12 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal

makanan sehat penderita ginjal12 Makanan yang sehat bagi penderita ginjal ini dapat membantu proses peningkatan pemulihan ginjal anda selama masa penyembuhan. Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berfungsi menyaring limbah limbah dalam darah yang kemudian akan dibuang melalui urin. Rusaknya fungsi ginjal sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita.

Makanan makanan yang sehat dapat memberikan tubuh yang sehat termasuk pada organ ginjal. Namun bagi penderita ginjal harus hati hati dalam memilih menu makanan. Berikut makanan makanan yang baik bagi penderita ginjal:

1. Anggur Merah
Buah anggur memiliki khasiat sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh, dengan demikian dapat membantu mengurangi kinerja ginjal dalam menyaring limbah limbah dalam tubuh manusia.

2. Minyak Zaitun
Buah zaitun sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya berasal dari minyaknya. Minyak zaitun memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu menyehatkan organ ginjal.

3. Blue berry
Buah blueberry mengandung senyawa antosianin yang merupakan antioksidan super yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan tulang serta dapat menjaga kesehatan organ ginjal.

4. Stroberry
Kelurga berry lainnya yang dapat menyehatkan ginjal adalah stroberry. Stroberry mengandung dua fenol yakni antosianin dan ellagitanin yang sangat penting meningkatkan proses metabolisme tubuh. Kedua senyawa ini dapat mencegah stres oksidatif pada tubuh serta memiliki sifat sebagai antiinflamasi.

5. Raspberry
Masih dalam keluarga berry, buah raspberry mengandung senyawa phytonutrient yang berfungsi sebagai asam ellagic alami yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan ginjal. Selain itu raspberry mengandung antosianin sebagai antioksidan alami yang dapat menyehatkan organ ginjal.

6.Apel
Buah yang satu ini berwarna merah dan memiliki rasa yang manis. Buah apel sangat baik digunakan bagi menu diet penderita ginjal. Namun jika anda menderita penyakit ginjal kronis sebaiknya jangan mengkonsumsinya karena buah apel mengandung banyak air.

7. Bawang Putih
Bawang putih digunakan sebagai penyedap makanan, namun disamping itu ternyata bawang putih memiliki khasiat lainnya sebagai penyehat organ ginjal. Bawang putih dapat mencegah stres oksidasi serta pembekuan darah.

8. Bawang merah
Bawang merah dapat berfungsi sebagai penghancur limbah limbah dalam tubuh sehingga dapat membantu mengurangi kinerja ginjal.

9. Ikan
Seorang yang menderita kerusakan ginjal tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan jumlah protein yang tinggi seperti daging merah, ayam dan lainnya. Anda dapat menggantinya dengan ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan mackarel dan lain lain.

10. Buah Cherry
Buah Cherry dapat dijadikan sebagai menu diet bagi penderita ginjal. Buah cherry mengandung antioksidan yang tinggi serta bersifat sebagai anti inflamasi. Buah cherry sangat baik bagi penderita ginjal karena tidak mengandung banyak protein serta dapat mengurangi kalium dalam tubuh.

11. Yoghurt
Seorang yang mengalami gangguan pada ginjalnya harus dibatasi asupan mineralnya. Namun anda dapat menggantinya dengan yoghurt dimana mengandung prebiotik yang dapat menyehatkan ginjal.

Baca juga obat herbal gagal ginjal kronis tanpa cuci darah

12. Paprika merah
Paprika yang berwarna merah memiliki kandungan serat, asam folat, vitamin A, vitamin B6, serta Vitamin C yang sangat baik bagi tubuh sehingga sangat baik untuk menyehatkan organ ginjal.

Itulah 12 makanan sehat bagi penderita ginjal yang dapat dimasukan ke dalam menu dietnya. Namun harus tetap dikonsumsi dalam takaran yang sewajarnya saja jangan berlebihan dan sebaiknya konsultasikan menu diet anda kepada dokter yang ahli dalam menangani masalah ginjal. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Source : www.livestrong.com

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.