Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gejala Gejala Yang Ditimbulkan Oleh Penyakit Kista

Gejala Penyakit Kista

Gejala yang ditumbulkan oleh penyakit kista – Definisi kista yaitu tumor jinak seperti kantung yang berisi cairan, nanah, ataupun gas yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kista ini juga dapat muncul pada jaringan organ tubuh manapun. Tergantung dengan lokasi dimana benjolan tersebut muncul baru kista dapat diketahui.

Contohnya :

  • Kista pada ovarium
  • Kista pada kulit
  • Kista pada pergelangan tanagn
  • Kista pada ginjal
  • Kista pada payudara
  • Kista pada vagina
  • Kisa pada serviks

Kista umumnya merupakan penyakit yang paling sering ditemui pada wanita dan mengendap dalam ovarium wanita yang berhubungan dengan indung telur. Kista juga dapat terjadi pada usia berapapun, khususnya pada wanita yang telah haid. Awalnya kista ovarium tidak terdapat gejala dan juga tidak meyebabkan rasa sakit. Namun, apabila memiliki kista tersebut memiliki ukuran benjol yang besar maka akan menimbulkan sakit dan serta dapat menekan organ lain dan membatasi aliran pada jaringan.

Penderita wanita mungkin akan tersadar apabila ia memiliki kista ketika mengalami gejala yang berat seperti karena kista ovariumnya pecah yang menimbulkan pendarahan dan apabila keadaan indung telur terpelintir sehingga dalam mensuplai darah ke area yang tertuju terhenti.

Gejala Gejala Penyakit Kista Ovarium

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda untuk lebih waspada terhadap penyakit ini dengan mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan, yakni seperti di bawah ini :

Terdapat 4 golongan jenis penyakit kista pada wanita

  1. Kista Ovarium (kista fungsional)

Kista ovarium adalah suatu gangguan penyakit pada sistem reproduksi wanita yang memiliki kantong cairan yang terendap  dalam ovarium wanita. Dikatakan jenis kista fungsional karena pennyakit ini tidak menimbulkan gejala serta dapat hilang sendirinya.

Gejala yang ditimbulkan dari kista ovarium

Kista ini muncul tanpa disertai gejala. Rasa sakit timbul apabila disertai dengan komplikasi, pecahnya benjolan. Namun, komplikasi ini sangatlah jarang. Gejala ini dapat hilang sendirinya atau bisa mengecil sendiri dalam waktu 1-3 bulan.

  1. Kista Dermoid

Penyakit ini merupakan penyakit dengan kantong yang terbentuk pada kulit tubuh wanita yang terdiri dengan struktur jaringan kulit, kelenjar keringat, jaringan saraf, serta folikel rambut. Intinya kista dermoid ini berupa benjolan di permukaan kulit.

Gejala yang ditimbulkan dari kista Dermoid

Gejala yang menyebabkan kista dermoid ini yaitu karena jaringan dalam telur tidak dibuahi dan kemudian tumbuh beberapa jaringan seperti rambut, tulang, dan lemak.

  1. Kista Coklat (Endometriosis)

Dikatakan kista coklat karena adanya gejala yang disertai dengan adanya cairan berwarna coklat kemerahan.

Gejala  yang ditimbulkan dari kista cokelat

Gejala yang menyebabkan kita coklat ini yaitu lapisan dalam rahim tidak terletak di dalam rahim melainkan melekat pada dinding luar indung telur. Biasanya terlihat keluar dari kemaluan seperti darah dan terkelupas sewaktu haid. Akibatnya apabila menghasilkan darah akan terus menerus tertimbun sehingga terbentuklah penyakit kista.

  1. Kista kelenjar (cystadenoma)

Penyakit ini termasuk tumor jinak yang muncul ke permukaan ovarium hingga berukuran besar. Awalnya kasus ini tdak diketahu bagaimana gejalanya. Dan diketahui dengan pada waktu periksa ke dokter, itupun secara kebetulan.

Gejala yang ditimbulkan dari kista kelenjar

Gejala awal yang timbul berasal dari pembungkus indung telur yang kemudian tumbuh menjadi kista, dapat menyerang indung telur kanan dan kiri. Gejala lain yang timbul yaitu dari penekanan seperti kandung kemih yang menimbulkan beser/selalu buang air kecil.

Baca informasi Apa Itu Penyakit Kista.

Demikian artikel yang kami buat tentang gejala gejala penyakit kista ini, semoga dapat bermanfaat untuk banyak orang.

Source : www.healthline.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.