Hindari Makanan Makanan Penyebab Stroke Ini

Makanan Penyebab StrokeMenghindari makanan penyebab stroke adalah salah satu cara paling mudah untuk mencegah dan mengurangi resiko stroke terjadi pada diri anda. Stroke adalah suatu kondisi dimana suplai darah ke otak terhambat atau terputus akibat dari terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Darah sangat penting bagi otak, karena darah membawa nutrisi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak serta membawa oksigen untuk otak. JIka suplai darah pada otak tidak lancar maka fungsi otak akan mengalami gangguan yang serius bahkan dapat membuat sel sel sehat di otak mengalami kerusakan dan mati.

Gejala gejala penyakit stroke dapat ditandai dengan hilang nya sebagian sataf motorik si penderita seperti tidak dapat nya mengangkat salah satu tangan bahkan pada kasus tertentu tidak dapat mengangkat kedua tangan. Sulit berbicara bahkan ada yang tidak dapat berbicara sama sekali. Jika anda mulai merasakan gejala tersebut maka segera periksakan ke dokter.

Makanan Makanan Penyebab Storke

Untuk menghindari dan mencegah penyakit stroke ini dapat kita lakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan menghindari makanan makanan yang dapat memicu penyakit stroke. Berikut makanan yang dapat memicu penyakit stroke :

  1. Daging Merah

Beberapa penelitian telah membuktikan orang yang mengkonsumsi daging merah dengan jumlah yang banyak dan terlalu sering memiliki resiko lebih besar terserang stroke dengan tingkat sebesar 42% dibandingkan yang jarang mengkonsumsi daging merah. Hal ini dilakukan selama 10 tahun terhadap 35.000 peserta.

Daging merah memiliki kandungan lemak yang tinggi serta hemoglobin yang tinggi. Kandungan lemak yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan terjadinya penumpukan plak plak yang menempel pada dinding pembuluh darah hal ini dapat menghambat aliran darah. Serta hemoglobin yang berlebih dapat menyebabkan terjadinya pengentalan darah.

Anda tidak harus menghindari seutuhnya, anda boleh menyantab daging merah namun harus dikurangi prosinya dan jangan terlalu sering agar terhindar dari penyakit stroke.

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng seperti kerupuk, pisang goreng, donat, atau makanan yang dipanggan memiliki kandungan lemak trans yang tinggi. Lemak trans yang tinggi dalam tubuh manusia dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah akan tersumbat, dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol baik.

  1. Fast Food

Makanan selanjutnya yang dapat menyebabkan stroke adalah fast food. Banyak ahli nutrisi telah menyimpulkan bahwa makanan fast food memiliki kandungan sodium dan garam yang tinggi. Garam yang tinggi ini dapat memicu penyakit stroke. Penelitian mengungkapkan asupan garam tidak boleh melebihi 1500 mg per harinya, jika berlebihan dapat memicu penyakit stroke.

Sebuah study yang telah dilakukan terhadap orang yang mengkonsumi garam lebih dari 3000 mg per harinya menunjukan dampak bahwa resiko penyakit stroke yang akan dideritanya lebih besar dibandingkan dengan orang yang hanya menerima 2000 mg garam atau kurang per harinya. Jika anda sudah mengetahuinya dan memahaminya maka jangan terlalu banyak mengkonsumi garam dan makanan fast food.

  1. Daging Olahan

Mengkonsumsi daging olahan dalam jumlah banyak tidak baik bagi tubuh dan dapat memicu stroke. Daging olaha biasanya memiliki kadar natrium yang tinggi dan diberikan bahan pengawet agar tahan lama. Natrium tersebut dapat merusak pembuluh darah dan dapat mengakibatkan pembuluh darah menyempit.

Daging olahan yang harus dihindari seperti smoked beef, nugget, sosis, makanan kaleng yang menggunakan bahan pengawet. Selain dapat menyebabkan penyakit stroke, terlalu sering mengkonsumsi makanan makanan tersebut dapat memicu penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung.

  1. Garam

Garam adalah bumbu dapur yang paling dibutuhkan dalam setiap masakan. Masakan tanpa garam akan terasa hambar. Jika pas pemberian garam maka makanan tersebut akan terasa nikmat, namun jika berlebihan dapat membahayakan tubuh seperti berujung pada penyakit stroke.

Mengkonsumsi makanan dengan garam yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang nantinya dapat merusak lapisan pembuluh darah. Rusaknya lapisan pembuluh darah dapat membuat aliran darah terhambat. Ini lah yang nantinya dapat menyebabkan penyakit stroke.

  1. Minuman bersoda

Selain kelima makanan diatas, minuman bersoda juga dapat menyebabkan penyakit storke. Minuman bersoda dapat meningkatkan resiko penyakit stroke serta orang yang sering mengkonsumsi soda dalam jumlah tinggi akan mengalami penyakit lainnya seperti serangan jantung dan kerusakan pada pembuluh arteri jantung.

Baca juga artikel terkait mengenai 6 Buah Yang Dapat Mencegah Penyakit Stroke.

Itu lah keenam makanan yang harus dihindari jika anda ingin terbebas dari penyakit stroke. Menerapkan pola hidup yang sehat disertai dengan pola makan yang sehat maka resiko anda terkena penyakit stroke akan semakin kecil. Semoga Informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Source : www.stroke.org

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.