Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Usus Sejak Dini

Gejala Penyakit Kanker Usus

Seperti namanya, penyakit ini tentu saja terjadi pada organ usus manusia. Penyakit kanker usus besar belakangan ini sering dialami oleh orang dengan usia 20 sampai 49th. Jangan sepelehkan penyakit kanker usus besar, karena penelitian membuktikan penyakit ini termasuk sebagai salah satu penyebab kematian terbesar didunia, dimana penderitanya masih sulit mengetahui gejala dari penyakit kanker usus besar ini.

Sebenarnya penyakit kanker usus besar memiliki gejala atau tanda tanda yang mudah diketahui oleh penderitanya. Jika Anda memahami dan mengetahui gejala gejala kanker usus besar ini maka dapat lebih cepat diambil tindakan pengobatan yang cepat dan tepat sehingga tingkat kesembuhan akan semakin tinggi. Melakukan pemeriksaan rutin sangat baik adanya, American Cancer Society menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan teratur ketika usia menginjak 30th.

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit kanker usus besar, antara lain :

  1. Faktor Genetik
  2. Terlalu seringnya mengkonsumsi makanan berlemak
  3. Kurang mengkonsumsi makanan berserta (seperti sayuran dan buah buahan)

Kenali Gejala Kanker Usus Besar

Penyakit kanker usus besar terjadi akibat dari perkembangan sel sel pada organ usus besar yang berkembang secara tidak terkendali yang membentuk suatu jaringan. Umumnya penderita akan mengalami perut terasa nyeri, akan keluar darah pada saat buang air besar, berat badan turun drastis, badan menjadi lemas dan terjadinya gangguan saluran pencernaan.

Berikut gejala gejala penyakit kanker usus besar :

1. Terdapat darah pada saat Buang Air Besar

Gejala pertama dari penyakit kanker usus besar adalah adanya darah saat BAB. Namun Anda tidak perlu panik karena hal ini tidak sepenuhnya pasti kanker payudara karena bisa saja Anda sedang mengalami gangguan lainnya seperti wasir. Jika terjadi pendarahan yang banyak berwarna merah atau hitam dan terjadi secara berulang ulang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau rumah sakit.

2. Sulit Buang Air Besar

Penderita penyakit kanker usus akan mengalami gejala sulit buang air besar karena adanya gangguan pada saluran pencernaannya. Beberapa penelitian menunjukan jika tumor yang terdapat pada saluran usus dapat menyumbar sistem pencernaan sehingga pasien akan mengalami sulit buang air besar. Jika Anda mengalami sulit buang air besar ini maka segera periksakan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Perut Terasa Sakit atau Nyeri

Seorang yang menderita penyakit kanker usus akan mengalami rasa sakit atau nyeri pada bagian perut dan umumnya akan disertai dengan gejala lainnya seperti diare dan sakit perut. Jika hal ini terasa pada diri Anda dan tidak kunjung hilang maka segera periksakan ke dokter.

4. Berat Badan Turun Secara Drastis

Penyakit Kanker usus besar akan membuat penderitanya kehilangan napsu makan yang akan berdampak pada penurunan berat badan. Hal ini akan menyebabkan tubuh Anda kekurangan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang sistem metabolisme tubuh.

Baca informasi penting tentang Obat Herbal Kanker Usus Besar Stadium 4 Tanpa Operasi.

Itulah beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderita kanker usus besar yang seharusnya diwaspadai. Memang gejala gejala tersebut sangat mirip dengan orang yang mengalami diare, sakit perut, namun jika tak kunjung sembuh dalam waktu yang cukup lama maka sebaiknya diperiksakan ke dokter agar segera diobati.

Source : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.