Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Komplikasi Penyakit Jantung Yang Dapat Terjadi

Komplikasi penyakit jantung yang dapat terjadi – Penyakit yang mengenai organ vital yang satu ini memanglah sangat menakutkan, pasalnya jantung ini termasuk organ vital yang berfungsi untuk menyebarkan peredaran darah keseluruh tubuh, dimana darah inilah yang membawa sejumlah oksigen, nutrisi dan vitamin yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Pada setiap organ tubuh ini memiliki peranan masing masing yang sangat penting bagi kondisi tubuh secara keseluruhan. Jika pada organ jantung ini mengalami kerusakan maka akan menimbulkan berbagai penyakit komplikasi. Bagian penting pada daerah jantung ini adalah otot- otot pada jantung, katup jantung, detak pada jantung, dan juga aliran darah yang akan di terima maupun di sebarkan.

Komplikasi Akibat Penyakit Jantung

Komplikasi Jantung

Komplikasi yang terjadi itu biasanya terjadi pada perkembangan tertentu seperti kondisi pada organ jantung yang mengalami gangguan. Perubahan gaya hidup yang baik pada penderita jantung akan mengalami perubahan yang baik pula pada kondisi jantung. Pada artikel ini akan membahas tentang komplikasi penyakit pada penderita jantung koroner. Hal tersebut di antaranya seperti :

  • Angina

Angina ini sering terjadi pada orang yang memiliki penyakit jantung. Angina ini merupakan penyakit yang dapat dirasakan pada bagian daerah dada seperti rasa nyeri. Terjadinya angina ini ketika otot pada jantung ini tidak mendapatkan pasukan oksigen yang cukup sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian dada. Biasanya angina ini terjadi ketika melakukan aktivitas yang sangat melelahkan, sehingga dapat terjadi secara tiba tiba.

  • Gagal jantung

Gagal jantung merupakan komplikasi yang paling umum terjadi pada seorang yang menderita penyakit jantung koroner. Karena pada otot otot jantung ini tidak kuat untuk memompa darah yang harus di alirkan keseluruh tubuh. Gagal jantung dapat terjadi pada seseorang yang memiliki kelainan pada jantung. Gejala gagal jantung ini juga dapat di tandai dengan rasa pusing pada kepala, mengalami pembengkakan dan sulit bernafas.

  • Terkena penyakit stroke

Awal mula penyakit stroke adalah peredaran darah yang terhambat. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan plak pada pembuluh adarh atau terdapat gumpalan darah. Gumpalan darah ini akan terbentuk yang akan memberikan penyumbatan pada pembulu darah yang dapat menghalangi jalannya aliran darah untuk menuju ke organ otak. Pada saat terjadinya penyumbatan pada otak maka akan mengalami sisi tubuh yang mati rasa, dan mengalami kesulitan berbicara. Pada penderita penyakit stroke ini dapat mengakibatkan seseorang memiliki kecacatan fisik.

  • Terhentinya pergerakan jantung

Saat jantung mengalami pemberhentian maka akan mengganggu aliran pada pernafasan dan juga dapat kehilangan kesadaran akibat detak dari jantung tersebut. Terhentinya pergerakan jantung ini terjadi secara mendadak, dan akan berakibat fatal pada penderitanya dan dapat menyebabkan kematian. Baca juga Tips Sederhana Mencegah Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini.

  • Serangan pada jantung

Serangan jantung dapat terjadi karena sel pada jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Terjadinya hal seperti ini diakibatkan penyempitan pada pembulu arteri koroner. Sehingga sel sel pada organ jantung mengalami kematian. Pada seseorang yang mengalami gagal jantung ini akan mengalami (mengalami mual, muntah- mutah dan sakit perut) dan bila pada ( seorang pria, mengalami rasa sakit sekitar daerah dada).

Nah itulah beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit jantung. Semoga dapat menambah informasi untuk kita semua.

Source : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.