Makanan Makanan Sehat Untuk Penderita Batu Empedu

Makanan Sehat Untuk Penderita Batu Empedu

MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA BATU EMPEDU – Batu empedu ini biasanya mengenai pada orang yang malas melakukan olah raga dan terjangkitnya penyakit obesitas. Pada penyakit batu empedu ini umumnya mengenai seorang laki laki dari pada seorang perempuan dan megenai seseorang yang telah memasuki umur empat puluh tahun keatas karena kondisi kekebantubuhnya yang sudah milai melemah.

Letak pada empedu sendiri berada pada sebelah kanan dan di bawah organ hati yang berbentuk seperti buah pir yang berwarna hijau. Fungsi pada empedu itu sendiri adalah membantu proses pencernaan pada pada usus kecil dan juga berfungsi untuk menyimpan berbagai zat yang dihasilkan oleh hati seperti kolestrol. Penyebab dari pengerasan batu empedu ini disebabkan oleh banyaknya penumpukan kolestrol yang berada pada bagian empedu.

Para penderita batu empedu ini harus sangat di perhatikan pada pola makannya dikarenakanya takut mengalami perparahan pada kondisi pada batu empedu, berikut ini ada beberapa daftar makanan yang sehat di konsumsi bagi penderita batu empedu.

Makanan sehat bagi penderita batu empedu

  • Sayuran bayam – senyawa oksalat yang berada pada kandungan bayam ini dapat membantu para penderita empedu. Kandungan oksalat ini dapat di konsumsi oleh jumlah yang normal dan tidak berlebih lebihan. Pada sayuran bayam ini cocok bagi orang yang memiliki kekurangan darah.
  • Yougurt – minuman yang dapat memberikan kalori bagi tubuh, selain kalori pada yougurt juga dapat mengandung protein, serat, lemak tak jenuh dan juga antioksidan bagi tubuh. Mengkonsumsi yougurt setiap hari dalam jumlah yang pas juga dapat memberikan terhindarnya penyakit komplikasi bagi penderita batu empedu.
  • Minyak zaitun – zat asam yang di miliki oleh kandungan zaitun dapat mencegah pembentukan pada batu empedu, sehingga mengkonsumsi minyak zaitun dengan cara rutin dapat membantu pencegahan terjadinya batu empedu, karena pada minyak zaitun ini dapat mengosongkan kantung empedu secara keseluruhan. Selain dapat membantu menjaga kandungan empedu, minyak zaitun ini memiliki kandungan sebagai antioksidan terhadap tubuh.
  • Mengkonsumsi beras merah – pada beras merah ini tidak memberikannya potensi penumpukan lemak yang berada pada tubuh. Pada beras merah ini juga dapat menguranggi terjadinya kolestrol jahat dalam tubuh, dan juga dapat menetralkan keadaan lemak yang berada pada dalam tubuh. Mengkonsumsi beras merah ini dianjurkan dalam batas tertentu.
  • Seledri – kandungan yang di butuhkan oleh tubuh kita banyak pada seledri. Senyawa yang diberikan pada tubuh tubuh antara lain seperti asam folat, riboflavin, serat, senyawa tiamin, natrium, zat besi, seng, magnesium, tembaga, dan juga kalsium. Pada seledri ini juga dapat memberikan kebugaran tubuh bagi para penderita empedu.
  • Tomat- banyaknya kandungan vitamin pada tomat ini seperti pada vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, tiamin dan juga folat yang mengandung sumber licopene berperan penting untuk mengendalikan kesehatan seperti pada organ empedu. Sehingga saat mengkonsumsi buah tomat dapat dapat meringankan para penderita penyakit empedu.

Baca artikel tentang Perbedaan Antara Batu Empedu Dengan Maag.

Mengkonsumsi makanan yang baik secara tidak langsung akan memberikan kesehatan pada penderita batu empedu. Semoga artikel tentang makanan sehat untuk penderita batu empedu ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.