Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis Jenis Tumor Otak dan Gejalanya

Jenis Tumor Otak dan Gejalanya

JENIS TUMOR OTAK DAN CIRI-CIRINYA – Salah satu dari bagian organ pada tubuh manusia yang terdiri berbagai sel  saraf dalam mengatur setiap fungsi tubuh yaitu disebut dengan otak. Namun, Apa yang terjadi apabila otak mengalami kerusakan yang menyebabkan trauma sehingga menimbulkan gejala ?

 Otak akan mengalami gejala yang dapat diakibatkan dari trauma dikepala, selain itu dapat terjadinya kerusakan pada jaringan sel pada otak. Gejala yang ditimbulkanpun bervariasi, bisa menurut letak dibagian sel saraf otak mana yang terdeteksi tumor.

Tumor otak merupakan kumpulan massa yang terbentuk oleh sel yang tidak normal, terjadi pada bagian otak. Ada yang berkembang dengan sendirinya (primer) ataupun dari hasil penyebaran sel kanker dari organ lainnya/ metastasis (sekunder).

Terdapat dua jenis tumor otak berdasarkan tingkat penyebarannya (jinak atau ganas). Tumor jinak tidak bersifat ganas dan perkembangannya lambat, tidak menyebar pada bagian otak lainnya, apabila ditangani dengan kometerapi dengan tuntas akan membuat tumor tidak dapat kembali tumbuh.

Jenis Tumor Otak

Berikut ini akan diulas mengenai jenis tumor otak yang sering terjadi, yaitu :

  1. Tumor otak glioma

Jenis ini paling sering terjadi dengan memiliki 4 tingkat keganasan, yaitu dengan sub-tipe utama :

  • Astrositoma
  • Oligodendroglioma
  • Ependymoma
  • Glioma batang otak
  • Glioma saraf optik
  • Glioma campuran

Ciri-cirinya ; kejang, sakit kepala, kemampuan kognitif yang mengalami perubahan dan adanya perubahan perilaku, kesulitan dalam berjalan

  1. Meningioma

Tumor yang sering terjadi pada perempuan dewasa, umumnya menyerang jaringan selaput otak (otak kecil dan besar) dengan tingkat keganasan yang dapat meningkat. Namun apabila sudah ganas dan  penyebarannya cepat akan sulit hilang tanpa operasi.

Ciri-cirinya,  muntah-muntah, kejang, gangguan perilaku dan penglihatan, tumor dapat menyerang hingga wajah dan tulang belakang

  1. Adenoma pituitari

Tumor yang tumbh di permukaan kelenjar yang berperan mengatur aktivitas kelenjar tiroid. Tingkat keganasan ini rendah.

Ciri-cirinya, sakit kepala, muntah-muntah, terhentinya menstruasi, perubahan kognitif, keluar cairan dipayudara, kenaikan berat badan (lebih bertumpu pada kaki dan tangan)

  1. Neuroma

Tumor dengan sel penghubung  seperti tulang belakang atau indera yang berasal dari pelindng serat saraf (tengkorak/tulang belakang). Walaupun penyebaran lambat dan tidak menyebar, tumor dapat tumbuh kembali tanpa dibedah.

Ciri-cirinya, gangguan saraf pada bagian tumor sehingga mengalami gangguan indera

  1. Limfoma sistemm saraf pusat

Jenis ini sangat ganas, biasanya terjadi pada lanjut usia (terutama pria)

Ciri-cirinya, dapat mengalami lumpuh, gangguan indera penglihatan dan perilaku, dan kejang

  1. Craniopharyngioma

Terjadi pada area otak yang dekat dengan mata atau bagian bawah otak dekat kelenjar pitutari. Umum terjadi pada anak-anak dan lansia dengan tingkat keganasan rendah

Ciri-cirinya, gangguan penglihatan, sakit kepala, dan gangguan pertumbuhan pada anak

  1. Tumor kelenjar pineal

Umum dan banyak dialami oleh anak-anak dan remaja yang bermula pada kelenjar pineal dekat dengan pusat otak  dengan tingkat ganas bervariasi. Berpotensi menyebar ke tulang belakang dan menganggu sekresi hormon melatonon yang mengatur siklus terjaga dan tertidur

Ciri-cirinya, lemas, sakit kepala, sulit mengingat, berpotensi terkena hidrosefalus

  1. Tumor otak metastasis

Umum terjadi pada lansia yang terkena kanker. Berasal dari (luar tubuh) paru-paru,  payudara, kolon, ginjal, kulit. Umumnya menyeba r dan menyerang otak besar tapi juga menyerang otak kecil dan batang otak

Ciri-cirinya, sakit kepala, kejang, turunnya koordinasi

Baca juga informasi tentang Obat Herbal Tumor Ganas Yang Paling Ampuh.

Itulah jenis jenis penyakit tumor otak beserta gejalanya yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Source  : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.