Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Penyebab Penyakit Hepatitis Yang Perlu Diketahui

Penyebab Hepatitis

Penyakit hepatitis adalah penyakit yang dipengaruhi oleh virus hepatitis. Umumnya penyakit ini mengalami peradangan yang terjadi di hati. Terdapat 5 jenis virus hepatitis, yaitu A, B, C, D, dan E. Masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda baik dari gejala yang ditimbulkan maupun cara pengobatannya yang juga beragam. Hepatitis bisa berupa hepatitis virus yang disebabkan oleh infeksi virus maupun dari hepatitis non-virus oleh hepatitis alkoholik serta hepatitis autoimun. Berikut ini akan diulas mengenai kedua perbedaan hepatitis ini, yakni sebagai berikut :

  • Hepatitis Virus

Hepatitis ini diakibatkan karena virus yang masuk ke dalam tubuh. Virus yang masuk ini bisa terjadi melalui penggunaan jarum yang telah terkontaminasi oleh virus (seperti melalui suntikan obat, jarum transfusi, narkoba, tato, dsb). Virus lainnya bisa tersebar apabila melakukan hubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi hepatitis. Selain itu, petugas kesehatan juga bisa saja tersebar virus tersebut jika ia sedang dalam bekerja dengan salah satu pasien yang terinfeksi hepatitis. Infeksi virus hepatitis bisa terkena dampak resiko nya apabila mengonsumsi air minum atau makanan yang tidak aman atau tidak begitu jelas kebersihannya.

  • Hepatitis Non-Virus (hepatitis alkoholik & hepatitis autoimun)
  • Hepatitis Alkoholik

Hepatitis yang disebabkan oleh adanya penggunaan alkohol, dapat melemahkan kerja hati yang membuat Anda lebih rentan untuk terkena infeksi hepatitis. Konsumsi Alkohol apabila terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan lemak dihati yang akan berdampak pada kerusakan hati.

  • Hepatitis Autoimun

Hepatitis ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang hati yang menyebabkan penurunan fungsi hati dan kerusakan hati. Hepatitis ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu hepatitis tipe 1 (lebih umum) dan hepatitis tipe 2.

Penyebab Penyakit Hepatitis

Penyebab Hepatitis disebabkan oleh 5 jenis virus hepatitis yaitu :

  1. Hepatitis A

Penyakit hepatitis A ini umumnya lebih ditularkan melalui makanan dan air minum yang telah terkontaminasi langsung dari feses si penderita hepatitis A yang terkandung oleh virus hepatitis A.

  1. Hepatitis B

Penyakit hepatitis B ini dapat ditularkan melalui cairan tubuh yang terinfeksi virus hepatitis B. Cairan tubuh yang dimaksud dapat menjadi sarana penularan hepatitis B seperti contohnya: darah, cairan vagina, dan air mani.

  1. Hepatitis C

Penyakit hepatitis C ini dapat ditularkan melalui cairan tubuh terutama dengan  melalui bergantian pakai atau berbagi pakai jarum suntik serta berhubungan seksual tanpa dengan kondom dengan penderita hepatitis C yang menyebabkan seseorang dapat tertular.

  1. Hepatitis D

Penyakit hepatitis D ini merupakan penyakit yang jarang terjadi, penyakit ini juga bersifat serius. Penyakit hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis D yang tidak bisa berkembang biak di dalam tubuh manusia tanpa adanya hepatitis B. Hepatitis ini penyebarannya hampir sama dengan hepatitis B dan C yaitu melalui darah dan cairan tubuh lainnya. Baca juga informasi tentang Gejala gejala Penyakit Hepatitis Yang Wajib Diketahui.

  1. Hepatitis E

Penyakit hepatitis E ini mudah terjadi pada lingkungan yang kurang memiliki sanitasi yang baik yang diakibatkan kontaminasi virus hepatitis E pada sumber air. Hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis E.

Nah itulah penyebab penyebab penyakit hepatitis yang perlu diketahui. Semoga dapat memberikan informasi yang berguna untuk kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.