7 Penyebab Kanker Darah / Leukimia Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Penyakit Kanker Darah

Leukimia merupakan suatu penyakit darah di dalam tubuh yang menyebabkan sel darah menjadi tidak normal yaitu terjadinya pembentukan sel darah putih yang berlebihan. Apabila hal ini terjadi, maka akan merugikan produksi sel darah lainnya yaitu sel darah merah dan keping darah/trombosit menjadi menurun hingga dapat menimbulkan leukimia.

Leukimia biasa disebut dengan kanker darah putih yang termasuk ke dalam jenis kanker dimana tingkat keganasannya yang menyerang sumsum tulang. Sel darah putih dalam tubuh mempunyai peran yang penting yaitu berperan dalam melawan penyakit yang hendak masuk ke tubuh. Namun, bila kelebihan sel darah putih.. Lalu, dampak apa yang akan ditimbulkan? Nah, dampaknya yaitu bukan menjadikan tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit tetapi malah kebalikannya yaitu akan menimbulkan penyakit berbahaya. Penyakit itu yang dinamakan leukimia.

Di dalam tubuh umumnya terdapat tiga jenis sel darah yaitu Pertama, sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen. Kedua, trombosit yang berfungsi untuk membuat darah dapat membeku apabila terdapat luka ringan (membekukan darah pada luka). Ketiga, sel darah putih yang memberi kekebalan tubuh dan membantu tubuh dari jangkauan infeksi penyakit. Sel darah putih ini  terdapat lima jenis yaitu basofil, eosonofil, neutrofil, limfosit, dan monosit.

Sel darah putih yang dimiliki orang dewasa umumnya memiliki ±11.000 sel darah putih (leukosit). Apabila sel darah putih ini berlebih maka akan mengganggu kinerja organ di dalam tubuh. Penyakit leukimia ini, penderit akan merasakan gangguan kesehatan seperti pada bagian tubuh tepatnya pada kulit yang terdapat memar. Memar ini berarti ketidakmampuan tubuh untuk membekukan darah, sehingganya kulit dapat memar tanpa sebab.

7 Penyebab Penyakit Kanker Darah Leukimia

Untuk mengetahui apa saja penyebab penyakit leukimia tersebut. Berikut ini akan hadir ulasan yang dapat Anda ketahui dan Anda pahami, yakni :

  1. Adanya mutasi DNA di dalam sel yang membentuk leukosit pada sumsum tulang. Hal yang dapat memicu mutasi gen  yaitu :
  • Bisa bersifat keturunan dari lahir (riwayat keluarga)
  • Mutasi gen yang dapat muncul setelah lahir, bisa dikarenakan terkena paparan kimia atau racun, mikroorganisme penyebab penyakit, radiasi dari sinar UV atau bahkan sinar X serta dapat dikarenakan oleh hormon, obesitas, dan kurang berolahraga.
  1. Kelainan genetik seperti down sindrom berkaitan dengan peningkatan resiko leukimia
  2. Jenis kelamin. Laki-laki umumnya lebih beresiko terkena daripada wanita.
  1. Faktor Usia. Resiko terjadi leukimia meningkat apabila juga meningkatnya dengan usia seseorang
  1. Sistem imun tubuh yang rendah. Sistem kekebalan tubuh  yang rendah pada seseorang akan membuat tubuhnya rentan terserang penyakit, termasuk penyakit leukimia. Hal ini terjadi mereka yang mengonsumsi obat-obatan penekan sistem imun dalam menjalani transplantasi organ.
  2. Terapi radiasi dalam menangani kanker apabila digunakan juga dapat memicu penyakit leukimia. Selain itu, Kemotrapi juga memberikan radiasi dalam menyembuhkan kanker.
  3. Merokok. Kita tahu bahwa rokok juga memicu terjadinya kanker paru-paru. Namun dalam hal ini merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker darah leukimia.

Baca juga artikel terkait tentang 5 Gejala Penyakit Leukimia Yang Perlu Diketahui.

Setelah mengetahui bagaimana penyebab penyakit kanker darah diatas,  ada baiknya untuk Anda yang tidak terkena penyakit ini untuk bisa selalu menjaga pola hidup yang sehat serta selalu menerapkan kebiasaan yang baik serta selau berhati-hati agar terhindar dari resiko terkena penyakit tersebut. Semoga bermanfaat.

Source : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.