7 Makanan Pemicu Kista Yang Perlu Dihindari

7 makanan pemicu kista yang perlu dihindari – Pengertian dari kista, yaitu Penyakit yang menyerupai kantung yang dilapisi selaput yang berisi cairan, nanah, ataupun gas atau udara. Kista termasuk ke golongan jinak. Kista dapat muncul organ tubuh manapun yaitu seperti di tulang, hati, ginjal, kulit, otot, pergelangan tangan, payudara maupun otak serta organ tubuh lainnya.

Umumnya kista yang sering ditemui yaitu kista ovarium yang terletak pada organ reproduksi wanita (ovarium). Hampir 95% kista ovarium dinyatakan bersifat jinak dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa tindakan operasi ataupun pengangkatan.

Kista ovarium terdiri dari 2 tipe yaitu :

  • Kista ovarium fungsional

Terbentuknya kista ini yaitu dari sel normal pada ovarium. Kista tipe ini juga dapat hilang sendirinya seiring siklus haid serta merupakan kista yang aman dan banyak ditemui.

  • Kista ovarium patologis

Terbentuknya kista ini yaitu dari perkembangan jaringan ovarium yang abnormal dan umumnya kista tipe ini tidak ganas.

Terdapat gejala dan penyebab yang ditimbulkan oleh kista yakni sebagai berikut :

Gejala Umum

  • Terasa nyeri pada pinggul
  • Sulit pencernaan buang air besar
  • Peningkatan frekuensi dalam buang air kecil
  • Perubahan dalam siklus haid (lebih banyak atau sedikit)
  • Perut kembung

Penyebab Umum

  • Adanya peradangan
  • Terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar
  • Proses peertumbuhan jaringan secara cepat dalam  terbentuk struktur hingga terisi cairan
  • Jenis parasait termasuk cacing juga mempengaruhi terbentuknya kista

Makanan Pemicu Penyakit Kista

Setelah mengetahui apa itu kista beserta gejala dan penyebab yang ditimbulkan, ada baiknya untuk Anda memahami makanan apa yang sebaiknya tidak di konsumsi dengan tujuan untuk menghindari tubuh dari penyebab terjadinya kista.

Berikut ini ulasan makanan yang menjadi pantangan agar terhindar dari penyakit kista adalah sebagai berikut :

  1. Junk food atau Junk drink

Kedua jenis ini  memang olahan yang cepat dan praktis dan enak serta menjadi favorit di banyak kalangan. Tetapi, perlu diketahui makanan jenis ini mengandung lemak tinggi, rendah gizi, dan minimnya nutrisi. Contohnya seperti olahan gorengan, burger, pizza, snack, dll. Minuman tersebut pastinya juga mengandung soda, alkohol, dan mengandung gula tinggi. Untuk itu, sebaiknya hindari olahan makanan dan minuman seperti ini.

  1. Konsumsi seafood mengandung tinggi kolesterol

Kandungan dalam seafood yang tinggi kolesterol berpotensi menumbuhkan sel abnormal yang berakibat penyakit kista.

  1. Makanan yang diawetkan dalam kaleng maupun plastik

Untuk lebih selektif memilih makanan jenis ini karena umumnya memakai pengawet yang tinggi dan bisa ditakutkan ada bahan kimia yang terkandung dalam plastik atau yang lebih mengerikan lagi memakai plastik yang daur ulang

  1. Olahan makanan yang dibakar

Dampak yang ditimbulkan sangat mengerikan yaitu bagian makanan yang lebih gosong adalah bagian dengan tempat pembakaran yang mungkin hampir jarang dicuci serta penggunaannya yang kotor sehingga menimbulkan bakteri yang membahayakan tubuh.

  1. Daging merah

Contohnya yaitu sapi, kambing, babi tergolong banyak kandungan lemak jenuh yang membuat gemuk atau bahkan obesitas sehingga membuat terkena penyakit kista.

  1. Menghindari terlalu sering olahan menggunakan santan dan cabai
  2. Jangan terlalu banyak mengonsumsi buah (duku, nanas, durian)

Alasannya karena jenis buah ini memiliki kadar asam dan senyawa enzim bromelain yang dapat melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi, apabila kista ovarium ini diderita oleh ibu hamil.

Artikel terkait Penyebab penyebab penyakit Kista Yang Perlu Diketahui.

Demikian informasi tentang makana pemicu penyakit kista ovarium yang perlu dihindari ini. Semoga dapat menjadi informasi penting untuk meminimalisir resiko penyakit kista terjadi pada diri Anda.

Source : www.healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.