7 Pantangan Makanan Bagi Penderita Asma Yang Perlu Diketahui

Pantngan makanan penderita asma

7 PANTANGAN MAKANAN PENDERITA PENYAKIT ASMA – Mengetahui pantangan makanan adalah merupakan sesuatu yang bijak, selain dapat mencegah keparahhan pada keadaan, mengetahui pantangan makanan apa saja yang tidak boleh di konsumsi juga akan membantu menghindari kambuhnya penyakit asma secara berulang ulang.

Penyakit asma, penyakit asma yang dapat mengenai siapa saja. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini  akan dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian dada, mudahnya mengalami rasa lelah, dan juga sesak pada nafas. Penyakit asma ini sulit di sembuhkan secara total , namun gangguan gangguan pada asma dapat di cegah dengan menghindari makanan yang dapat memicu asma.

7 Pantangan Makanan Penderita Asma

  1. Mengkonsumsi makanan instan

Pantangan makanan penderita asma yang pertama adalah makanan instan. Makanan yang memiliki banyak pengawet ini sangat berbahaya bagi penderita penyakit asma, karena pada bahan pengawet akan memberikan saluran pada pernafasan menjadi terganggu .

  1. Mengkonsumsi susu

Bagi sebagian penderita asma susu ini dapat menjadi minuman yang sangat baik dan juga minuman yang sangat buruk, mengkonsumsi ini dapat dapat mengakibatkan alergi seperti kesulitan bernafas, nyeripada bagian dada, dan hal ini dapat mengakibatkan sesorang kekurangan oksigen dan menyebabkan kematian. Kandungan yang berada susu yaitu vitamin D dan juga kalsium akan memperburuk keadaan penderita asma.

  1. Mengkonsumsi telur

Reaksi saat mengkonsumsi telur ini dapat menyebabkan penderita merasakan sakit kepala, sesak nafas, mual, muntah, rasa gatal, kulit keriput dan juga rasa panas. Namun sebagian penderita asma masih bisa mengkonsumsi telur bila tidak mengalami alergi.

  1. Olahan kentang

Olahan kentang ini dapat berupa gorengan kentang maupun kentang berada dalam kemasan. Kentang yang sudah terkena bubu kemungkinan mengandung sulfit hal ini dapat membuat kerja pada paru paru ini berkerja tidak baik sehingga lendir akan menutupi saluran pada pernafasan atas. Disarankan memilih kentang yang belum tersimpan lama.

  1. Mengkonsumsi makanan asin

Mengkonsumsi makanan asin ini akan menimbulkan efek yang sangat cepat bagi penderita asma. Saat mengkonsumsi makanan asin bagi penderita asma akan dapat mengakibatkan saluran pada pernafasan mengalami penyempitan. Pada garam dapat membuat lendir pada pernafasan ini mengalami penumpukan dan kemungkinan akan membuat penderita asma kesulitan untuk bernafas. Lebih baik bagi para penderita asma ini mengkonsumsi olahan yang di buat sendiri.

  1. Acar

Acar merupakan makanan yang sudah diolah dalam bentuk fermentasi. Pada dasarnya acar yang telah melewati proses fermentasi ini dapat mengakibatkan zat sulfit yang dapat memecu penderita asma mengalami susah nafas, zat pada sulfit juga dapat menyebabkan alergi seperti muntah, mual, dan mengalami sakit perut. Jadi sangat amat di perhatikan makanan yang akan di konsumsi oleh penderita penyakit asma.

  1. Mengkonsumsi buah jeruk dan tomat

Sebagian orang normal mengkonsumsi buah jeruk dan tomat memanglah sehat, tapi lain halnya dengan para penderita asma. Pada buah tomat ini memiliki asam sitrat yang alami yang baik pada tubuh dan juga dapat menimbulkan serangan asma, karena hal ini dapat menghambat pernafasan. Pada penderita asma ini dapat memilih buah yang kaya akan oksidan seperti anggur merah, berri, plum dan juga kiwi. Sehingga pada penderita asma tidak disarankan dalam mengkonsumsi buah jeruk dan juga tomat.

Lihat artikel terkait tentang 8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Asma.

Para penderita penyakit asma ini dapat terhindar dari seranggan bila telah melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan serangan asma itu kambuh lagi. Tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi terjadinya serangan asma.

Source : www.healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.