3 Makanan Yang Dapat Mencegah Gondok

makanan mencegah gondokArtikel ini akan memberikan informasi mengenai 3 makanan untuk menghindari penyakit gondok. Makanan untuk menghindari penyakit gondok dapat kita jumpai sehari hari dan cukup mudah untuk didapatkan. Namun apa sih sebenarnya gondok itu? Gondok merupakan suatu penyakit dimana terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid. Tiroid merupakan kelenjar yang terletak pada bagian pangkal leher depan yang berbentuk seperti kupu kupu. National Institutes of Health (NIH) menerangkan bahwa seseorang dapat mengalami gondok jika kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon tiroid yang cukup bagi tubuh (kekurangan hormon tiroid) atau kelenjar tirodi menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan (kelebihan hormon tiroid), hormon tiroid ini harus seimbang.

3 Makanan Yang Dapat Mencegah Penyakit Gondok

  1. Sayuran

Makanan untuk menghindari gondok yang pertama adalah sayuran. Sayuran memiliki senyawa sulfur yang disebut glucosinolates, dan ketika senyawa ini dipecah maka menghasilkan senyawa isothiocyanates. Sebuah study yang dilakukan oleh Cornell University dalam edisi “Food andĀ  Chemical Toxicology” Juni 1995, menemukan bahwa senyawa isothiocyanates dapat mencegah gondok dengan cara membantu proses penyerapan kadar yodium oleh kelenjar tiroid,seperti yang kita ketahui kekurangan yoidum dapat menyebabkan penyakit gondok. Sayuran yang disarankan untuk mencegah gondok sepertiĀ  brokoli, kembang kol, kubis, lobak, sawi dan lainnya.

  1. Kacang Kedelai

Makanan berikutnya untuk menghindari gondok adalah kacang kedelai. Jika anda mengalami masalah dengan gondok atau kurang nya asupan yodium maka kedelai ini lah yang paling cocok untuk memenuhinya. Sebuah laporan “environmental Health Perspectives”, yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menerangkan bahwa kedelai memiliki sifat anti-tiroid, dan jika kekurangan yodium maka tiroid akan meningkat dan membesar. Kedelai dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan seperti susu kedelai, kacang, tahu, dan tempe dan beberapa barang yang terbuat dari kedelai lainnya.

  1. Makanan lainnya

Makanan terakhir untuk menghindari gondok adalah buah persik. Buah persik, stroberry, millet, lobak, bayam memiliki manfaat yang luar biasa dalam mencegah penyakit gondok.

Buah persik memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. “Journal of Nutrition”, pada maret 2007 mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid dapat mengurangi kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon tiroid yang berlebih tersebut, Jika berlebihan menghasilkan hormon tiroid maka dapat memicu pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Baca juga artikel tentang Obat Herbal Gondok Tiroid Alami

3 makanan untuk menghindari gondok ini sangat mudah untuk kita dapatkan serta merupakan makanan yang sehari hari kita konsumsi. Dengan demikian diharapkan resiko terjadi gondok dapat berkurang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan anda serta untuk menjaga kesehatan anda.

Sumber : www.livestrong.com

Sharing is Caring...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.