Apa Saja Sih Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan?

manfaat daun sirsak untuk kesehatanBuah sirsak tentu merupakan salah satu jenis buah buahan yang sudah jelas tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia. Tanaman ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia, baik mulai dari buahnya hingga daunnya. Bukan itu saja biji sirsak yang beracun terbukti juga dapat digunakan sebagai insektisida alami, serupa dengan biji srikaya. Buah sirsak memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat sehingga sering diolah menjadi jus buah sirsak yang menyegarkan.

Namun, sebagian besar orang menggunakan tanaman sirsak ini hanya pada buahnya saja, sebenarnya khasiat daun sirsak juga melimpah. Daun sirsak dapat digunakan menjadi bahan obat herbal sebab di dalam daunnya terdapat kandungan senyawa yang berguna untuk tubuh. Nah mari kita cari tahu apa saja sih manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Kandungan senyawa yang ada di dalamnya menawarkan segudang khasiat untuk tubuh, bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun dan bisa digunakan menjadi obat penyakit. Adapun beberapa khasiat dari daun sirsak, yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah Munculnya Sel Kanker

Ternyata daun sirsak memiliki 10.000 kali lebih hebat pengaruhnya untuk mencegah kanker bila dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi. Hingga beberapa studi mengatakan kalau daun sirsak dianggap sangat tepat dalam mencegah sel-sel ganas di 12 macam penyakit kanker seperti kanker prostat, usus besar, paru-paru, payudara, dan pankreas.

2. Menangkal Radikal Bebas dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun sirsak pun bisa melawan radikal bebas, menjauhi peradangan yang berbahaya, melindungi stamina,  dan energi tubuh Anda.

3. Insektisida Alami

Daun sirsak pun bisa dimanfaatkan dalam mengatasi serangga yang terdapat di dalam rumah Anda. Salah satu jenis serangga yang sering menjadi masalah di rumah seperti nyamuk, kecoa, semut, dan kutu dapat diusir dengan menggunakan air rebusan daun sirsak yang dikeringkan terlebih dulu.

4. Mengatasi Masalah Kulit

Daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati segala masalah kulit seperti dermatitis atau eksim adalah sebuah kondisi infeksi yang menimbulkan kulit terlihat memerah dan terasa gatal atau perih. Hal ini dikarenakan daun sirsak memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat infeksi jamur, bakteri, atau virus pada tubuh.

5. Mengatasi Penyakit Akibat Peradangan

Daun sirsak berguna dalam mengobati segala penyakit seperti rematik, batuk, demam, masalah pencernaan, gangguan kandungan empedu, diare dan disentri. Yang dimana semua penyakit tersebut diakibatkan peradangan pada bagian tubuh yang terkena.

6. Sebagai Media Kompresi dan Menyembuhkan Luka

Daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai bantuan utama kerika sedang pingsan dan luka. Bukan itu saja daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk kompresi untuk kaki bengkak dan berbagai macam infeksi.

7. Menangani Insomnia

Daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan sistem saraf dan telah terbukti sebagai obat yang tepat untuk menangani insomnia. Sistem syaraf pada tubuh akan menjadi lebih rileks dan bebas dari stress sehingga tubuh dapat istirahat dengan lebih pulas.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun sirsak sangat berguna untuk mereka yang sedang mengidap masalah tekanan darah sebab daun sirsak bisa mendukung untuk mengurangi tinggi tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam daun sirsak dapat mengencerkan darah dan membuka pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga tekanan darah dapat diturunkan.

Baca juga artikel kesehatan tentang Manfaat Alami Buah Zaitun Untuk Kesehatan

9. Mengatasi Sakit Punggung

Sakit punggung selalu kita derita khususnya saat bertambahnya usia dan berolahraga. Memakai obat-obatan kimia untuk mengobati sakit punggung bisa menimbulkan efek samping. Daun sirsak adalah obat herbal yang tepat dalam menyembuhkan sakit punggung tanpa adanya efek samping yang tidak baik.

Itulah ulasan mengenai khasiat daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, tidak salahnya Anda mencoba menggunakan daun sirsak jika mengalami kondisi-kondisi seperti diatas. Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Source : www.livestrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.