Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Penyebab Penyakit Kista Yang Wajib Diketahui

Penyebab Kista

Penyebab Kista Yang Perlu Diketahui – Penyakit Kista adalah suatu penyakit dengan adanya benjolan yang membesar berisikan cairan akibat terjadinya suatu organ tubuh yang mengalami masalah pada kesehatannya. Organ tubuh yang paling sering terjadi yaitu terjadi pada wanita tepatnya pada daerah rahim yaitu indung telur atau ovarium.

Selain penyakit kista ovarium, kista juga menyerang pada organ tubuh lainnya seperti kista pada kulit,pergelangan tangan, ginjal, hati, payudara, rahim, serviks, dll.

Penyakit kista pada wanita ini akan terganggu keberadaannya apabila wanita tersebut dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari , terutama apabila ia sedang datang bulan. Kista ini akan sangat tergganggu apabila semakin membesar bahkan pecah yang dapat menimbulkan bahaya serius seperti kanker.

Mayoritas wanita pernah memiliki kista apalagi jika wanita tersebut masih haid.  Kemungkinan bisa saja terjadi sekali dalam seumur hidupnya. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga wanita tersebut bisa terkena atau tidak.

 Wanita memiliki 2 indung telur yaitu sisi kanan dan sisi kiri. Ukuran normal dan bentuknya sebesar biji kenari atau kacang almond. Indung telur berisi ribuan telur yang masih muda (follicle) dan setiap bulannya membesar dan menjadi telur yang matang.

Pada saat peristiwa ovulasi inilah telur yang matang akan keluar dari indung lalu bergerak ke rahim lewat saluran telur. Penyebab kista terjadi inilah adanya gangguan pada proses ovulasi yaitu pada sel telur matang yang tidak dibuahi, maka sel telur muda akan mengecil dan hilang dalam waktu ±3 minggu dan akan terus berulan sesuai dengan siklus haid pada wanita. Lihat informasi terkait tentang Gejala gejala Yang Ditimbulkan Oleh Penyakit Kista.

 Apa saja yang menjadi penyebab dari penyakit kista

Faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab resiko penyakit kista, yaitu :

  • Genetik

Faktor ini mungkin bisa dari karena salah satu dari anggota keluarga yang pernh menderita salah satu penyakit dari kanker ovarium ataupun payudaras

  • Kebiasaan merokok
  • Mengonsumsi obat seperti untuk kesuburan atau terapi ganti hormon
  • Belum pernah hamil
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Tumor (paling umum)

–    Sistem kekebalan tubuh melemah

–     Penyakit diabetes

–     Infeksi

–     Kesalahan pada perkembangan embrio

–     Cacat sel

–     Peradangan yang parah

–     Cedera

–     iritasi kimiawi

–     pertumbuhan sel yang tidak normal

Sebagian besar, kemungkinan penyebab kista karena adanya tunor jinak yang menghalangi pada sistem pembuangan air dalam tubuh secara alami. Namun, penyakit kista juga dapat terjadi karena tumor yang tumbuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui pengetahuan lebih akan penyakit ini, dan juga akan lebih baik apabila sudah terjadi gangguan kesehatan diperlukan beberapa metode dari dokter serta ahli kesehatan di rumah sakit.

Untuk Anda yang belum menderita penyakit ini untuk lebih sangat peduli lagi pada kesehatannya, karena apa?? Karena kista merupakan penyakit yang menimbulkan gangguan kesehatan apabila ukuran kista tersebut sudah cukup besar hingga pihak medis mungkin saja melakukan tindakan operasi atau tindakan pengangkatan kista.

Dalam pengobatan juga dapat dilakukan dengan beberapap cara, dapat dilihat terlebih dahulu penyakit kista jenis apa, letak kista besar kecil ukurannya, hingga gangguan apa yang ditimbulkan. Lihat informasi penting tentang Obat Herbal Kista Ovarium Tanpa Operasi.

Saran terbaik yang bisa Anda lakukan dengan mendeteksi keberadaan kista serta rutin dalam memeriksakan diri ke dokter dengan pemeriksaan panggul untuk mencegah terjadinya pertumbuhan kista pada ovarium, serta Anda lebih memperhatikan siklus menstruasi dalam tiap bulannya.

Source : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.