Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ketahui Faktor Faktor Penyebab Penyakit Kanker Otak

Apasih kanker otak itu?

Penyebab Kanker Otak

Kanker otak merupakan penyakit dengan adanya tumor berbahaya yang tumbuh pada otak. Tumor otak dibedakan menjadi dua yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Definisi tumor otak sendiri yaitu adanya pertumbuhan sel yang tidak normal sekitar organ otak. Tumor ini dapat menyerang siapa pun, namun lebih sering kepada anak usia di bawah 15 tahun dan pada orang dewasa.

Tumor jinak tidak bersifat kanker, tetapi tumor ganas bersifat kanker. Tumor otak dibedakan menjadi tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Tumor otak primer tumbuh di dalam otak. Tumor otak primer apabila dilihat dari kasus tumor otak yang terjadi sebanyak 75% penyebab berasal dari otak.

Sedangkan, tumor otak sekunder yaitu tumor yang tumbuh di bagian lain dari tubuh namun dapat menyebar hingga ke otak.  Tumor otak atau tipe kanker otak sekunder penyebarannya dari bagian payudara, paru-paru, usus besar, ginjal , serta melonama pada kulit.  Tumor otak sekunder apabila dilihat dari kasus tumor otak sebanyak 25% timbul dari bagian tubuh lain hingga sampai ke otak.

Kanker otak ini apabila terdeteksi dari awal maka dapat ditangani. Namun, apabila tidak ditangani dari awal maka tidak dapat dihindari. Untuk itu sangat penting mengetahui penyebab penyebab penyakit kanker otak ini.

Faktor Faktor Penyebab Penyakit Kanker Otak

Bagaimana penyebab kanker otak dapat terjadi? Adapun faktor yang menyebabkan kanker otak dapat terjadi, yaitu :

  1. Radiasi

Gelombang radiasi yang dipancarkan akibat penggunaan ponsel, komputer, dll dapat mendorong munculnya sel kanker

  1. Genetik

Faktor genetik ini dikarenakan adanya riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker otak kemungkinan beresiko lebih tinggi.

  1. Faktor kimia

Adanya kontak langsung dengan pestisida, bahan pewarna, dll dengan penggunaan jangka panjang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

  1. Sinar radioterapi

Adanya paparan kontak dari sinar radioterapi juga dapat menjadi penyebab resiko penyakit ini terjadi. Apabila paparan tersebut terkena paparan pada bagian kepala yang mempunyai kemungkinan resiko lebih tinggi terkena tumor otak dengan jenis tertentu di waktu mendatang.

  1. Usia

Faktor usia juga dapat mempengaruhi untuk seseorang dapat terkena kanker otak baik anak-anak maupun orang dewasa. Tapi , resiko yang dapat memicu penyakit ini yaitu dengan meningkatnya usia pada seseorang. Terlebih lagi yang umum terjadi pada usia 50 tahun keatas.

Bagaimana pengobatan yang dilakukan pada penderita tumor otak?

  • Dengan melakukan pemeriksaan dini dengan mendiagnosis karena akan mempermudah penanganan pada kanker otak. Namun, apabila terlambat dalam menanganinya maka kondisi penyakit ini akan menjadi lebih serius. Karena tumor otak ini dapat memberikan tekanan dan membuat kerusakan pada area disekitar penyakit itu. Biasanya juga tumor otak hanya ada dan berdiam pada satu tempat saja (tidak menyebar di tempat lain). Untuk penanganannya tergantung dengan jenis, ukuran serta lokasi dimana tumor tersebut berada. Biasanya prosedur operasi yang dilakukan pada penanganan ini karena dengan operasi pengangkatan tumor dapat membuat tumor tersebut tidak muncul kembali.
  • Namun jika terjadi pada tumor otak glioma stadium 2 berpotensi menjadi tumor ganas dengan pertumbuhan yang lebih cepat.
  • Dalam proses pemulihan, dokter awalnya menyarankan dengan berbagai terapi. Namun Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai dampak emosional dari diagnosis serta apabila melakukan konseling sebagai pengobatannya.

Baca juga informasi tentang Jenis Jenis Tumor Otak dan Gejalanya.

Nah itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit kanker otak, semoga dengan mengetahuinya dapat dihindarkan sejauh mungkin agar resiko mengalami kanker otak semakin kecil.

Source : www.cancerresearchuk.org

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.