Gejala Penyakit Sinusitis Yang Akan Dialami Penderitanya

Gejala Sinusitis

Gejala Penyakit Sinusitis – Sinusitis adalah penyakit yang menyerang dan mengalami peradangan pada dinding sinus. Umumnya, sinus berisi udara tetapi apabila ketika sinus mengalami peradangan dan tersumbat, maka akan berisi cairan yang terdapat kuman, bakteri, virus, dan jamur yang dapat berkembang biak dan mengakibatkan infeksi. Sinusitis ini juga dapat terjadi apabila seseorang penderita yang sedang mengalami flu atau pilek akibat tak dapat menahan atau alergi terhadap debu dan sari bunga atau bahkan lainnya. Sinusitis berupa rongga udara yang letaknya terdapat pada bagian belakang tulang tengkorak pipi disekitar wajah.

Gejala Penyakit Sinusitis

Terdapat beberapa tipe sinusistis berdasarkan lama waktu perjalanan penyakit, yakni :

1. Sinusitis Akut

Akan sering terjadi gejala ini secara tiba-tiba biasanya dalam waktu 14 hari hingga sebulan (kurang lebih 4 minggu) dan akan terus bertahan apabila penderita sedang mengalami flu atau pilek.

Gejala yang timbul dari sinusitis akut, yaitu :

  • Hidung berlendir berwarna hijau ataupun kuning
  • Wajah terasa nyeri dan tertekan
  • Hidung tersumbat
  • Indra penciuman kurang tajam (memburuk dan sulit menangkap bau)
  • Batuk dan bau mulut
  • Nyeri pada gigi (sakit gigi)

2. Sinusitis Subakut

Yaitu peradangan sinus yang lama waktunya akan bertahan dalam waktu 1 bulan sampai dengan 3 bulan. Gejala sinusitis yang ditimbulkan hampir sama dengan sinus akut.

3. Sinusitis Kronis

Penderita ini akan mengalami rasa sakit kepala yang berkepanjangan dan akan mengalami demam tinggi. Kondisi ini akan semakin parah dengan wajah yang terasa penuh serta mata dan dahi yang kemerahan dengan rasa sakit serta hidung beringus dan tersumbat. Biasanya penderita mengalaminya dalam waktu 3 bulan bahkan lebih.

Gejala penyakit sinusitis yang timbul dari sinusitis kronis, yaitu :

  • Keluarnya cairan kental dari hidung yang berwarna dari belakang tenggorokan
  • Hidung mengalami penyumbatan dan sulit bernapas pada hidung
  • Mengalami bengkak di sekitar mata, hidung dan dahi
  • Indera penciuman dan pengecap berkurang pada orang dewasa, serta batuk yang dirasakan pada anak-anak
  • Nyeri pada telinga dan kepala
  • Radang tenggorokan serta mual
  • Nyeri pada rahang atas pada gigi
  • Batuk yang memburuk (sering terjadi di malam hari)

4. Sinusitis Kambuhan

Gejala sinusitis ini terjadi apabila kambuh selama beberapa kali saja dalam kurun waktu 1 tahun dan terjadi seperti gejala sinusitis pada umumnya.

5. Sinusitis yang terjadi pada anak-anak

Anak-anak akan merasa mudah kesal, tidak berselera makan, bernapas adri hidung sulit namun melalui mulut. Suara akan terdengar sengau atau bindeng, seolah merasakan pilek berat karena sinusnya tertutup. Apabila muncul gejala seperti itu, untuk segera memeriksakan dan konsultasi ke dokter. Baca juga informasi tentang  6 Tips Pencegahan Terhadap Penyakit Sinusitis.

Banyak orang sulit membedakan antara sinusitis dengan rhinitis. Hubungan keduanya yaitu seperti hubungan sebab-akibat. Alasannya karena tersumbatnya saluran pernapasan apabila seorang tersebut memiliki rhinitis. Dan apabila seseorang sering kali terjadinya infeksi saluran pernapasan maka seseorang tersebut mengalami sinusitis.  Tapi, rhinitis dan sinusitis memiliki kemiripan yaitu sama-sama terjadi akibat adanya peradangan.

Semoga artikel tentang gejala penyakit sinusitis ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Source : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.