Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Penyakit Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui

Kanker Serviks Rahim

PENYEBAB KANKER SERVIKS – Kanker serviks merupakan jenis penyakit  yang  mengerikan dan sangat ditakuti oleh seluruh wanita di dunia maupun di Indonesia. Di Indonesia, penyakit kanker  serviks ini disebut sebagai penyakit pembunuh nomor  satu, karena apabila telah ganas dapat merenggut nyawa penderitanya.

Kanker ini terjadi di leher rahim dengan adanya sel-sel abnormal yang dapat tumbuh secara cepat dan tidak terkendali dalam  perkembangannya,se hingga  dapat menyebabkan tumor berubah menjadi kanker serviks.

Kanker serviks diawali ketika sel-sel mengalami perubahan gen DNA. Mutasi tersebut ynag mengubah sel normal menjadi sel tidak normal atau abnormal.

Mudah untuk mengetahui perkembangan sel yang sehat dengan yang telah terdeteksi sel kanker. Yaitu, untuk sel yang sehat akan berkembang tumbuh pada kecepatan tertentu. Sedangkan, sel yang telah terinfeksi sel kanker akan berkembang tumbuh cepat tanpa terkendali. Jumlah sel tidak normal yang  terus bertambah tanpa terkendali itu yang akan mempengaruhi timbulnya tumor.

Sel kanker tersebut juga akan menyerang pada jaringan sekitarnya hingga ke bgaian tubuh lainnya, proses penyebaran ini yang dikenal sebagai metastasis.

Kanker serviks ini dapat menyerang semua wanita semua usia (yang telah haid),khususnya mereka yang aktif secara seksual. Semakin bertambah usia wanita tersebut semakin ada faktor untuk teresiko kanker serviks.

Kita tahu bahwa fungsi dari leher rahim yaitu sebagai jalan masuk atau penghubung antara vagina dengan rahim. Leher rahim berbentuk seperti tabung silinder.

Namun, Apa yang akan terjadi apabila leher rahim tersebut tumbuh tumor atau bahkan ganasnya lagi yaitu kanker serviks?

Untuk mengetahui hal tersebut lebih lanjut, sebaiknya Anda untuk simak ulasan di bawah ini.

Awalnya, kanker serviks tidak terdapat gejala, namun gejala yang sering terjadi yaitu terdapat pendarahan pada vagina setelah melakukan hubungan seks, hal ini bukan termasuk mesntruasi ya.  Tetapi, bukan semua gejala pendarahan ini termasuk dalam gejala dari kanker serviks lho.

Untuk itu, ada baiknya Anda segera konsultasikan lagi kepada dokter untuk diberikan solusi dengan pemeriksaan fisik. Bila memang benar terdeteksi, akan segera diberikan rujukan pada dokter spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Terdapat faktor yang menyebabkan kanker serviks pada wanita adalah sebagai berikut :

  1. Infeksi virus HPV (Human Papiloma Virus)

Virus ini umumnya karena menaburkan virus dari perilaku hubungan seksual karena terjadi kontak langsun dengan kulit kelamin, adanya pertukaran cairan tubuh, membran mukosa dan seks oral.

  1. Memiliki riwayat penyakit menular seksual yaitu klamidia yang memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang kanker serviks
  2. Aktifitas seks yang dimulai pada usia muda
  3. Berganti-ganti pasangan dlam melakukan hubungan seks
  4. Pemakaian alat kontrasepsi dalam waktu jangka panjang
  5. Pemakaian obat hormonal yang digunakan unuk mencegah keguguran (Diethylstilbestrol / DES)
  6. Faktor keturunan / mutasi gen juga dapat menjadi penyebab karena dapat teresiko tertular pada generasi mendatang
  7. Penyakit yang mengganggu sistem imun seperti virus HIV AIDS
  8. Usia teresiko kanker serviks yaitu usia diatas 40 tahun
  9. Hamil dan melahirkan pada usia remaja yaitu usia di bawah 17 tahun.
  10. Telah hamil dan melahirkan sampai 3 kali juga dapat beresiko tinggi menderita kanker serviks
  11. Kelebihan berat badan(obesitas)
  12. Memiliki pola makan kurag baik dengan kurang mengonsumsi buah dan sayur
  13. merokok

Lihat informasi penting tentang Obat Herbal Kanker Serviks dan Rahim Stadium Awal dan lanjut.

Nah itulah penyebab penyebab penyakit kanker serviks yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

Source : medicinenet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.