Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Khasiat Alami Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa manggis adalah ratu buah buahan karena mengandung kadar anti oksidan yang sangat tinggi yang terdapat pada kulitnya. Buah ini berwarna merah gelap pada kulitnya dengan daging buah berwarna putih dengan cita rasa asam manis menyegarkan.

Buah yang tumbuh subur di negara beriklim tropis ini menjadi buah yang sangat digemari untuk dikonsumsi jika musimnya tiba, terutama di negara Indonesia. Manggis hampir dapat ditemui di seluruh kota di Indonesia sehingga tidak mudah untuk mendapatkannya.

Sejak jaman dahulu manggis juga sudah dimanfaatkan oleh banyak orang untuk digunakan sebagai obat alami dalam mengobati penyakit karena kandungan anti oksidan dan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Terutama pada bagian kulitnya yang mengandung senyawa xanthones yaitu anti oksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh kita.

Manggis sudah dimanfaat sejak abad ke 18 yang sudah bukan merupakan mitos dan memberikan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan manusia. Manggis adalah sumber nutrisi terbaik serta anti oksidan untuk menjaga sistem daya tahan tubuh tetap optimal. Nah apa saja manfaat manggis lainnya? Mari kita simak bersama di bawah ini.

5 Manfaat Alami Buah Manggis Untuk Kesehatan

khasiat buah manggis

1. Sumber Vitamin C dan Anti Oksidan Tinggi

Manfaat manggis yang pertama yaitu sebagai sumber antioksidan tinggi dan vitamin C. Manggis mengandung senyawa polifenol yang dikenal sebagai xanthones seperti xanthones dalam buah ini yaitu alpha manggis dan gamma manggis. Xanthone telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Xanthones merupakan obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini dapat menyembuhkan sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit degeneratif dan kerusakan fisik dan mental.

Manggis kaya akan vitamin C dan mengandung. sebagai antioksidan, vitamin C memberikan perlawanan terhadap flu seperti agen infeksi dan mencegah radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan resistensi terhadap penyakit. Folat memiliki peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru dalam tubuh.

2. Melancarkan Peredaran Darah & Menurunkan Tingkat Kolesterol

Khasiat manggis berikutnya dapat membantu memperlancar peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol. Manggis dapat memperlancar sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini meningkatkan peredaran darah dengan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, dan nyeri dada yang parah.

Diet dengan mengkonsumsi manggis sangat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida untuk mengurus kerja yang tepat dari hati manusia.

3. Melawan Radikal Bebas, Virus, dan Bakteri Jahat di Dalam Tubuh

Ternyata buah manggis dapat menangkal radikal bebas, melawan bakteri serta virus yang dapat membahayakan tubuh. Buah manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat selain sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pencegahan terhadap bakteri berbahaya efektif untuk pasien yang menderita TBC.

4. Mencegah Munculnya Sel Kanker

Selain itu khasiat ampuh dari buah manggis dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis membantu mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Ini adalah antioksidan kuat dan efektif yang melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan yang parah.

5. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Khasiat alami buah manggis yang terakhir dapat mengobati tekanan darah tinggi. Buah manggis memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi seperti tembaga, mangan, kalium, dan magnesium. Mineral ini akan menjaga dan melindungi pembuluh darah dan sel darah merah dari penyempitan dan peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Dengan begitu resiko terkena jantung koroner dan stroke akan lebih kecil.

Lihat artikel terkait tentang Khasiat Alami Acai Berry Yang Perlu Diketahui

Seperti yang Anda lihat diatas buah manggis memiliki manfaat kesehatan dan manfaat kulit sangat menakjubkan maka tidak ada salahnya dari sekarang Anda mengkonsumsi buah manggis dengan rutin dan tidak berlebihan agar mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Source : www.livestrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.