Gejala Gejala Penyakit TBC Yang Perlu Diketahui

Gejala Penyakit TBC

Gejala TBC yang perlu diketahui – Penyakit TBC adalah penyakit yang bergejala awalnya dengan disertai batuk-batuk yang tak kunjung sembuh yang disebabkan oleh bakteri yang bernama “Mycobacterium tuberculosis”.  Penyakit TBC umumnya menyerang di bagian paru-paru namun juga dapat tersebarkan ke organ tubuh lainnya.

Bagaimana tanda-tanda atau gejala umum dari penyakit TBC ???

Gejala–gejala umum yang sering timbul yaitu :

  • Batuk berkepanjangan lebih dari 2 minggu

Batuk ini terjadi akibat virus biasanya tidak berlangsung lama dan cepat sembuh dalam kurung waktu kurang lebih 2 minggu. Apabila batuk tak kunjung sembuh dan bisa terjadi lebih dari 3 minggu dan juga berdahak dan  terkadang bercampur dengan darah, sebaiknya anda harus segera memeriksanya. Batuk yang bercampur dengan darah dikenal dalam bahasa medisnya yaitu “Hemoptisis” yang merupakan gejala yang menimbulkan kerusakan umumnya pada paru-paru. Batuk berangsur lama dan apabila bercampur darah itu merupakan salah satu faktor dari penyakit TBC.

  • Gejala demam (panas dingin)

Demam ini terjadi ketika peningkatan suhu tubuh pada seseorang daripada suhu normal biasanya. Contohnya dengan berkeringat berlebih dimalam hari atau di waktu lainnya tanpa beraktivitas. Suhu badan tidak stabil atau naik turun (panas tinggi atau dingin menggigil). Demam ini tidak berbahaya akan tetapi dapat membuat suhu bisa mencapai lebih dari 400C atau dikenal dengan istilah “Hipertermia” yang mungkin dapat menyebabkan heat stroke atau keadaan diaman seseorang tersebut dapat berhalusinasi dan kondisi badan lemas, perut yang mual hingga muntah kesakitan.

  • Sesak dan nyeri di dada

Nyeri di dada juga merupakan gejala yang tidak hanya dirasakan kepada penderita serangan jantung, namun juga dirasakan oleh penderita TBC. Nyeri di dada ini akan terasa sakit ketika batuk yang mulai dirasakan dari leher hingga perut atas hingga rasanya seperti ditusuk.

  • Berkeringat di malam hari

Berkeringat di malam hari adalah gejala yang dominan dirasakan oleh penderita TBC. Infeksi bakteri pada penderita TBC inilah yang menyebabkan peradangan paru di sekita jantung (endokardikitis), peradangan pada tulang (osteomyelitis), atau jaringan tubuh lainya yang membuat seseorang berkeringat di malam hari.

  • Badan terasa cepat kelelahan

Ketika seseorang merasakan badannya cepat merasa kelelahan bisa saja disebabkan kurangnya akses ke berbagai penyakit yang diserang oleh penderita tersebut.

  • Nafsu makan berkurang

Ciri salah satunya termasuk juga yaitu nafsu makan seseorang akan berkurang yang mungkin dapat menyebabkan berat badan turun dan badan terasa lemah serta lemas.

Apabila bila Anda merasakan gejala-gejala seperti contoh diatas, sebaiknya untuk segera terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan Anda.

Penyebab penyakit TBC ini umumnya ditularkan dengan melalui :

  • Batuk, Tertawa, Bersin nya dari si penderita TBC ketika ia sedang berhadapan langsung dengan orang yang ada didekatnya. Letak penularannya yaitu ketika kuman akan tersebar melalui udara dalam bentuk percikan air ludah (infeksi droplet) ketika bersin, batuk, tertawa ataupun ketika sedang berbicara.
  • Penularannya itu terjadi ketika orang yang ada didekatnya secara langsung menghirup udara yang sudah bercampur dengan bakteri tersebut. Penularannya itu akan cepat apabila orang tersebut belum mendapatkan virus BCG (Bacillus Calmette-Guerin) dan vaksin ini di Indonesia diberikan pada bayi-bayi yang belum berusia 2 bulan yang merupakan imunisasi dasar. Lihat informasi tentang Penyebab Penyakit TBC Yang Wajib Diketahui

Nah itulah informasi singkat yang dapat kami bagikan tentang gejala gejala penyakit TBC yang perlu diketahui, dengan demikian dapat segera dilakukan antisipasi atau penanganan dini sehingga penyakit TBC bisa segera diobati.

Source : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.