Hindari 5 Makanan Penyebab Kanker Usus Di Bawah Ini

Makanan Penyebab Kanker Usus

Hindari 5 makanan penyebab kanker usus – Penyakit kanker merupakan momok yang sangat menakutkan, bahkan dapat merenggut nyawa pasiennya. Belakangan ini penderita penyakit kanker usus besar semakin meningkat di seluruh dunia. Banyak para ahli yang menyimpulkan hal ini disebabkan karena pola hidup modern yang tidak sehat, pola makan yang tidak dijaga, bahkan di negara berkembang untuk kasus penyakit kanker usus besar ini semakin meningkat.

Kecenderungan terhadap pola makan bisa menjadi faktor utama dari penyebab kanker usus besar ini. Kanker usus besar merupakan penyakit kanker yang terjadi pada usus besar dimana berperang penting dalam sistem pencernaan manusia. Makanan makanan yang sehat dapat membantu meperlancar sistem perncernaan sehingga organ usus tetap terjaga sehat, namun sebaliknya jika makanan yang kita makan tidak sehat maka dapat mengganggu sistem pencernaan yang dapat merusak fungsi organ usus.

5 Makanan Penyebab Kanker Usus

Mengkonsumsi makanan sehat sangat lah baik untuk menopang sistem metabolisme tubuh manusia, namun dijaman yang modern ini dengan aktivitas yang menyibukan sangat sulit mengkonsumsi makanan sehat yang dimasak sendiri. Tidak sedikit orang yang lebih memiliki mengkonsumsi fast food, padahal itu sangat tidak baik untuk tubuh manusia. Berikut ini beberapa makanan yang dapat menyebabkan kanker usus besar, antara lain :

1. Jarang Mengkonsumsi Makanan Berserat

Makanan beserat sangat lah penting bagi tubuh manusia khususnya untuk sistem pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang kurang berserat dapat memicu meningkatnya resiko terkena penyakit kanker usus. Hal ini dikarenakan makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengeluarkan sel kanker yang telah mati pada saat BAB. Disamping itu makanan berserat dapat membantu mengurangi kadar pH dalam organ usus serta dapat meningkatkan asam lemak yang diperlukan oleh tubuh manusia.

2. Daging Merah

Dalam berbagai penelitian yang dilakukan terhadap daging merah seperti daging kambing, domba, sapi dan babi, didapatkan hasil terdapat kaitannya antara daging tersebut terhadap perkembangan sel kanker pada usus besar. Semakin sering mengkonsumsi daging merah maka risiko terkena penyakit kanker usus akan semakn besar.

Penelitian yang dilakukan dalam waktu 10 th terhadap orang orang yang berusia 50 th keatas di dapat data terjadinya peningkatan 1,71% risiko menderita penyakit kanker usus karena terlalu sering mengkonsumi dagin merah dan makanan olahan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi daging merah tentu tidak dilarang, hanya saja disesuaikan porsinya demi kesehatan tubuh Anda.

3. Minuman Beralkohol

Semua orang sudah mengetahui minuman beralkohol sangat tidak baik bagi tubuh manusia, yang salah satunya dapat menyebabkan penyakit kanker usus besar. Sebuah hasil riset mengungkapkan jika mengkonsumsi alkohol lebih dari 2x dalam sehari maka risiko terkenan penyakit kanker usus ini akan semakin tinggi. Alkohol dapat membantu perkembangan tumor serta dapat menghambat proses regenerasi sel sel, hal ini dapat membuat perubahan pada induksi enzim sitkrom yang berdampak pada pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi alkohol sekarang juga jika Anda menyayangi tubuh Anda sendiri.

4. Mengkonsumsi Karbohidrat yang berlebihan

Selain asupan lemak yang berlebihan terdapat beberapa hasil penelitian yang menunjukan adanya kaitan antara karbohidrat dengan kanker usus besar. Terlalu banyaknya karbohidrat yang masuk ke tubuh manusia dapat memicu lonjakan sekresi insulin dalam jangka waktu yang pendek. Yang kemudian dapat menyebabkan karsinogen kolon. Asupan karbohidrat sangat penting bagi tubuh manusia dimana merupakan sumber tenaga, namun jika berlebihan dapat menjadi makanan penyebab kanker usus besar. Baca informasi terkait tentang Waspadai 7 Penyebab Penyakit Kanker Usus.

5. Saos Tomat

Penggunaan saos tomat untuk pemberi rasa tambahan pada makanan tidak ada salahnya digunakan, namun yang harus menjadi perhatian untuk saos tomat yang tidak diketahui asal usulnya, apakah aman digunakan? Saat ini sedang marak penggunaan saos tomat yang sembarang yakni menggunakan zat zat pewarna yang bukan di khususkan untuk makanan. Hal ini tentunya dapat merusak usus Anda dan dapat memicu perkembangan sel kanker pada usus Anda. Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi saos tomat digunakan yang benar benar sudah terbukti aman.

Nah itulah 5 makanan yang dapat menyebabkan penyakit kanker usus besar. Semoga dapat menjadi perhatian untuk kita semua dan khususnya anak anak harus selalu diawasi dalam makanan yang di makan. Semoga bermanfaat.

Source : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.