7 Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Makanan yang wajib dihindari penderita diabetes7 makanan yang wajib dihindari penderita diabetes – Kadar gula darah tinggi di dalam tubuh atau juga disebut dengan penyakit kencing manis atau dalam istilah medis dinamakan diabetes melitus. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tak terkecuali pria ataupun wanita dari berbagai usia, meski tidak ada riwayat penderita diabetes.

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Tidak terkecuali dengan orang yang tidak mempunyai sejarah diabetes di dalam keluarga. Penyakit diabetes sebenarnya tidak dapat diobati akan tetapi memang dapat diatur dengan pola hidup yang sehat serta pola hidup yang sehat seperti menyembuhkan diabetes secara alami.

7 Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Diabetes

Inilah sejumlah pantangan makanan yang wajib dihindari bagi pasien diabetes, yaitu :

1. Gula Tebu

Gula tentu menjadi musuh utama bagi penderita diabetes karena berdampak langsung terhadap kadar gula di dalam darah dan efeknya sangat cepat dirasakan. Oleh karena itu sebisa mungkin menghindari makanan dengan tambahan gula untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh tidak semakin tinggi.

2. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Karbohidrat yang ada di dalam makanan pokok seperti nasi putih, sagu, singkong adalah salah satu jenis makanan yang harus dikonsumsi dalam jumlah sedikit untuk penderita diabetes. Hal ini karena enzim ptialin yang ada di dalam air liur manusia akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa (gula) yang tentunya akan berdampak terhadap peningkatan gula darah dalam tubuh yang berbahaya bagi penderita diabetes melitus.

3. Daging yang Mengandung Kadar Lemak Jenuh Tinggi

Daging ini antara lain ialah daging bebek, kambing, sapi, dan burung yang sangat beresiko menimbulkan gangguan metabolisme di dalam tubuh karena dapat menyebabkan resistensi insulin yang dimana zat gula tidak dapat diubah menjadi glikogen / energi sehingga menumpuk di dalam tubuh. Lemak jenuh dan kolesterol di dalam daging tersebut juga dapat menyebabkan peningkatkan kolesterol dan gangguan kardiovaskular lainnya seperti darah tinggi atau aterosklerosis.

4. Tidak Mengkonsumsi Makanan yang Digoreng

Minyak goreng adalah salah satu penyebab terjadinya resistensi insulin karena mengandung kadar lemak jenuh jika sudah dipanaskan dan digunakan untuk menggoreng bahan makanan. Tentunya residu hasil penggorengan minyak ini akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan peningkatan kadar lemak dan kolesterol yang secara tidak langsung akan mempengaruhi metabolisme dalam pengolahan gula di dalam tubuh.

5. Mengurangi Konsumsi Minuman yang Mengandung Soda

Soda yang ada di dalam minuman ringan atau kaleng wajib dihindari karena zat pengawet di dalamnya dapat menyebabkan resistensi insulin meningkat yang tentunya berbahaya bagi penderita diabetes melitus. Selain itu soda juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi hati dalam menyimpan cadangan energi hasil pengolahan zat gula sehingga akan berdampak langsung terhadap kadar gula darah di dalam tubuh.

6. Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Kafein

Kopi dan teh adalah salat satu sumber kafein yang tinggi dan tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita diabetes karena kafein dapat menyebabkan tubuh sulit menyerap gula yang tentunya akan berdampak pada penumpukan kalori dan glukosa. Selain beresiko untuk penyakit diabetes, kafein juga dapat menyebabkan gangguan diuretik, tekanan darah rendah, dan peningkatan detak jantung.

7. Coklat Dengan Tambahan Gula atau Susu

Coklat merupakan salah satu makanan yang baik untuk penderita diabetes jika dikonsumsi tanpa tambahan gula atau susu dan berjenis dark chocolate / cokelat hitam. Tapi apabila jika sudah ditambahan kedua zat tersebut maka dapat menyebabkan gangguan metabolisme gula dalam tubuh dan sistem diuretik mengalami masalah yang dapat menyebabkan dehidrasi serta peningkatan kadar gula darah.

Baca juga info tentang Amazon Berries Minuman Herbal yang Dapat Mengobati Penyakit Diabetes

Nah itulah 7 makanan yang wajib diwaspadai penderita diabetes khusus dalam pengobatan maupun langkah pencegahan supaya tidak terkena penyakit yang berbahaya ini. Mulailah memperhatikan makanan yang Anda konsumsi untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap berada dalam jumlah yang normal.

Sumber : www.diabeticlivingonline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.