11 Manfaat Minum Susu Di Pagi Hari

Manfaat minum susu di pagi hari11 Manfaat Minum Susu Di Pagi Hari – Susu merupakan cairan penuh nutrisi yang dihasilkan dari makhluk hidup menyusui yang disebut mamalia termasuk manusia yang menyusui bayinya dengan ASI (Air Susu Ibu). Selain itu semua hewan yang menyusui anaknya seperti sapi, kambing, kuda, monyet juga menghasilkan air susu.

Nah seperti yang kita ketahui umumnya bahwa jenis susu yang paling banyak dikonsumsi manusia adalah susu yang berasal dari hewan sapi karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap antara lain seperti kalsium, vitamin D, fosfor, zinc, kalium, niasin, lemak protein, multivitamin B, riboflavin, dan magnesium. Semua nutrisi ini sangat baik untuk bayi atau anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk mendukung kecerdasan otak, dan daya tahan tubuh termasuk kekuatan tulang dan otot.

Khasiat Mengkonsumsi Susu Di Pagi Hari

Dengan mengkonsumsi satu gelas susu sapi di pagi hari sebelum beraktivitas maka tubuh kita akan mendapatkan 11 manfaat berikut yang akan dijelaskan di bawah ini. Mari kita simak bersama penjelasannya lebih mendetail mulai dari yang pertama hingga yang terakhir.

1. Menguatkan Pertumbuhan Tulang

Kalsium dalam susu sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan sumsum sehingga tubuh akan lebih cepat tinggi dan lebih aktif dalam beraktivitas. Tentunya ini sangat baik untuk anak anak maupun orang tua yang terancam pengeroposan tulang (osteoporosis) untuk mencegahnya cukup dengan meminum segelas susu sapi di pagi hari.

2. Memberikan Tambahan Tenaga dan Stamina

Dengan meminum segelas susu dipagi hari yang dicampur dengan sereal gandum sudah cukup memberikan nutrisi yang lengkap sebagai pengganti makanan sarapan. Jadi susu dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki sedikit waktu di pagi hari untuk tetap dapat menikmati manfaat sarapan sehingga Anda tetap bertenaga dalam menjalan aktivitas.

3. Membuang Racun Dari Dalam Tubuh

Nutrisi dan anti oksidan di dalam susu dapat bertindak sebagai antidot atau penawar racun berbahaya di dalam tubuh. Jika ada seseorang yang mengalami keracunan makanan atau zat tertentu maka pertolongan pertama yang perlu diberikan adalah dengan meminum susu.

4. Melindungi Pertumbuhan Otot dan Sendi

Dengan mengkonsumsi susu secara rutin dapat memberikan nutrisi secara langsung terhadap kesehatan otot dan persendian sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan atau cedera. Susu juga dapat mencegah resiko pengapuran dan arthritis pada otot sekaligus persendian.

5. Menguatkan Pertumbuhan Gigi

Gigi juga termasuk salah satu bagian tubuh yang tersusun dari kalsium sehingga mengkonsumsi susu dapat menguatkan pertumbuhannya dan tidak mudah berlubang. Kesehatan gusi pun juga ikut terjaga dan tidak mudah mengalami peradangan atau gusi berdarah.

6. Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Zat besi yang ada di dalam susu juga bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah sehingga tubuh kita terhindar dari kondisi anemia. Selain itu juga susu dapat membuat tekanan darah menjadi seimbang dan mencegah terjadinya hipotensi (tekanan darah rendah).

7. Meningkatkan Berat Badan

Bagi yang tubuhnya terlalu kurus susu dapat meningkatkan berat badan dengan kandungan lemak yang didalamnya serta meningkatkan kemampuan penyerapan organ pencernaan. Protein yang ada di dalam susu juga dapat menambah massa otot sehingga tidak terjadi penumpukan lemak.

8. Meningkatkan Kemampuan Memori Otak

Kandungan vitamin B12 dan omega-3 yang ada dalam susu dapat meningkatkan kemampuan daya ingat otak sehingga tidak mudah lupa atau pikun, meningkatkan kemampuan kognitif, dan menambah daya konsentrasi sehingga sangat baik untuk anak anak yang sedang bersekolah.

9. Menurunkan Kadar Stress

Senyawa dan enzim di dalam susu dapat menurunkan tingkat hormon kortisol penyebab stress di dalam tubuh sehingga dengan meminum susu dapat membuat pikiran menjadi rileks dan otot otot tubuh tidak terasa tegang. Baca juga informasi tentang Amazon Plus sebagai jus herbal kesehatan.

10. Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak Balita

Anak anak sangat memerlukan susu sebagai stimulan utama dalam mencapai tumbuh kembang keseluruhan dengan optimal. Susu memiliki nutrisi yang sangat lengkap untuk membentuk pertumbuhan yang seimbang sehingga anak balita tidak akan mengalami pertumbuhan yang lambat karena kekurangan nutrisi tertentu.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Susu merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk menutrisi tubuh manusia, selain itu juga ada susu yang berasal dari tumbuhan seperti susu kacang kedelai atau susu kacang almond yang merupakan sumber protein nabati. Susu juga telah banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah 11 Manfaat yang kita peroleh dari mengkonsumsi susu di pagi hari. Semoga informasi sederhana ini dapat meningkatkan minat Anda terhadap susu, karena banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Sumber : www.medicalnewstoday.com

 

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.