan bengek atau mengi.

  1. Suara menjadi serak

Perubahan suara yang signifikan lebih dari 2 minggu untuk harus diwaspadai. Karena hal ini dapat mengakibatkan sel kanker mempengaruhi saraf pengendali kotak suara.

  1. Turunnya berat badan

Penurunan berat badan secara drastis juga salah satu gejala dar kanker yang ganas. Karena sel kanker memakan energi yang dihasilkan oleh tubuh.

  1. Nyeri pada kepala

Kanker dikatakan telah menyebar apabila adanya pertanda rasa sakit kepala hingga menyebar ke otak. Sakit kepala juga dapat timbul dengan adanya tekanan darah dari paru-paru karena sel kanker

  1. Nyeri atau sakit pada bagian tulang

Rasa sakit pada tulang umumnya akan memburuk (sakitnya) pada waktu malam hari. Kanker paru-paru ini dapat menyebar ke tulang di area punggung hingga bagian lainnya.

  1. Batuk berdarah

Batuk ini disertai dengan darah, hal ini menandakan adanya yang tidak beres pada paru-paru walaupun hanya bintik coklat pada dahak. Memang, kondisi ini tidak hanya disebabkan oleh kanker paru-paru, namun akan ada pertanda bahwa ini merupakan kondisi yang bisa dikatakan serius, Untuk itu sebaiknya Anda untuk segera menanyakan lebih lanjut pada dokter spesialis. Melakukan diagnosis sejak dini juga memberikan harapan tinggi dalam mengatasi kanker paru-paru.

Baca juga Obat Herbal Kanker Paru Paru Stadium 1,2,3,4 Terbaik.

Inilah 10 tanda awal seseorang terkena penyakit kanker paru paru. Semoga dapat beramanfaat.

Source : www.lungcancer.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.