Olah Raga Ringan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

olah raga yang menyehatkan jantungOlah raga ringan untuk kesehatan jantung – Jantung adalah organ paling vital di dalam tubuh manusia, dan jantung terdiri dari otot otot jantung dimana otot tersebut akan lebih kuat dan sehat jika anda menjalani kehidupan dengan aktivitas yagn sehat. Tidak pernah ada kata terlambat bagi anda untuk memulai berolah raga, dan untuk mendapatkan jantung yang sehat anda tidak perlu menjadi seorang atlit. Anda cukup melakukan jalan cepat selama 30 menit sehari itu sudah cukup memberikan dampak kesehatan yang besar bagi jantung anda.

Setelah anda melakukannya, anda akan merasakan dampak positif semuanya itu. Orang yang malas atau jarang berolah raga memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang sering berolah raga. Olah raga rutin dan teratur dapat membantu anda dalam mengatasi masalah seperti :

– Membakar kalori

– Menurunkan tekanan darah

– mengurangi LDL atau kolesterol jahat

– Meningkatkan HDL atau kolesterol baik

Olah raga yang baik untuk jantung

Setelah mengetahui dampak positif yang diberikan dari berolah raga terhadap kesehatan jantung, apakah anda sudah siap untuk memulainya? Kami akan memberikan panduan bagi anda untuk memulai olah raga ringan yang baik bagi kesehatan jantung anda.

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah berpikir tentang olah raga apa yang akan anda lakukan, apakah sesuai dengan hobby anda atau cocok dengan anda sehingga anda tidak bosan dalam melakukannya. Kemudian apakah anda lebih suka untuk berolah raga sendiri atau menggunakan pelatih. Selain itu tentukan tempat olah raganya baik di rumah atau di gym, pilihlah tempat yang benar benar membuat anda nyaman untuk melakukan olah raga tersebut.

Pada awalnya lakukan olah raga ringan mungkin seperti melakukan jogging, kemudia secara bertahap ditambah waktunya menjadi lebih lama dan diselingkan dengan lari ringan. Jangan lupa hal yang terpenting adalah untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter dan konsultasikan juga olah raga seperti apa yang dapat anda jalani. Berikut beberapa jenis latihan yang dapat anda lakukan:

– Latihan kardio atau aerobik

Meliputi jogging, berlari, bersepeda dan lainnya. Hal ini bertunjuan untuk meningkatkan denyut jantungĀ  dan pernapasan agar menjadi lebih kuat. Pada saat melakukan olah raga tersebut cobalah untuk berbicara kepada teman anda, jika anda memiliki masalah yang bersamaan pilihlah kegiatan yang lebih ringan seperti berenang.

– Peregangan

Peregangan bertujuan untuk membuat anda menjadi lebih fleksibel. Peregangan dapat dilakukan beberapa kali dalam seminggu setelah anda melakukan pemanasan atau setelah selesai berolah raga.

– Latihan kekuatan

Untuk latihan ini anda dapat menggunakan beban, band resitensi atau berat tubuh anda sendiri seperti yoga. Lakukan latihan ini 2 s.d 3 kali dalam seminggu,berikan waktu istirahat pada otot anda agar mendapatkan pemulihan yang tepat.

Waktu yang baik dalam berolah raga

Olah raga yang baik untuk jantung sebaiknya dilakukan 5 kali dalam seminggu dengan waktu minimal 30 menit. Jika itu kurang maka anda dapat meningkatkannya secara bertahap. Anda dapat menambah durasi waktu latihan anda, yang pasti harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan jantung anda.

Lakukan latihan yang berbeda, hal ini bertujuan agar anda tidak bosan dalam melakukan latihan. Segera hentikan latihan anda dan segeralah periksakan ke dokter jika anda merasakan rasa sakit atau tekanan pada bagian dada, keluar kerngat dingin, kesulitan dalam bernafas, detak jantung sangat cepat atau tidak beraturan, merasa pusing atau sangat lelah.

Baca juga info terkait seputar Obat Herbal Jantung Koroner Ampuh Tanpa Operasi

Itu lah beberapa informasi yang dapat kami bagikan untuk anda yang ingin melakukan olah raga untuk menjaga kesehatan jantung anda. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita semua.

Sumber : www.webmd.com

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.