Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Waspadai 7 Penyebab Penyakit Kanker Usus

Penyebab Kanker Usus Besar

Dewasa ini semakin banyak penyakit kanker yang terjadi oleh orang di dunia. Hal ini bisa disebabkan karena gaya hidup, pola makan yang tidak sehat serta lingkungan hidupnya. Penyakit kanker masih menjadi penyakit paling menakutkan didunia karena memang pada kenyataanya penyakit ini sulit diobati dan dapat merenggut nyawa pasiennya. Tingkat keberhasilan dari penyakit kanker ini pun sangat kecil. Pada kali ini kami akan membahas mengenai penyakit kanker usus besar dimana akan kami fokuskan pembehasan pada penyebab penyakit kanker usus besar ini.

7 Faktor Penyebab Kanker Usus Besar

Tujuan dari mengetahuinya penyebab kanker usus besar ini tidak lain tidak bukan untuk menekan angka penderita penyakit ini. Dengan mengetahui penyebab nya maka diharapkan orang orang dapat lebih perduli lagi akan kesehatannya sehingga dapat menjauhinya dan terhindari dari penyakit yang berbahaya ini. Berikut penyebab penyebab kanker usus besar, antara lain :

1. Faktor Makanan

Makanan dapat menjadi faktor utama penyebab dari penyakit kanker usus besar ini. Makanan berlemak dan tinggi kolesterol dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada usus, selain itu pemicu lainnya berasal dari makanan makanan yang tidak sehat yang menggunakan bahan pengawet yang tinggi seperti fast food dan junk food.

Kurangnya mengkonsumsi makanan berserta tinggi juga dapat menjadi faktor utama pemicu kanker usus besar. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan, jika tubuh kekurangan serat maka sistem pencernaan akan terganggu dan dapat mengakibatkan kanker usus besar.

2. Faktor Usia

Faktor usia dapat berpengaruh terhadap penyakit kanker usus besar. Seorang dengan usia 50 tahun ke atas lebih beresiko terkena penyakit kanker usus besar. Namun belakangan ini penyakit kanker usus besar cukup banyak di derita dengan orang yang berusia 20 sampai 49 th.

3. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan masih menjadi faktor penyebab untuk bebrapa penyakit salah satunya adalah penyakit kanker usus besar. Peneltian mengungkapkan faktor lingkungan memiliki peranan terhadap penyakit kanker usus besar ini, lingkungan yang tidak sehat dan kotor dapat meningkatkan risiko penyakit kanker usus besar.

4. Terjadinya peradangan pada usus

Gangguan pada usus seperti radang usus dapat meningkatkan risioko seseorang terkena penyakit kanker usus besar. Semakin lama seseorang menderita penyakit radang usus ini maka risiko mengalami penyakit kanker usus besar akan semakin tinggi pula.

5. Faktor Genetika

Para ilmuwan mengungkapkan terdapat sekitar 25% kasus penyakit kanker usus besar ada kaitannya dengan faktor genetika.

6. Malas Berolahraga

Olah raga sebenarnya bisa dibilang merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan berolah raga metabolisme tubuh terjaga, racun racun dalam tubuh dikeluarkan, organ jantung pun menjadi lebih sehat. Namun belakangan ini gaya hidup orang jaman modern dengan pekerjaannya yang sibuk membuat sulit melakukan olahraga, alhasil orang yang jarang atau tidak pernah melakukan olahraga lebih besar risikonya terkena penyakit kanker usus besar.

7. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memang sangat tidak baik untuk tubuh manusia, salah satunya dapat menyebabkan penyakit kanker usus. Hindari minuman beralkohol jika ingin tubuh Anda tetap sehat.

Lihat artikel terkait tentang Kenali Tanda dan Gejala Kanker Usus Sejak Dini.

Nah itulah 7 faktor penyebab penyakit kanker usus besar yang perlu menjadi perhatian kita semua agar dapat menjauhinya dan mencegah penyakit kanker usus besar ini terjadi pada diri Anda, orang terdekat Anda ataupun orang yang Anda sayangi.

Source : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.