7 Manfaat Delima Merah Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Delima MerahDelima merah merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Eropa yang merupakan tempat buah ini berasal. Selain rasanya yang manis menyegarkan, kandungan vitamin dan antioksidan di dalam delima merah ini sangat tinggi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, asam folat, dan punicalagin. Sehingga manfaat delima merah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Dengan menjadikannya makanan penutup sehari hari akan memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh kita dan mencegah penyakit yang berbahaya. Delima merah ini biasanya dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus.

Buah delima merah ini sendiri di Indonesia agak jarang ditemui karena perlu diimpor, sedangkan yang banyak ditemui adalah delima biasa yang berwarna kuning. Sehingga agak sulit untuk mendapatkan delima merah di pasar tradisional.

7 Khasiat Delima Merah Yang Wajib Diketahui

Nah apa saja manfaat dari buah delima merah ini untuk kesehatan tubuh kita? Mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini:

1. Meredakan Masalah Pencernaan

Manfaat buah delima yang pertama dapat membantu meredahkan masalah pencernaan. Gangguan pencernaan seperti asam lambung tinggi, maag, diare, disentri, kolera dan radang pada usus dapat diobati secara alami oleh delima merah. Selain itu delima merah juga dapat melancarkan proses buang air besar karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk mencuci usus.

2. Mencegah Serangan Jantung

Dengan mengkonsumsi delima merah dapat menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh sehingga jantung tetap sehat dan menghindari resiko terjadinya stroke dan serangan jantung. Anti oksidan dalam delima merah juga dapat menghancurkan radikal bebas seperti plak kolesterol penyebab aterosklerosis yang ditandai dengan penyumbatan pembuluh darah yang yang mengancam kesehatan.

3. Menghancurkan Pertumbuhan Sel Abnormal

Anti oksidan di dalam delima merah adalah punicalagin dan flavonoid yang terbukti secara klinis dapat melawan pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker atau tumor. Dengan mengkonsumsi delima merah dapat menekan kadar PSA dalam tubuh dan orang yang terkena diagnosa kanker payudara atai kanker prostat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jus delima merah.

4. Menyehatkan Rongga Mulut

Delima merah yang bersifat anti bakteri dapat menjadi antiseptik yang efektif untuk rongga mulut sehingga dapat mengurangi plak pada gigi dan penyakit lainnya seperti gusi berdarah. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi dapat mencegah terjadinya sariawan atau bibir pecah pecah.

5. Mencegah Radang Persendian dan Osteoporosis

Kandungan kalsium di dalam delima merah dapat mencegah terjadinya penyakit sendi dan tulang seperti osteoarthritis, rematik, dan asam urat. Kandungan enzim dalam delima merah dapat melumasi persendian dan engsel pada tubuh sehingga tidak mudah mengalami peradangan pada sendi atau otot tubuh.

6. Meningkatkan Jumlah Hemoglobin (Hb)

Sel darah merah amatlah penting di dalam tubuh untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel sel tubuh untuk bekerja dengan normal. Delima merah juga mengandung zat besi yang cukup tinggi sebagai bahan pembentuk sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

7. Menurunkan Tingkat Gula Darah Tinggi Penyebab Diabetes

Dengan meminum jus buah delima dapat mengurangi resiko tingginya gula darah penyebab diabetes yang beresiko menyebabkan komplikasi pada jantung atau ginjal. Dengan meminum jus buah delima merah maka gula darah yang berlebihan dapat dikurangi dari dalam tubuh.

Masyarakat Eropa yang sudah sejak lama mengkonsumsi delima merah sudah menjadi bukti nyata sebab beberapa masalah kesehatan di atas tercatat sebagai jumlah yang terkecil di negara negara Eropa. Delima merah juga baik untuk ibu hamil dalam menjaga kesehatan janin sehingga tidak lahir secara prematur dan tidak mengalami kecacatan.

Baca juga artikel tentang 11 Manfaat Minum Susu Di Pagi Hari

Delima merah juga baik untuk penderita alzheimer yang banyak menyerang kaum lanjut usia, selain itu delima merah juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini seperti kulit keriput dan kulit pecah pecah. Delima merah juga dapat menekan produksi hormon kortisol sehingga Anda terhindar dari stress yang melanda, terutama bagi wanita yang mengalami masa menstruasi atau menopause.

Itulah 7 manfaat buah delima merah yang perlu diketahui. Semoga informasi singkat ini dapat menjadi inspirasi Anda dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Source : www.medicalnewstoday.com

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.