Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Alami Buah Zaitun Untuk Kesehatan

Khasiat alami buah zaitunPada artikel kali ini akan di bahas mengenai manfaat buah zaitun untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Buah zaitun merupakan salah satu jenis buah yang terkenal dari benua eropa yang memiliki nama latin Olea Europaea yang dipercaya dapat membuat seseorang awet muda dan berumur panjang jika rutin mengkonsumsinya. Buah zaitun juga sejak lama digunakan oleh bangsawan negara negara eropa untuk merawat kecantikan dan tetap terlihat awet muda.

Tentunya hal ini tidak lepas dari kandungan yang dimiliki oleh buah zaitun itu sendiri yang bermanfaat untuk  kesehatan maupun kecantikan. Buah ini memiliki banyak kandungan seperti anti oksidan hydroxytyrosol, vitamin K, vitamin E, protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, dan energi.

Berkat kandungan tersebut maka tidak heran kalau buah zaitun memiliki banyak manfaat yang begitu besart untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan sekarang buah zaitun sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar masakan menjadi minyak zaitun ataupun obat herbal dan produk produk kecantikan yang alami.

Khasiat-khasiat Buah Zaitun

Nah kira kira apa saja manfaat yang akan kita dapatkan dari buah zaitun ini untuk kesehatan dan kecantikan? Mari kita simak bersama di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Nutrisi anti oksidan hydroxytyrosol dalam buah zaitun hitam dapat menghancurkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Zaitun yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang telah ditemukan untuk ,menghancurkan aterosklerosis dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Tampaknya lemak tak jenuh tunggal, jenis yang ditemukan dalam zaitun, dapat mendorong penurunan berat badan. Konsumsi minyak zaitun telah terbukti dapat menyingkirkan lemak perut dan mengurangi ketidakpekaan insulin.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat untuk pencegahan penyakit kanker. Dengan memberikan pasokan yang kaya nutrisi antioksidan dan anti-inflamasi, buah zaitun dapat membantu kita menghindari segala jenis bahaya seperti stres oksidatif kronis dan peradangan kronis.

4. Menyuburkan Pertumbuhan Rambut dan Melembabkan Kulit

Zaitun hitam kaya akan asam lemak dan antioksidan yang menyehatkan, melembabkan dan melindungi. Kandungan vitamin E telah terbukti untuk melindungi kulit dari sinar matahari sehingga terhindar dari kanker kulit dan penuaan dini.

5. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Secangkir zaitun mengandung sepuluh persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. Hal ini mungkin dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari. Selanjutnya, Vitamin A diyakini efektif terhadap katarak, degenerasi makula, glaukoma dan penyakit mata yang berkaitan dengan usia lainnya.

6. Meningkatkan Glutathione di Dalam Tubuh

Zaitun telah menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan kadar glutathione (salah satu antioksidan utama nutrisi tubuh). Konsumsi pulp zaitun dikaitkan dengan meningkatnya secara signifikan tingkat glutathione dalam darah dan peningkatan kadar antioksidan.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Zaitun, terutama yang berwarna hitam sangat tinggi zat besi. Kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh adalah karena adanya zat besi dalam darah. Jika kita menderita kekurangan zat besi, jaringan pada tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen, dan kita mungkin merasa dingin atau lemah. Besi juga berfungsi penting dalam produksi energi. Hal ini karena zat besi merupakan bagian penting dari sejumlah enzim, termasuk besi katalase, peroksidase besi, dan enzim sitokrom. Untuk melengkapi zat besi tersebut secara menyeluruh, maka harus mendapatkan fungsi yang tepat dari sistem kekebalan tubuh tergantung pada besi yang cukup.

8. Membersihkan Saluran Pencernaan

Kandungan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal dalam buah zaitun hitam. Jika Anda sering mengkonsumsi buah ini akan terhindar dari kanker usus besar. Nutrisi ini membantu mencegah kanker usus besar dengan menetralisir radikal bebas. Secangkir zaitun hitam juga mengandung 17% dari harian serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Artikel terkait 7 Manfaat Alami Buah Blueberry Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah zaitun untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, maka dari itu tidak salahnya Anda mulai menggunakan buah zaitun agar mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen makanan atau obat herbal yang menggunakan bahan dasar buah zaitun dalam mengobati berbagai penyakit yang diderita terutama seputar masalah kardiovaskular seperti darah tinggi, kolesterol, jantung koroner, stroke, dan diabetes melitus.

Sumber : www.livestrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.