5 Penyebab Utama Penyakit Batu Ginjal Yang Perlu Diketahui

Penyebab Batu Ginjal

PENYEBAB UTAMA DARI BATU GINJAL – Banyak sekali penyebab dari batu ginjal, penyakit batu ginjal ini umum untuk mengenai siapa saja seperti anak anak hingga pada orang yang telah memasuki lanjut usia. Batu ginjal ini sering dialami oleh orang orang yang malas untuk berolahraga dan juga hanya mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang sangat sedikit.

Sangat penting bagi seseorang menjalani pola hidup yang sangat sehat, agar menghindari penyakit komplikasi yang akan membuat organ lain yang berada pada tubuh merasa di rugikan.

Pada penderita batu ginjal ini adalah penyakit yang mambuat rasa sakit pada daerah pinggang sebelah kanan dan kiri atau rasa sakit pada daerah selangkangan. Ukuran dari ginjal ini menyerupai ukuran genggaman tangan orang itu sendiri dan berbentuk seperti sepasang kacang.

Penyebab Utama Dari Penyakit Batu Ginjal

Beragam kondisi yang mengakibatkan batu ginjal ini terjadi, bebrapa di antaranya yaitu seperti :

1. Pola makan yang kurang baik bagi kesehatan

Makanan yang memiliki tinggi kaya akan kandungan oksalat dan kalsium dapat membantu untuk membuat terbentuknya kristal kristal pada bagian daerah ginjal. Mengkonsumsi kandungan oksalat yang berlebihan akan mengakibatkan batu ginjal seperti yang kita temui pada makanan coklat, kacang, dan juga bayam.

Jika pada makanan yang memiliki banyak kalsium yaitu seperti vitamin D, daging merah, makanan dan minuman yang mengandung banyak garam dan susu. Akan meningkatkan terjadinya batu pada daerah ginjal.

2. Genetik

Gangguan cystinuria atau penyakit keturunan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit batu ginjal. Seseorang yang memiliki saudara kandung akan memiliki resiko terkenanya batu ginjal. Jika telah memiliki satu atau lebih batu ginjal maka akan mendapatkan kemungkinan bertambahnya jumlah batu pada bagianginjal. Lihat artikel terkait mengenai Tips Alami Mencegah Penyakit Batu Ginjal.

3. Kekurangan cairan dalam tubuh

Penyebab utama dari timbulnya penyakit ginjal adalah kekurangan cairan seperti kurangnya mengkonsumsi air mineral. Kekurangan cairan ini akan menjadikan garam, mineral, dan zat lain dalam urin (air seni) dapat bersatu / mengumpal dan membentuk batu pada saluran urin dan juga ginjal.

4. Terserang oleh penyakit lain

Penyakit batu ginjal ini dapat disebabkan oleh penyakit yang terbilang cukup serius. Seperti memiliki riwayat penyakit asam urat, kelainan pada kelenjar paratiroid, penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi pada seseorang. seseorang yang memiliki kelainan pada kelenjar akan meningkatkan kadar kalsium dalam darah dan juga dapat beresiko terkena batu ginjal.

5. Menahan untuk membuang air kecil

Masalah yang di sepelekan ini dapat menimbulkan penyakit batu ginjal, karena tertahannya kotoran pada limbah tubuh yang ingin di buang.

Setelah mengetahui apa saja penyebab penyebab utama penyakit batu ginjal ini, di sarankan untuk menjalani pola hidup sehat seperti mengkonsumsi air mineral yang cukup dan hindari penyebab penyebab yang telah di sampaikan serta dapat menggunakan obat herbal batu ginjal paling ampuh agar terhindar dari penyakit batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Source : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.