Pantangan Makanan Dan Minuman Bagi Penderita Batu Ginjal

Makanan tertentu bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal, dan ada beberapa makanan yang malah bisa mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Kali ini kita akan mempelajari makanan dan minuman apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita batu ginjal.

Tips Bagi Penderita Batu Ginjal

Selain dengan menghindari pantangan makanan dan minuman penderita batu ginjal yang akan kami jelaskan, ada dua tips penting untuk penderita batu ginjal.

1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tak larut

Dalam kasus pasien batu ginjal, serat tak larut merupakan hal yang penting untuk mengurangi kadar kalsium dalam urin, yang akhirnya dapat mencegah batu ginjal semakin membesar atau bertambah banyak.

Serat tak larut dapat dijumpai pada gandum, padi dan terigu. Serat tak larut akan mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak akan dikeluarkan melalui ginjal.

2. Perbanyak asupan cairan

Cairan adalah faktor yang penting untuk pencegahan perkembangan dan pembentukan batu ginjal. Cairan terbaik yang harus Anda minum adalah air putih. Jauhi soft drink dan minuman kemasan yang akan semakin memperparah keadaan Anda.

Air putih yang cukup dalam tubuh, dapat meluruhkan mineral penyebab batu ginjal untuk dikeluarkan bersama dengan air seni. Penderita batu ginjal harus minum air putih minimal 10 gelas sehari. Tolok ukur yang lain adalah pasien harus bisa buang air kecil kurang lebih 2,5 liter dalam sehari.

Jadi asupan cairan dapat disesuaikan dengan kondisi pasien. Misalnya jika pasien lebih banyak berkeringat karena aktivitas fisik atau akibat cuaca yang panas, maka asupan cairan bisa lebih diperbanyak.

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Batu Ginjal

pantangan makanan penderita batu ginjal1. Asupan Kalsium

Bagi penderita batu ginjal kalsium, asupan kalsium per hari harus diperhatikan yakni tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak, agar tidak semakin memperparah kondisi. Batas asupan kalsium maksimal adalah 800 mg/hari untuk pria dan 1.200 mg/hari untuk wanita.

Namun batasan kalsium harian bisa berbeda-beda untuk masing-masing individu, tergantung dari beberapa faktor, misalnya usia. Dokter biasanya akan menyarankan jumlah pastinya, seberapa banyak pasien batu ginjal boleh mengkonsumsi kalsium dalam sehari.

Sumber makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi adalah: ikan sarden, salmon, brokoli, tahu, almond dan susu kedelai.

2. Batasi Asupan Oksalat

Seperti dengan halnya kalsium, oksalat yang masuk ke dalam tubuh jika berlebihan dapat membentuk kristal penyebab batu ginjal.

Oleh karenanya pasien batu ginjal perlu untuk mengurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi sama sekali produk makanan dan minuman yang kaya akan kandungan oksalat. Pasien batu ginjal tidak boleh mengkonsumsi oksalat lebih dari 50 mg/hari, untuk mencegah penyakit semakin memburuk.

Pantangan makanan dan minuman yang tinggi akan kandungan oksalat seperti: bir hitam, teh hitam, produk dengan bahan utama cokelat, kopi instan, semua produk kedelai, selai kacang, biji wijen, strawberry, gandum dan bayam.

3. Natrium

Perhatikan asupan natrium harian Anda, karena konsumsi natrium yang berlebih pada akhirnya membuat jumlah kalsium yang keluar melalui ginjal menjadi berkurang, sehingga berisiko menyebabkan batu ginjal.

Bagi pasien yang menderita batu ginjal kalsium, maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi natrium lebih dari 2.500-3.500 mg/hari.

Makanan dan minuman tinggi natrium yang menjadi pantangan bagi penderita batu ginjal adalah: garam, makanan kaleng dan produk kemasan.

4. Protein dari Hewan

Bagi penderita batu ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi protein hewani terlebih dulu, hingga batu ginjal sudah hilang. Karena protein hewani bisa memicu beberapa jenis mineral dalam urin untuk membentuk batu ginjal.

Tapi tentunya Anda tidak ingin kehilangan asupan protein untuk aktivitas sehari-hari. Sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumi protein nabati.

5. Vitamin C
Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi oksalat akibat proses metabolisme tubuh. Oksalat yang berlebihan dalam tubuh dapat membentuk kristal yang mengarah ke batu ginjal.

Oleh karenanya pasien batu ginjal tidak mengkonsumsi suplemen Vitamin C. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan, namun juga dalam jumlah yang perlu dibatasi.

Dengan mengkuti pantangan makanan dan minuman di atas, penderita batu ginjal akan semakin cepat pulih dari berkat pengobatan yang dijalani. Untuk menghancurkan batu ginjal Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, operasi atau dengan menggunakan obat herbal penghancur batu ginjal.

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.