Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Penyakit TBC Yang Wajib Diketahui

Penyebab penyakit TBC wajib diketahui, mengapa demikian? Dengan mengetahui penyebab penyebab tersebut maka kita dapat mencegahnya. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai penyebab penyebab penyakit TBC dan penjelasan singkat tentang penyakit TBC.

Penyebab Penyakit TBC

Apa Itu Penyakit TBC?

TBC atau singkatan yang biasa kita kenal dengan Tuberculosis, merupakan suatu penyakit yang penyebab utamanya disebabkan oleh infeksi yang bernama “Mycobacterium tuberculosis”.  Bakteri  ini sejenis bakteri yang sangat kecil yang berbentuk batang atau seperti tongkat dan sifatnya yang tahan asam. Bakteri ini berukuran kecil yang dilindungi dengan selaput lilin yang melindunginya dari sistem pertahanan imun dari tubuh manusia yang ingin membinasakannya. Itulah sebabnya dijuluki sebagai Batang Tahan Asam (BTA).

TBC ini adalah gejala penyakit yang menyerang pada bagian paru-paru.  Selain itu, TBC juga menyerang pada organ tubuh lainnya sepertii pada bagian kulit, kelenjar limfe, tulang, dan selaput otak. Penderita penyakit TBC ini bisa mewabah kepada  10 orang yang ada disekitarnya. Tapi, umumnya yang sering dijangkiti oleh bakteri tersebut adalah pada bagian paru-paru. Apalagi kepada penderita yang gemar merokok.

Penyakit TB ini masuk ke dalam peringkat ke-10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia.  TBC ini dapat menular. Penulurannya ddisebabkan dari batuk dari si penderita. Apabila Penderita batuk, ribuan bibit bakteri sudah tersebar ke udara di sekitarnya. Apabila bakteri tersebut terhirup dan masuk ke paru-paru maka terjadi perseteruan atara bibit bakteri dengan sistem pertahanan didalam tubuh yaitu sel darah putih. Sel darah putih akan segera mengepung bakteri itu lau menelan dan menghabiskannya.

Namun, dikarenakan bakteri TBC telah dilindungi dengan lapisan lilin maka bakteri itu akan tetap hidup. Dan kemudian selsel darah putih dalam jumlah besar akan masuk untuk membuat dinding yang dapat menahan serangan serangan bakteri atau virus. Ini yang membuat terbentuknya tuberkel atau benjolan kecil. Jaringan jaringan yang berkumpul tersebut membentuk suatu benjolan kecil yang kemungkinan dapat menghambat aliran darah serta fungsi organ paru paru dapat terganggu. Membuat kapur dan kalsium mengalami penumpukan di dalam jaringan -jaringan ini serta di dalam kelenjar limfe disekitarnya membuat organ-organ itu tidak berfungsi lagi di dalam tubuh manusia atau bisa mengakibatkan kerusakan kerusakan sistem jaringan pada tubuh manusia.

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab penyakit TBC wajib diketahui dan penyebab TBC itu kemungkinan besar dapat terjadi pada orang orang yang memiliki kondisi, sebagai berikut :

  • Orang dengan sistem imunitas tubuh (sistem kekebalan tubuh) yang lemah, contohnya penderita penyakit diabetes, ODHA (pengidah HIV AIDS), atau orang yang menjalani proses kemoterapi.
  • Orang yang mengalami kekurangan gizi.
  • Orang yang gemar merokok / perokok aktif
  • Orang yang memakai atau pecandu narkoba.
  • Orang yang sering berdekatan dengan penderita TBC aktif, seperti keluarganya ataupun petugas medis yang merawat penderita TBC

Oleh karena itulah, orang mengenal TBC sebagai penyakit menular atau penyakit yang sangat infeksius. Namun, sangat disayangkan masih banyak disekitar kita yang tidak menyadari atau belum paham benar akan tentang penyakit menular yang berbahaya ini dan seperti apa dan bagaimana cara pengobatannya, slah satu pengobatan yang tepat yang dapat dilakukan adalah dengan obat herbal TBC paru paling ampuh. Besar harapan kami dengan adanya informasi mengenai penyebab dari penyakit TBC ini dapat membantu kita semua dalam mencegahnya dan menghindari penyakit TBC. Salam sehat!

Source : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.