10 Faktor Penyebab Kanker Payudara Yang Perlu Diperhatikan

Penyebab Kanker Payudara

10 faktor penyebab kanker payudara yang perlu diperhatikan – Fakta mengejutkan tentang penyakit kanker payudara dimana setiap tahunnya terdapat 1 dari 8 wanita meninggal disebabkan oleh penyakit kanker payudara ini. Dinegara Amerika mencatat bahwa penyakit kanker payudara ini berada di peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan bagi kaum wanita. Pada tahun 2013 terdapat lebih dari 200.000 orang yang terdiagnosa penyakit kanker payudara ini. Namun tidak semuanya dialami oleh kaum wanita, penelitian membandingkan kurang lebih 1 dari 1000 pria mengalami penyakit kanker payudara.

Memang kasus yang di alami oleh pria tidak sebanyak wanita hal ini dikarenakan pada tubuh wanita lebih banyak mengandung hormon prestogren dan estrogen dibandingkan pria. Akan tetapi jika hal ini terjadi pada pria maka pertumbuhan sel kanker akan menjadi lebih cepat karena jaringan jaringan pada payudara pria tidak setebal yang terdapat pada wanita.

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Payudara

Oleh sebab itu sangat penting mengetahui penyebab penyebab dari penyakit kanker payudara ini sehingga dapat menjauhi guna meminimalisir resiko kanker payudara terjadi pada diri Anda. Berikut penyebab penyebab penyakit kanker payudara yang paling sering terjadi, antara lain :

1. Benjolan Pada Payudara

Benjolan pada payudara memang belum dipastikan sebagai penyebab dari kanker payudar, namun benjolan tersebut bisa saja merupakan pemicu dari penyakit ini. Risiko kanker payudara akan semakin tinggi jika pertumbuhan pada benjolan tersebut tidak wajar.

2. Paparan Radiasi

Penyebab kanker payudara berikutnya adalah paparan sinar radiasi. Paparan sinar radiasi dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh Anda, sinar radiasi akan menjadi gelombang magnetik yang memicu pertumbuhan sel normal menjadi sel sel mutase yang dapat membentuk sel karsinogetik. Sinar radiasi tersebut dapat berasal dari ct scan atau rotgen pada saat melakukan pengobatan lainnya, pancaran radiasi telepon genggam.

3. Faktor Usia

Semakin tua usia seseorang maka risiko terkena penyakit kanker payudara akan semakin besar. Biasanya kanker payudara lebih sering dialami oleh wanita dengan usia 50 tahun keatas yang telah mengalami masa menopause. Meskipun demikian untuk wanita wanita muda harap berhati hati, karena sekarang banyak kasus penyakit kanker payudara yang terjadi pada wanita muda diakibatkan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat.

4. Faktor Keturunan

Jika keluarga Anda seperti Ibu ataupun saudara kandung pernah mengalami penyakit kanker payudara maka hal ini dapat pula terjadi pada Anda. Untuk itu waspadai dan segera diperiksakan ke dokter apabila menemukan hal yang tidak seperti biasanya pada payudara Anda.

5. Obesitas

Selain dapat mengakibatkan masalah buruk di tubuh, ternyata obesitas dapat menyebabkan penyakit kanker payudara. Hasil studi yang dilakukan organisasi perlindungan kanker payudara nasional di Amerika Serikat mengungkapkan jika wanita yang lebih sering mengkonsumsi produk lemak dalam jumlah yang tinggi memiliki risiko terkena penyakit kanker payudara yang lebih tinggi.

6. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol

Minuman alkohol sangat tidak baik untuk tubuh manusia, selain dapat merusak ginjal ternyata minuman beralkohol ini dapat memicu resiko penyakit kanker payudara. Minuman beralkohol dapat memicu pertumbuhan hormon progesteron dan estrogen menjadi lebih cepat sehingga perubahan sel pada jaringan payudara akan semakin cepat pula.

7. Makanan yang tidak sehat

Makanan dapat menjadi penyebab yang cukup signifikan dari penyakit kanker payudara ini. Umumnya seorang yang menderita penyakit kanker payudara ini kurang mengkonsumsi buah dan sayuran yang merupakan sumber serat, vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Malah sebaliknya orang orang jaman sekarang lebih sering mengkonsumsi makanan pemicu sel kanker seperti fast food dan junk food.

8. Perokok Aktif

Tidak usah dipungkiri kalau merokok merupakan salah satu penyebab dari penyakit kanker payudara. Karena rokok mengandung zat zat berbahaya yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

9. Malas berolahraga

Olah raga yang baik dan rutin dapat menjaga kesehatan tubuh manusia dan menyehatkan jantung. Orang yang malas berolahraga makan akan lebih besar risikonya terkena banyak penyakit, salah satunya penyakit kanker payudara.

10. Polusi Udara

Polusi udara merupakan salah satu faktor penyebab penyakit kanker payudara. Beberapa bahan kimia yang tercampur pada udara dapat memicu perkembangan sel kanker. Contohnya zat kimia yang berasal dari pengarum ruangan, kosmetik, deterjen dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Serta polusi udara yang berasal dari asap pabrik ataupun asap kendaraan secara tidak langsung menjadi bagian dari penyebab penyakit kanker payudara ini.

Lihat juga artikel terkait tentang Deteksi Dini Kanker Payudara Sebelum Terlambat.

Nah sudah tahu bukan 10 penyebab penyakit kanker payudara ini. Semoga setelah mengetahuinya dapat membantu Anda dalam mencegahnya dan mengurangi risiko penyakit kanker payudara ini. Terima kasih.

Source : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.