Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

8 Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui

Mencegah kanker serviks

8 Cara mencegah kanker serviks – Kanker serviks merupakan penyakit yang umumnya terjadi pada wanita yang menyerang di bagian organ reproduksi tepatnya pada mulut rahim yang menjadi penghubung ke daerah rahim yakni bagian sempit di bagain bawah organ vital wanita dan rahim.

Penyakit ini penyakit yang dapat merenggut nyawa penderitanya apabila sudah termasuk ke golongan yang ganas. Namun, bila telah diketahui lebih awal kanker serviks ini maka dapat dilakukan ada kemungkinan untuk mempunyai kesempatan hidup lebih lama.

Kanker serviks dapat meyerang semua wanita baik usia muda maupun sudah tua. Tetapi menurut banyak ahli, semakin tingkat usia bertambah semakin ada untuk terkena resiko kanker serviks.

Namun, untuk Anda yang tidak ingin hal itu menimpa diri Anda, sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan dini pada dokter untuk dapat mengetahui ada resiko terdeteksi kanker serviks atau tidak.

8 Cara Tips Mencegah Kanker Serviks

Dengan melakukan berbagai cara pencegahan kanker serviks, juga dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker serviks. Adapun pencegahan yang dimaksud sepert di bawah ini :

  1. Screening

Cara untuk mendeteksi sel-sel yang dapat memicu kanker. Cara ini dilakukan untuk menunjukkan kesehatan sel-sel yang ada pada rahim. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara teratur sesuai dengan instruksi dokter

  1. Tes HPV DNA

Cara ini hampir mirip dengan screening dengan memeriksa sel leher rahim. Namun tes ini dilakukan apabila tes screening menunjukkan hasil yang tidak normal.

  1. Vaksin HPV

Vaksin ini telah terbukti dengan metode pencegahan awal dalam memerangi perkembangan virus HPV dalam tubuh terutama yang belum pernah melakukan hubungan seks. Vaksin ini juga dianjurkan kepada anak yang telah aktif organ reproduksinya.

  1. Menjaga kesehatan tubuh terutama pada vagina

Kesehatan organ intim sangat penting sekali untuk diperhatikan kebersihannya terutama ketika keputihan dan menstruasi. Dianjurkan sekali apabila sedang menstruasi untuk memakai cairan antiseptik dalam menjaga kebersihannya yang mengandung povidone iodine. Selain itu hindari pembersihan dengan menggunakan air yang kotor.

  1. Melakukan pola hidup yang sehat denegan mengonsumi makanan bergizi dengan nutrisi yang cukup
  2. Menjaga berat badan tubuh untuk tetap normal (tidak obesitas)

Karena apabila tubuh kelebihan berat badan maka dapat mudah terserang resiko terkena sel kanker.

  1. Berusaha untuk mengindari merokok

Karena rokok mengandung racun yang bersifat oksidatif yang dapat memicu sel kanker berkembang ke dalam tubuh dan dapat membuat kanker bersifat ganas atau parah. Orang yang memiliki kebiasaan merokok akan sulit untuk menghilangkan infeksi virus HPV.

  1. Melakukan hubungan seks yang aman dengan memakai kondom

Cara ini digunakan agar mencegah dari resiko tertular virus HPV, terutama bagi yang dengan kebiasaan ganti-ganti pasangan akan sangat mudah tersebar virus HPV.

Baca juga artikel terkait tentang Penyebab penyebab Kanker Serviks Yang Perlu Diketahui.

Terdapat juga metode pengobatan yang diberikan bagi penderita kanker serviks dengan terdeteksi kanker serviks stadium awal, yakni :

  • Pembedahan laser, litsrik, ataupun pembekuan serta membuang jaringan sel kanker

Metode pengobatan yang diberikan pada penderita dengan terdeteksi kanker serviks stadium lanjut, yaitu:

  • Kemoterapi serta radioterapi
  • Apabila telah termasuk ke golongan yang sudah parah, dapat dengan mengangkat rahim dengan menyeluruh, bertujuan agar tidak dapat lagi kanker berkembang

Nah itulah informasi tentang pencegahan penyakit kanker serviks yang dapat kami bagikan, semoga berguna bagi Anda khususnya para wanita unutk mencegah penyakit kanker serviks agar tidak terjadi pada diri Anda.

Source : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.