Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kenali Penyebab Batu Empedu Sejak Dini

Kenali Penyebab Batu Empedu

Kenali penyebab batu empedu sejak dini – Batu empedu merupakan suatu gangguan kesehatan yang pada awalnya terjadi dengan tidak disertakan gejala. Seperti yang dilansir pada kasus yang telah terjadi yakni, hampir 50% penderita batu empedu tidak merasakan adanya sutau gejala yang ditimbulkan, lalu 30% penderitanya sudah merasakan adanya suatu gejala dan sisanya 20% baru berkembang terhadap komplikasi.

Kita tahu bahwa empedu merupakan campuran dari asam empedu, garam kalsium, lemak, pigmen dan protein, yang juga sering biasa disebut dengan kolesterol.

Namun, empedu disini terjadi karena mengalami suatu kelainan dengan terbentuknya batu. Yang mana batu ini diketahui berasal dari endapan kolesterol, garam kalsium dan pigmen bilirubin yang mengeras. Tetapi batu empedu lebih banyak terjadi akibat dari endapan kolesterol.

Batu empedu sendiri memiliki bentuk dan warna yang bervariasi. Seperti batu empedu yang terbentuk dari kolesterol akan terlihat berwarna kuning mengkilat seperti halnya minyak, sedangkan batu empedu yang terbentuk dari pigmen bilirubin akan tampak keras dan terlihat berwarna hitam atau kecoklatan tua. Lihat juga info penting tentang Obat Tradisional Penghancur Batu Empedu.

Belum dapat diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya batu empedu. Namun, bisa dipastikan bahwa penyebab batu empedu ini terjadi karena akibat dari faktor obesitas atau berkelebihan berat badan.

Faktor Penyebab Batu Empedu

Akan tetapi bisa Anda ketahui bahwa faktor lainnya yang menjadi penyebab batu empedu ini terjadi, yaitu seperti:

  1. Jenis Kelamin

Faktor ini beresiko besar untuk lebih terjadi pada kaum wanita yakni beresiko 2x lebih besar daripada kaum pria, seperti halnya dari: faktor kesalahan diet, kehamilan, melahirkan dan mengonsumsi pil sebagai pengendali kehamilan dari hormon estrogen yang diproduksi yang diketahui sebagai faktor pemicunya.

Untuk faktor melahirkan pada wanita cukup beresiko tinggi, karena penyebabnya diketahui dapa memicu meningkatnya kadar kolesterol dari perubahan hormon estrogen sewaktu kehamilan.

  1. Faktor Usia

Baik pria ataupun wanita yang dengan usia lebih dari 40 tahun, akan beresiko untuk mengalami penyakit batu empedu. Namun, batu empedu akan mengalami peningkatan resiko seiring dan semakin bertambahanya usia.

  1. Penurunan berat badan yang drastis

Selain seseorang yang berkelebihan berat badan atau obesitas, ternyata batu empedu juga beresiko dengan mereka yang mengalami penurunan berat badan yang drastis.

  1. Faktor Keturunan

Faktor keturunan merupakan faktor yang tidak bisa dihindari, sebab faktor keturunan merupakan faktor bawaan dari anggota keluarganya yang dengan mempunyai penyakit yang sama.

  1. Kerap mengonsumsi makan-makanan yang berlemak atau berkolesterol tinggi

Terlebih lagi bagi mereka yang kekurangan serat dalam penerapan pola makannya.

  1. Penderita diabetes dan sirosis juga beresiko untuk mengalami batu empedu
  2. Batu empedu terjadi karena adanya infeksi di usus yang meradang dengan tanpa dirasakan hingga menjalar sampai ke saluran dan kantung empedu, seperti Tifoid atau

Itulah beberapa faktor yang diketahui menjadi penyebab batu empedu. Untuk itu, perlu untuk kita lakukan upaya dalam mengatasi resikonya agar seminimal mungkin untuk tidak kembali terjadi, yakni dengan melakukan beberapa upaya pencegahan batu empedu seperti:

  • Menurunkan berat badan tubuh dengan perlahan yakni kurang lebih 0.5 – 1 kg per minggu. Untuk mencapai berat badan yang ideal, diperlukan untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dan juga dengan menambah aktifitas fisik yang dilakukan.
  • Mengawasi asupan makanan yang dikonsumsi, seperti menjauhi untuk mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh. Melainkan dengan beralih mengonsumsi makanan sehat dan diet seimbang yang tinggi serat, seperti buah dan sayuran hiju. Baca juga info tentang Makanan Makanan Penyebab Batu Empedu.
  • Cukup mengonsumsi air putih yaitu sekitar 6-8 gelas per harinya.

Itulah sedikit informasi tentang penyebab penyakit batu empedu yang dapat kami bagikan, besar harapan kami agar informasi sederhana ini dapat bermanfaat dan membantu banyak orang sehingga terbebas dari penyakit batu empedu ini.

Source: www.medicalnewstoday.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.