Perbedaan antara Sirosis dan Kanker Hati

perbedaan sirosis dan kanker hatiPerbedaan antara penyakit sirosis dan kanker hati – Sirosis ataupun kanker hati merupakan sama sama suatu gangguan yang terjadi pada organ hati. Memang pada awalnya kedua gangguan ini seperti sama namun memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar apalagi jika sudah mendengar kata kanker, seperti semuanya itu akan berakhir. Namun yang pasti kedua penyakit ini sama sama sangat berbahaya dan dapat membunuh si penderitanya. ┬áKerusakan hati yang pada umumnya disebabkan karena alkohol, nah pada artikel ini akan dibahas lebih jauh mengenai perbedaan antara sirosis dengan kanker hati.

Perbedaan Sirosis dan Kanker Hati

Sirosis

Sirosis merupakan kerusakan suatu kerusakan yang terjadi pada organ hati secara permanen. Kerusakan pada hati ini pelan pelan membuat jaringan sehat digantikan dengan jaringan rusak, sehingga membuat organ hati tidak dapat berkeja dengan baik. Jaringan jaringan yang telah rusak tersebut akan berdampak pada terhambatnya lairan darah yang melalui hati. Sedangkan untuk fungsi hati sendiri dalam memproses hormon, nutrisi dan racun yang dihasilkan oleh tubuh mengalmi keterlambatan. Hal ini dapat berdampak buruk pada sistem metabolisme tubuh.

Kerusakan hati tersebut tidak dapat diperbaiki dan dapat membentuk jaringa jaringan yang lebih besar lagi sampai nantinya hati khilangan fungsinya. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk penyakit sirosis ini pada umumnya hanya untuk menghambat perkembangannya saja bukan untuk menyembuhkannya.

Sirosis biasanya dapat ditandai seperti hilangnya nafsu makan, badan mudah lelah. penyakit kuning, sering merasakan mual dan muntah, terjadi penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba tiba, terjadi pembengkakan pada bagian perut dan pergelangan kaki. Sedangkan untuk penyebabnya dapat disebabkan akibat mengkonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan, dapat juga akibat dari terinfeksi virus hepatitis B dan virus hepatitis C.

Kanker Hati

Sedangkan untuk kanker hati merupakan perkembangan sel kanker yang terjadi pada organ hati yang nantinya dapat merusak organ hati. Kanker hati dapat disebabkan oleh tumbuhnya sel kanker langsung pada organ hati ataupun dapat terjadi akibat penyebaran sel kanker dari organ tubuh lainnya ( metastasis ). Kanker hati ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan karena hati merupakan organ yang vital bagi tubuh manusia.

Fungsi penting dari organ hati adalah menetralisir racun yang terdapat pada tubuh manusia, memproses protein dan lemak, menghasilkan cairan empedu yang dapat membantu sistem pencernaan, dan mengontral kadar penggumpalan darah. Melihat pentingnya fungsi hati, jika hati mengalami gangguan maka dapat berakibat fatal.

Sedangkan untuk gejala kanker hati dapat dilihat dengan tanda tanda seperti mudah lelah, sering merasa mual hingga muntah, berat badan turun, mengalami sakit kuning. Dan untuk penyebabnya masih belum diketahui namun diperkirakan akibat dari kerusakan jaringan sel hati ataupun dapat disebabkan dari penyakit sirosis.

Perbedaan Penyakit Sirosis dengan Kanker Hati

  1. Penyakit sirosis terjadi pada keseluruhan organ hati, namun kanker hanya pada tempat dimana awalnya sel kanker berkembang.
  2. Penyakit kanker hati dapat disebabkan oleh sirosis.
  3. Penyakit sirosis merupakan fibrosis hati sedangkan kanker hati adalah pertumbuhan sel sel pada organ hati yang tidak terkendali (abnormal).
  4. Hati yang terkena sirosis tidak dapat dipotong, namun penyakit kanker dapat dihilangkan dengan melakukan reseksi hati parsial.

Baca info penting seputar Obat Herbal Kanker Hati Ampuh

Itulah informasi mengenai perbedaan antara penyakit sirosis dan kanker hati yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda serta dapat bermanfaat didalam kehidupan anda.

Source : www.everydayhealth.com

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.