Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kenali Penyebab Penyebab Dari Penyakit Gondok

Penyebab dari timbulnya gondok – Gondok merupakan suatu penyakit yang di tandai dengan munculnya pembesaran pada kelenjar teroid. Atau dapat dikatakan kelenjar yang memiliki bentuk seperti kupu kupu yang terletak di bawah pangkal tenggorokan atau yang berada depan leher.

Penyebab Gondok

Penyakit gondok ini dapat menyerang siapa saja, seseorang yang memiliki faktor keturunan, usia yang bertambah, kehamilan, menopause, dan pengguna obat seperti amiodarone dan juga imunosupresa adalah temasuk seseorang yang dapat dengan mudah terserang penyakit gondok.

Gejala pada gondok.

Pengidap penyakit gondok ini ada yang mengalami gejala dan juga ada yg tidak. Adanya ukuran pada gondok ini bermacam macam. Dari adanya benjolan ini dapat mempengaruhi kondisi pernafasan dan juga dapat memberikan seorang penderita kesulitan dalam menelan makanan. Pembengkakan ini dapat membesar dengan seiringnya waktu berjalan. Gejala gondok lainnya ini dapat menyertai pembengkakan yang meliputi sakit tenggorokan yang terasa sesak, memiliki perubahan suara, dan juga batuk batuk.

Penyebab munculnya penyakit gondok

Mengetahui apa yang menjadi penyebab penyebab gondok ini harus diwaspadai dan dihindari, terkadang pada pemicu penyebab terjadinya penyakit gondok ini memiliki banyak macam. Tetapi ada beberapa faktor umum yang dapat memberikan seseorang terserang penyakit gondok. Antara lain :

  • Merokok

Asap yang di hasilkan dari tembakau ini mengandung senyawa tiosianat yang dapat merusak kemampuan tubuh dalam memanfaatkan iodin, selain itu kandungan rokok juga dapat menjadi penyebab kemunculan penyakit gondok.

  • Kelenjar tiroid

Memiliki kelenjar tiroid yang berkerja secara berlebihan ini atau memiliki penurunan kinerja dapat memicu pembengkakan yang berada pada bagian leher. Hal ini dapat di picu oleh kekurangan zat iodin.

  • Perubahan hormon

Perubahan hormon ini juga bisa menjadi salah satu seseorang terserang penyakit gondok. Dari perubahan hormon ini dapat di sebabkan kerena pubertas, kehamilan, dan juga saat menopause. Ketiga hal tersebut dapat memberikan seseorang perubahan hormon yang sangat signifikan sehingga dapat berpengaruh mengalami pembengkakan pada bagian leher atau gondok.

  • Kekurangan zat yodium

Dari kurangnya zat yodium ini dapat mempengaruhi kerja pada kelenjar tiroid yang semakin menurun. Pada kandungan zat yodium dapat di temukan dari kandunga ikan, tiram, kerang, rumput laut, sereal, susu sapi dan juga biji bijian. Karena kandungan yodium ini di butuhkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Sehingga seseorang yang memiliki cukup kandungan iyodium dalam tubuh ini akan terhindar dari serangan penyakit gondok.

  • Pengaruh dari kanker tiroid

Dari adanya kanker tiroid pada seseorang ini dapat memberikan seseorang permasalahan pada kelenjar tiroid yang dapat mengundang seseorang memiliki pembengkakan yang berada pada leher.

  • Memiliki kerja pada kelenjar tiroid yang berlebihan.

Hipertiroidisme ini dapat dipicu oleh penyakit hasimoto, hal ini merupakan kondisi autoimun yang di sebabkan oleh penyakit graves. Penyakit gondok ini akan muncul bila pada kelenjar tiroid ini memiliki kerja yang secara berlebihan pada tubuh.

  • Di pengaruhi oleh obat litium

Obat litium ini berguna untuk menangani seseorang yang sedang mengalami depresi dan juga gangguan bipolar. Adanya obat litium yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan ini dapat memicu resiko seseorang terkena penyakit gondok.

Komplikasi pada penyakit gondok.

Penyakit gondok dapat menimbulkan komplikasi antara lain :

  • Sepsis
  • Penekanan pada pita suara
  • Lifoma
  • Rasa nyeri
  • Peradangan
  • Dan kematian pada jaringan.

Baca juga informasi tentang 3 Makanan Yang Dapat Mencegah Penyakit Gondok.

Nah demikian informasi yang dapat kami bagikan ini seputar penyebab penyakit gondok. Semoga bermanfaat.

Source : www.healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.