Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Deteksi Dini Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Deteksi Dini Kanker Payudara

Mendeteksi dini penyakit kanker payudara sangat baik dilakukan agar penyakit ini dapat dihindari. World Health Organization (WHO) mengungkapkan dalam 5th terakhir ini terdapat sekitar 50.800 wanita di seluruh dunia meninggal akibat dari penyakit kanker payudara ini. Penyakit kanker payudara ini tidak hanya terjadi pada wanita saja, pria pun dapat mengalaminya, namun risiko terjadi pada wanita jauh lebih tinggi dibandingkan pada pria.

Penyakti kanker payudara ini dapat terjadi pada siapa saja tidak memandang usia dan latar belakang kehidupan. Namun seseorang dengan usia 50th keatas memiliki risiko tekena penyakit kanker payudara ini lebih tinggi. Nah pada kesempatan kali ni kami akan memberikan informasi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini yaitu mendeteksi dini penyakit kanker payudara, dengan demikian dapat mengurangi risiko yang semakin berbahaya.

Deteksi Dini Penyakit Kanker Payudara

Mendeteksi kanker payudara dapat dilakukan dengan memeriksa payudara Anda sendiri menggunakan tangan dan penglihatan apakah ada yang berubah pada payudara Anda. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui bentuk normal payudara Anda dan apakah telah terjadi perubahan. Payudara biasanyaberbeda pada saat menstruasi. Sebelum dan sesudah masa ini, tidak sedikit wanita yang merasakan payudaranya semakin padat dan kencang. Dan Pada masa menopause payudara seorang wanita akan mengalami perubahan bentuk lebih kendur. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi perubahan pada payudara Anda, antara lain :

  • Pemeriksaan melalui cermin

Cara mendeteksi dini kanker payudara yang dapat Anda lakukan dengan mengandalkan tangan, mata dan cermin. Anda dapat berdiri di depan cermin dan lakukan beberapa cara seperti ini :

  1. Fokus pada bagian payudara Anda. Umumnya wanita memiliki ukuran payudara yang berbeda ( payudara kiri lebih besar atau lebih kecil dibandingkan yang satunya ).
  2. Berdiri dengan sikap tegak. Lihat ukuran dab bentuk payudara apakah terdapat perubahan pada warna dan permukaan kulit, serta perhatikan puting payudara apakah ada perubahan bentuk.
  3. Posisi tangan Adan taruh di piinggan kemudian tekan sekuat kuatnya untuk mengencengkan otot bagian dana. Fokus pada payudara Anda dengan memperhatikan sisi kanan dan sisi kiri kemudian sebaliknya.
  4. Taruh kedua tangan Anda dibelakang kepala kemudian tekan ke dalam. Lihat payudara Anda sampai ke bagian bawah apakah ada perubahan.
  5. Lihat pada bagian putih apakah mengeluarkan cairan. Tekan bagian di sekitar puting secara perlahan apakah keluar cairan dan lakukan pada bagian payudara lainnya.

Baca artikel tentang Obat Herbal Kanker Payudara Tanpa Operasi.

  • Pemeriksaan Pada Saat Berbaring

Mendeteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dalam keadaan posisis berbaring, Carilah posisi berbaring yang paling nyaman kemudian lakukan pemeriksaan berikut ini:

  1. Taruh bantal kecil di bawah pundak, lalu taruh tangan kanan di bawah kepala. Basahi tangan kiri dengan lotion kemudian raba payudara kanan Anda untuk mengetahui apakan ada perubahan atau tidak.
  2. Raba payudara anda searah dengan jarum jam dengan gerakan yang melingkar hingga seluruh payudara teraba dan bagian puting juga.

Jika terdapat perubahan atau benjolan yang mencurigakan maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

  • Periksa Bagian Ketiak Anda

Untuk mendeteksi penyakit kanker payudara ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan pada bagian ketiak. Umumnya seorang yang menderita penyakit kanker payudara akan merasakan sakit pada bawah ketiak bahkan terdapat benjolan pada bagian bawah ketiak. Mulailah melakukan pemeriksaan ini setiap harinya.

Perubahan pada payudara yang dapat terjadi seperti :

  • Terdapat benjolan keras pada bagian payudara atau ketiak
  • Terjadi perubahan pada permukaan kulit payudara seperti menjadi lebih berkerut dan cekung
  • Keluarnya cairan pada bagian puting yang terkadang disertai dengan darah
  • Terjadi perubahan bentuk dan ukuran pada payudara
  • Terjadi perubahan warna pada puting seperti kemerah merahan
  • Puting masuk ke dalam
  • Terdapat ruam disekitar area puting
  • Pada payudara terasa rasa tidak nyaman dan rasa nyeri

Jika setelah dilakukan pemeriksaan tersebut dan ditemukan hal hal yang mencurigakan seperti di atas maka sebaiknya segera dilakukan pengecekan ke dokter atau rumah sakit agar segera dilakukan penanganan yang cepat dan tepat. Jangan takut dan panik, dengan pengobatan yang cepat dan tepat diharapkan semuanya dapat teratasi. Baca artikel terkait tentang Kenali Tanda dan Gejala Kanker Payudara Sejak Dini.

Semoga dengan mengetahui cara mendeteksi kanker payudara secara benar dan tepat dapat meminimalisir risiko penyakit kanker payudara ini. Semoga bermanfaat.

Source : www.cancer.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.