7 Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker Usus

Makanan Pencegah Kanker Usus

Setelah pada artikel sebelumnya kami membahas tentang makanan yang dapat menyebabkan kanker usus, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas makanan yang dapat mencegah penyakit kanker usus. Tidak akan afdol jika kita tidak membahas tentang makanan makanan sehat yang dapat diandalkan untuk menangkal penyakit yang satu ini.

Sel kanker memang dapat berkembang dan tumbuh di mana pun di tubuh manusia, salah satunya pada organ usus besar. Sel kanker dapat berkembang karena gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan tidak teratur dan tentunya pola makan yang tidak sehat. Untuk itu informasi tentang makanan yang dapat mencegah penyakit kanker usus besar ini diharapkan dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua sehingga dapat terhindar dari penyakit kanker usus ini.

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar

Berikut makanan makanan sehat yang dapat diandalkan untuk menghindari penyakit kanker usus besar, antara lain :

1. Sayur Sayuran

Sayur sayuran merupakan makanan yang sangat menyehatkan tubuh manusia, karena mengandung zat besi yang tinggi sebagai penghasil darah untuk tubuh manusia. Sayuran sayuran hijau sangat ampuh mencegah penyakit kanker usus besar karena memiliki kandungan senyawa senyawa aktif yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sayuran hijau yang dapat dikonsumsi seperti, kembang kol, kangkung, lobak, brokoli, kubis, dll.

Baca juga Obat Herbal Kanker Usus Besar Stadium 4 Tanpa Operasi.

2. Makanan dengan Serat Yang Tinggi

Makanan dengan serat yang tinggi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia terutama untuk sistem pencernaan. Hasil riset menunjukan tubuh manusia membutuhkan makanan dengan kandungan serat lebih dari 15 gram per harinya. Serat dapat membantu proses sistem pencernaan serta dapat meningkatkan kesehatan usus besar.

3. Susu

Susu merupakan bagian dari 4 sehat 5 sempurna yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, salah satunya untuk mencegah penyakit kanker usus. Hasil penelitian yang dilakukan lebih dari setengah juta partisipan didapat bahwa seorang yang mengkonsumsi susu minimal 1 gelas pe rharinya dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker usus sampai 15%. Gunakan susu dengan rendah lemak agar dapat memperoleh khasiatnya tanpa adanya pengingkatan berat badan.

4. Ikan

Ikan merupakan makanan yang tinggi protein yang dapat mencegah penyakit kanker usus. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap orang yang mengkonsumsi 300 gram atau 10 ons ikan dalam 1 minggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar hingga 30%. Ikan merupakan pilihan yang sangat tepat dan lebih baik dibandingkan daging. Mengkonsumsi ikan seperti makarel atau salmon, Adan akan mendapatkan kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk mengatasi peradangan pada usus besar.

5. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bahan bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mencegah penyakit kanker usus besar. Bawang putih dan bawang merah ini memiliki kandungan senyawa sulfida yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker / karsinogen karena senyawa antioksidannya. Sebuah hasil riset terhadap wanita yang mengkonsumsi 1 sampai 2 siung bawa putih dalam 1 minggu memiliki risiko yang lebih rendah yaitu sebesar 32% terkena penyakit kanker usus besar.

6. Kunyit

Rempah rempah yang satu ini ternyata memiliki manfaat dalam mencegah penyakit kanker usus besar. Sejak jaman dahulu kala kunyit sudah dipercayai terbukti ampuh dalam mengobati penyakit kanker. Kunyit memiliki senyawa alami yang bernama curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi perdangan pada usus besar. Kunyit juga dapat membuang karsinogen pad atubuh manusia sebelum melakukan pengrusakan pada sel sel DNA serta dapat meregenerasi sel sel yang telah rusak.

7. Teh Hijau dan Teh Hitam

Hasil riset menunjukan, kandungan senyawa yang terdapat pada teh hijau dan teh hitam dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Orang yang mengkonsumsi teh dua gelas atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkenan penyakit kanker usus besar sampai 30%. Teh hijau dan teh hitam ini memiliki kandungan senyawa antioksidan tinggi yaitu catechin yang dapat menangkal radikal radikal bebas penyebab dari penyakit kanker usus besar. Artikel terkait tentang Hindari 5 Makanan Penyebab Kanker Usus.

Nah itulah 7 makanan yang dapat mencegah penyakit kanker usus besar. Sayangi tubuh Anda, semoga infomrasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk banyak orang.

Source : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.