Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Makanan Makanan Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Makanan penyebab batu empedu

Makanan penyebab Terbentuknya Batu Empedu – Setelah pada artikel sebelumnya kami membahas tentang makanan makanan sehat untuk penderita batu empedu, tidak akan abdol jika tidak membahas makanan penyebabnya. Penyakit yang sering di miliki para lansia atau pada orang telah memasuki umur 40 tahun ini biasanya mengalami penyakit batu empedu karena tidak bisa menjaga maupun mengontrol kesehatan melalui pola makannya.

Cholelitiasis atau yang lebih sering di kenal sebagai penyakit batu empedu. Batu empedu ini di sebabkan oleh cairan yang diteteskan oleh hati atau pada cairan pada empedu itu sendiri. Laki laki biasanya beresiko untuk terkena penyakit batu empedu daripada seorang wanita. Bagi para wanita yang pernah melahirkan bisa juga terkena pada penyakit batu empedu ini. Selain rasa mual dan muntah gejala dari batu empedu ini seperti mengalami percepattan detak jantung, nafsu makan menurun, sakit kuning, dan memiliki rasa gatal gatal pada kulit

Berikut makanan yang dapat menyebabkan penyakit batu empedu.

  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di goreng.

Makanan yang digoreng tentunya memiliki lemak jenuh, tentunya lemak jenuh pada gorengan akan memberikan dampak yang buruk terhadap organ empedu. Sering mengkonsumsi gorengan maka kondisi pada empedu lama kelamaan semakin parah dan membentuk batu.

  • Mengkonsumsi daging merah.

Dengan mengkonsumsi daging yang berlemak dapat menyebabkan pengerasan pada cairan empedu. Sebaiknya mengonsumsi daging yang tidak berlemak agar dapat memenuhi kebutuhan protein pada tubuh.

  • Makanan yang diawetkan.

Makanan yang disimpan terlalu lama tidak baik untuk di konsumsi seperti sosis, otak – otak, bakso,kentang, minuman berkaleng atau makanan kemasan. Makanan seperti ini memang banyak di sukai oleh banyak orang karena praktis, namun pada makanan yang dapat di awetkan sekian lama memiliki lemak jenuh yang akan memberikan perparahan pada penderita penyakit empedu.

  • Terdapat kandungan oksalat pada makanan.

Pada makanan yang mengandung oksalat dapat mempermudah terjadinya pengkristalan terhadap empedu. Coklat, teh, gandum dan biji – bijian adalahjenis makanan yang memiliki kandungan oksalat.  Batasan mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat adalah sekitar 50 mg per harinya.

  • Mengkonsumsi susu olahan.

Susu yang memiliki kandungan lemak yang tinggi dapat memperparah kondisi pada empedu, olahan susu seperti pada es krim, krim keju, keju dan juga yougurt sangat di anjurkan untuk menghindari bagi penderita batu empedu, karena pada olahhan susu tersebut memiliki kandungan hewani yang tinggi lemak sehingga dapat memberikan perparahan pada kondisi empedu.

  • Mengkonsumsi jumlah garang yang berlebih.

Saat mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebih juga akan membantu untuk memberikan pengkristalah terhadap organ empedu, selain itu mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebih juga dapat memberikan peradangan pada usus dan mengalami tekanan darah tinggi.

  • Mengkonsumsi unggas.

Mengkonsumsi unggas seperti burung puyuh dan juga bebek akan memberikan kandungan kolestrol yang tinggi terhadap tubuh. Pada bagian kulit dan telurnya mengandung banyak kolestrol. Penumpukkan kolestrol terhadap tubuh akan memberikan pengerasan terhadap cairan empedu. Sebaiknya pada para penderita penyakit batu empedu hindari makanan yang memiliki banyak kolestrol.

Baca artikel terkait tentang Makanan Sehat Untuk Penderita Batu Empedu.

Hindari makanan makanan makanan penyebab terbentuknya batu empedu di atas agar resiko terkena batu empedu semakin kecil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Source : www.everydayhealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.