5 Makanan Pencegah Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

Makanan merupakan faktor penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Makanan dapat menghasilkan energi serta memberikan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia, ibaratnya seperti motor yang membutuhkan bensin untuk menghidupkan mesinnya. Nah pada kesempatan kali ni kami akan membahas seputar makanan sehat yang dapat membantu mencegah penyakit kanker kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening merupakan pertumbuhan sel kanker yang terjadi pada kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ini terletak di bagian leher, ketiak, perut dan pangkal paha. Kelenjar getah bening memiliki bentuk seperti kacang dimana fungsinys menghasilkan sel darah yang dapat melindungi tubuh dari serangan serangan penyakit dan infeksi.

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

Makanan pencegah kanker kelenjar getah bening

Berikut makanan makanan sehat yang memiliki manfaat dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia :

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia, salah satunya untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Minyak zaitun mengandung senyawa hidroksitirosol yang bersifat sebagai anti kanker sehingga dapat membunuh sel kanker dan mencegah perkembangan sel kanker. Selain itu minyak zaitun memiliki kandungan senyawa oleocanthal yang dapat melawan terbentuknya sel kanker pada tubuh manusia tanpa merusak sel sel sehat disekitarnya. Selain itu senyawa ini dapat menghasilkan lisosom yang dapat mematikan sel kanker dengan cara melepaskan protein khusus yang dapat membasmi sel kanker hingga ke akarnya. Baca juga Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening Paling Ampuh.

  1. Sayuran Brokoli

Makanan sehat yang dapat mencegah kanker kelenjar getah bening berikutnya adalah brokoli. Brokoli sudah terbukti sangat efektif dalam mencegah penyakit kanker salah atunya kanker kelenjar getah bening. Brokoli mengandung senyawa anti kanker yaiut glukosinolat. Senyawa ini dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi brokoli yang direbus atau dikukus. Cara masaknya pun tidak boleh terlalu lama dan harus dengan api yang kecil sehingga senyawa glukosinolatnya tidak hilang.

  1. Bawang Putih

Banyak masyarakat zaman dahulu mengungkapkan rahasia kesehatannya dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih yang dikonsumsi mentah memiliki banyak manfaat kesehatan salah satunya untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat mencegah sel kanker dan membasmi sel kanker hingga ke akar akarnya.

  1. Anggur Merah

Selain memiliki rasa yang nikmat buah anggur juga dapat berfungsi sebagai pembasmi sel kanker salah satunya kanker kelenjar getah bening. Buah anggur merah memiliki kandungan senyawa resveratrol yang dapat mencegah pertumbuh sel kanker. Selain itu buah anggur merah juga memiliki kandungan vitamin C dan falvonoid alami yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh manusia.

  1. Kacang Almond

Kacang almond sering dikonsumsi untuk cemilan dan sering dijumpai sebagai bahan pelengkap pada coklat. Hasil penelitian menunjukan ternyata kacang almond memiliki khasiat yang luar biasa yaitu untuk mencegah penyakit kanker, salah satunya kanker kelenjar getah bening. Kacang almond memiki zat fosfor yang tinggi dan dapat berkolaborasi dengan zat besi yang kemudian membentuk senyawa aktif pencegah sel kanker.

Baca : Kenali Gejala Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening.

Nah itulah 5 makanan sehat yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker kelenjar getah bening. Semoga bermanfaat.
Source : www.livestrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.