Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kenali Gejala Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Kenali gejala kanker kelenjar getah bening – Penyakit kelenjar getah bening dikategorikan menjadi dua yakni limfoma hodgkin dan limfoma non hodgkin. Gejala gejala yang terjadi pada kedua jenis kelenjar getah bning ini umumnya memiliki kesamaan, antara lain terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening, badan mudah merasakan lelah, mengalami penurunan berat badan, demam disertai keringat di malam hari serta terasa gatal pada bagian tubuh.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

 Berikut beberapa gejala yang di alami seorang penderita kanker kelenjar getah bening

  • Kelenjar Getah Bening Mengalami Pembengkakan

Gejala yang paling sering terjadi pada pasien kelenjar getah bening adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening di ketiak, leher, atau selangkangan. Gejala tersebut disebut dengan nama limfadenopati yang artinya sebuah respon alami tubuh manusia untuk memerangi infeksi. Selain hal tersebut terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat kelenjar getah bening mengalami pembengkakan seperti penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan penggunaan obat obatan tertentu seperti antibiotik.  Untuk mengetahui pembengkakan pada kelenjar getah bening Anda dapat menekannya, jika terasa sakit dan lebih dari satu memungkinan itu aalah gejala kanker kelenjar getah bening.

  • Demam

Penyebab lainnya dari kanker kelenjar getah bening adalah terjadinya demam. Beberapa penyakit dapat membuat pasiennya mengalami demam. Namun berbeda halnya dengan pasien kanker kelenjar getah bening, demam yang terjadi umumnya tidak terlalu tinggi yaitu berkisar di angka 37 derajat celsius. Demam yang terjadi akan hilang dengan sendirinya dan akan muncul kembali.

Demam ini disebabkan oleh infeksi sel kanker yang membuat pengaturan ulang suhu tubuh di jaringan hipotalamus. Pengaturan termostat dalam tubuh manusia ini akan memberikan sensai dingin di seluruh tubuh. Inilah yang membuat penderita kanker kelenjar getah bening akan mengalami demam yang dapat hilang dan muncul kembali.

  • Berkeringat pada Malam hari

Gejala kanker kelenjar getah bening lainnya adalah berkeringat di malam hari yang bukan disebabkan dari aktivitas fisik. Seorang penderita kanker kelenjar getah bening akan mengalami berkeringat walaupun suhu udara dingin. Hal ini dikarenakan adanya sistem metabolisme tubuh yang mengalami gangguan. Kondisi ini dapat disertai dengan meriang bahkan tubuh akan terasa gatal. Lihat artikel terkait tentang Faktor Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Perlu Diwaspadai.

  • Penurunan Berat Badan Secara Signifikan

Penderita kanker kelenjar getah bening akan mengalami penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebab jelasnya. Jika Anda mengalaminya maka harus berhati hati, bisa jadi penyakit ini terjadi pada diri Anda. Penurunan berat badan ini karena adanya sel kanker yang terus menyerang tubuh manusia membuat organ organ tubuh mengalami gangguan. Sel sel kanker ini memakan nutiris dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sehingga tubuh akan kekurangan asupan nutirisi dan vitamin yang membuat tubuh mengalami penurunan berat badan.

  • Gatal pada tubuh

Penyebab kanker kelenjar getah bening selanjutnya adalah rasa gatal pada tubuh. Rasa gatal ini dapat terjadi pada bagian kaki, tangan bahkan pada seluruh tubuh penderitanya. Pada saat cuaca yang panas atau pada malam hari, rasa gatal ini akan menjadi lebih buruk dan cukup menyiksa penderitanya. Rasa gatal tersebut terjadi karena zati kimia sitokin mengganggu saraf sarafa pada kulit yang menimbulkan efek gatal.

Nah itulah tanda dan gejala penyakit kanker kelenjar getah bening yang dapat kami infokan. Semoga dengan mengetahui gejalanya dapat segera dilakukan pengobatan.

Source : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.