6 Penyebab Kanker Paru Paru Ini Perlu Diwaspadai

Penyebab Kanker Paru

6 penyebab kanker paru paru yang perlu diwaspadai – Kanker paru-paru adalah suatu penyakit dengan jenis kanker yang umum sering terjadi di Indonesia dengan adanya sel-sel tumbuh yang tidak terkendali di dalam paru-paru. Penyakit ini banyak terjadi pada kaum pria yang tergolong aktif maupun pasif dalam merokok. Perlu Anda ketahui tentang fungsi utama dari paru-paru adalah untuk membantu oksigen yang Anda hirup untuk masuk dan dialiri ke sel darah merah. Lalu kemudian dari sel darah merah membawa oksigen tersebut ke seluruh tubuh untuk digunakan dalam sel yang ditemukan pada organ dan jaringan.

Paru-paru juga berfungsi menyingkirkan gas karbon dioksida ketika Anda bernafas, mengubah pH darag dengan menaikkan atau bahkan menurunkan jumlah karbon dioksida dalam tubuh. Namun apa yang akan terjadi jika paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik hingga dapat menimbulkan kerusakan paru-paru yang diakibatkan karena merokok?

Yang akan terjadi yaitu dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Orang yang kemungkinan besar teresiko penyakit tersebut yaitu orang dengan kebiasaan merokok, tepatnya pada perokok aktif. Tetapi, orang yang tidak merokok pun (perokok pasif) juga dapat terkena dampaknya meskipun lebih rendah jumlahnya.

Asap rokok yang dihisap mengandung ± 60 zat beracun dikenal dengan karsinogenik  yang dapat memicu perkembangan sel kanker. Zat beracun tersebut seperti contohnya pemakaian nikotin dalam insektisida serta juga yang digunakan dalam pembuatan aspal pada jalanan.

Awalnya, tidak terdapat gejala kanker paru-paru yang jelas. Namun kemudian gejal tersebut seperti dengan batuk yang berkelanjutan atau bahkan hingga batuk tersebut mengeluarkan darah, terasa kehabisan nafas, kelelahan tanpa sebab dan bisa menimbulkan penurunan berat badan.

6 Penyebab Kanker Paru Paru

Untuk mengetahui penyebab kanker paru-paru dengan lebih rinci. Ada baiknya Anda untuk simak pembahasan tersebut di bawah ini.

Adapun faktor – faktor yang termasuk dapat menjadi penyebab kanker paru-paru yaitu :

  1. Merokok

Kebiasaan dalam merokok adalah faktor utama penyebab kanker paru-paru karena pada kasus yang terjadi hampir 90% orang Indonesia khususnya kaum pria. Tembakau serta asap dari rokok mengandug ± 7000 bahan kimia yang bersifat karsinogenik seperti nikotin, nitrogen oksida, dan karbon monoksida. Apabala terhirup akan memicu perubahan jaringan paru-paru hingga bahkan menyebabkan kanker paru-paru apabila Anda sering merokok.

  1. Genetika

Faktor genetika atau faktor keturunan dari keluarga juga menjadi faktor untuk Anda mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru walaupun Anda tidak merokok.

  1. Usia

Mengapa usia juga termasuk menjadi faktor penyebab kanker paru-paru? Ya, karena kanker paru-paru ini di diagnosis terjadi pada orang dewasa yang lebih tua sekitar usia 70 tahun-an. Apabila seseorang tersebut bertambah usia dengan semakin tua dan sering terpapar dengan bahan kimia berbahaya seperti rokok, akan meningkatkan resiko timbulnya kanker. Lihat artikel tentang 10 Tanda Awal Penyakit Kanker Paru Paru.

  1. Asap rokok

Perokok pasif seperti Anda yang terhirup asap rokok yang ada disekitar juga menjadi faktor penyebab, seperti tempat bekerja, angkutan umum, restoran, daerah rumah, dll. Menurut WHO diperkirakan tingkat kematian meningkat sekita 600.000 jiwa/tahun termasuk juga pada anak-anak.

  1. Riwayat penyakit paru-paru sebelumnya seperti TBC

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis kronis, dan emfisema jug a bisa terkena resiko lebih besar terkena kanker paru-paru dengan riwayat penyakit kronis jenis itu.

6. Polusi Udara

Yang tergolong dalam polusi udara yaitu polusi yang berasal akibat asap dari bakaran sampah,  kendaraan, dll. Polusi udara ini sangat berbahaya bila terhirup oleh tubuh manusia karena dapat merusak fungsi paru paru dan dapat menyebabkan penyakit kanker paru paru.

Itulah 6 penyebab penyakit kanker paru paru yang dapat kami bagikan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Source : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.